Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran administrasi humas dan keprotokolan kelas XI APK 2 di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto / Ineke Deno Wahyuningtias
Main Author: | Wahyunintias, Ineke Deno |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/29006/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKWahyuningtiasInekeDeno2015.PenerapanModelPembelajaranProblemBasedLearningUntukMeningkatkanHasilBelajarPadaMataPelajaranAdministrasiHumasDanKeprotokolanKelasXIAPK2DiSMKNegeri1SookoMojokerto.SkripsiJurusanManajemenProgramStudiS1PendidikanAdministrasiPerkantoranFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangPembimbing(1)Dr.AgusHermawanM.SiGradDipMgtMBuS(2)Drs.Sarbini.KataKunciPBL(Problem-BasedLearning)hasilbelajar.Dalamprosespembelajarangurumasihmenggunakanceramahdanbelumpernahmenggunakanmodelpembelajaranapapundalampenyampaianmaterinya.Kebanyakanparasiswahanyaakanmampuberkonsentrasikuranglebihselamasatujampelajaran(45menit)setelahituparasiswaakanmulaibosandenganprosespembelajaranyangmonotonbeberapadiantaranyaterlihatmengantukhalinimengakibatkanhasilbelajarsiswamenjadikurang.Dalampenelitianinimetodepembelajarankooperatifyangdigunakanadalahmodelpembelajaranproblem-basedlearning.Modelpembelajaraninimenjadikansiswauntukberpikirsecarakritis.Penelitianinidilaksanakandalamduasiklusmasing-masingsiklusterdiridariperencanaanpelaksanaanpengamatan/observasidanrefleksi.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)denganpendekatankualitatif.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasXIAPk2SMKN1SookoMojokertoyangberjumlah36siswa.Tujuandaripenelitianiniadalah(1)untukmengetahuipenerapanmodelpembelajaranproblem-basedlearning(2)untukmengetahuikondisikelasketikaproblem-basedlearningditerapkan(3)untukmengetahuitingkathasilbelajarsiswapadapenerapanmodelpembelajaranproblembasedlearning(4)untukmengetahuiresponsiswaterhadappenerapanmodelpembelajaranproblem-basedlearning.Hasilpenerapanmodelpembelajaranproblem-basedlearninginimampumeningkatkanhasilbelajarsiswa.Padasiklus1hasilbelajarkognitifsiswasebesar9444%sedangkanpadasiklus2naikmenjadi100%sehinggaterjadipeningkatansebesar556%.Selainitusiswajugamemberikanresponpositifterhadappenerapanmodelpembelajaranproblem-basedlearningini.SaranyangdiberikankepadaKepalaSMKN1SookoMojokertodanseluruhgurukhususnyagurumatapelajaranAdministrasiHumasdanKeprotokolanuntukmencobamenerapkanmodelpembelajaranproblem-basedlearningpadapokokbahasanyangsesuaiuntukmenciptakansuasanabelajaryangmenyenangkan.Dengandemikiansiswaakantermotivasiuntukbelajarsehinggadapatmeningkatkanhasilbelajarnya.Bagipenelitilainyanginginmengembangkanpenelitianinidisarankanuntukmenerapkanmodelpembelajaranproblem-basedlearningpadamatapelajaranyangberbeda.