Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan prifesional guru terhadap prestasi belajar yang dimediasi oleh motivasi belajar mata pelajaran Produktif (studi pada kelas X dan XII Kompetensi Keahlian APK SMKN 1 Pasuruan) / Nikmatul Khasan
Main Author: | Khasanah, Nikmatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/29003/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKKhasanahN.2015.PengaruhPersepsiSiswatentangKompetensiPedagogikKepribadianSosialdanProfesionalGuruterhadapPrestasiBelajaryangDimediasiolehMotivasiBelajarMataPelajaranProduktif(StudiPadaKelasXdanXIKompetensiKeahlianAPKSMKN1Pasuruan).Skripsi.JurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.AgusHermawanM.Si.GradDipMgt.M.Bus.(II)LohanaJuariyahS.E.M.Si.KatakunciPersepsiSiswatentangKompetensiPedagogikKepribadianSosialdanProfesionalGuruPrestasiBelajarSiswaMotivasiBelajarSiswaGurumemilikiperananpentingdalamduniapendidikanKarenagurumemegangkuncidalampendidikandanpengajarandisekolah.Guruadalahpihakyangpalingdekatberhubungandengansiswadalampelaksanaanpembelajarandisekolahdangurumerupakanpihakyangpalingbesarperanannyadalammenentukankeberhasilansiswadalammencapaitujuanpendidikan.Olehkarenaitupembinaandanpengembanganterhadapgurumerupakanhalmendasardalampendidikan.Seoranggurudituntutuntukmemilikisikapprofesionaldalammelaksanakantugasnya.Sikapprofesionaldapatditunjukkandengangurumemilikibeberapakompetensiyangmendasariuntukseorangguruyaitukompetensipedagogikkepribadiansosialdanprofesional.Darikompetensigurutersebutdapatmenciptakansuasanadalambelajarmenjadinyamandanoptimalsehinggamenumbuhkanpersepsisiswayangpositif.Denganpersepsisiswayangpositiftersebutakanmenumbuhkanmotivasibelajarsiswahaliniakandapatmempengaruhitindakansiswadalammencapaitujuannyayaituprestasibelajaryangmemuaskan.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahui(1)Deskripsipersepsisiswatentangkompetensipedagogikkepribadiansosialdanprofesionalguru.(2)Deskripsimotivasibelajardanprestasibelajarsiswa.(3)PengaruhsecaralangsungpersepsisiswatentangkompetensipedagogikkepribadiansosialdankepribadianguruterhadapprestasibelajarmatapelajaranproduktifkelasXdanXIkompetensikeahlianAPKSMKN1Pasuruan.(4)PengaruhsecaralangsungmotivasibelajarterhadapprestasibelajarmatapelajaranproduktifkelasXdanXIkompetensikeahlianAPKSMKN1Pasuruan.(5)PengaruhsecaratidaklangsungpersepsisiswatentangkompetensipedagogikkepribadiansosialdanprofesionalguruterhadapprestasibelajaryangdimediasiolehmotivasibelajarmatapelajaranproduktifkelasXdanXIkompetensikeahlianAPKSMKN1Pasuruan.Penelitianiniadalahpenelitiankuantitatifdenganmenggunakananalisisstatistikdeskriptifanalisisstatistikinferensialdenganregresilinierbergandadananalisisjalur(PathAnalysis).Variabelbebasdalampenelitianiniadalahpersepsisiswatentangkompetensipedagogik(X1)kompetensikepribadian(X2)kompetensisosial(X3)dankompetensiprofesional(X4).Sedangkanvariabelterikatnyaadalahprestasibelajarsiswa(Q)danvariabelinterveningnyaadalahmotivasibelajarsiswa(Z).PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasXdanXIKompetensiKeahlianAPKSMKN1Pasuruanyangberjumlah140siswa.SkalaiiyangdigunakandalampenelitianiniadalahskalaLikertdenganlimaopsijawabanyaitusangatsetujudenganskor5setujudenganskor4ragu-ragudenganskor3tidaksetujudenganskor2dansangattidaksetujudenganskor1.Untukmempermudahpenelitimemberikangambarantentangkompetensigurumakadistribusifrekuensiyangmenyatakansangatsetujumenjadisangatbaiksetujumenjadibaikragu-ragumenjadikurangbaiktidaksetujumenjaditidakbaikdansangattidaksetujumenjadisangattidakbaik.Untukmemberikangambarantentangmotivaisbelajarsiswamakadistribusifrekuensisangatsetujumenjadisangattinggisetujumenjaditinggiragu-ragumenjadikurangtinggitidaksetujumenjadirendahdansangattidaksetujumenjadisangatrendah.Sedangkanhasilbelajardiklasifikasikanmenjadisangatbaik(400-351)baik(350-251)cukup(250-151)dankurangbaik(150-100).Teknikpengumpulandatamenggunakanmetodekuesionerdandokumentasi.UntukujikelayakaninstrumendigunakanujivaliditasdanreliabilitasdenganmenggunakanprogramIBMStatistics20.Penelitianinimenggunakantigamodelasumsiklasikyaitu(1)UjinormalitasdenganmelihatgrafikP-PPlotofRegressionStandardizedResidual.(2)Ujiheterokedastisitasdenganmelihatgrafikscatterplot.(3)UjimultikolinearitasyangdilihatdarinilaiVIF(VarianceInflatingFactor)danTolerance.Hasilujiasumsiklasikmenunjukkanbahwa(1)Modelregresimemenuhiasumsinormalitashalinidibuktikandenganmenggunakanmetodegrafisdimanadatamenyebardisekitargarisdiagonaldanarahnyamengikutiarahgarisdiagonal.(2)modelregresitidakterjadigejalaheterokedastisitaskarenatitik-titikpadagrafikscatterplotmenyebarsecaraacaktodakmembentuksebuahpolatertentudanmenyebarbaikdiatasmaupundibawahangka0padasumbuY.(3)modelregresitidakterjadimultikolinearitaskarenanilaiVIFkurangdari10dannilaiTolerancemendekatinilai1.Jadimodelregresilayakuntukdigunakan.Hasilanalisisdeskriptifmenunjukkanbahwa(1)Persepsisiswatentangkompetensipedagogikgurudapatdiklasifikasikanbaik.(2)Persepsisiswatentangkompetensikepribadiangurudapatdiklasifikasikanbaik.(3)Persepsisiswatentangkompetensisosialgurudapatdiklasifikasikanbaik.(4)Persepsisiswatentangkompetensiprofesionalgurudapatdiklasifikasikanbaik.(5)Motivasibelajarsiswadapatdiklasifikasikantinggi.(6)Prestasibelajarsiswadapatdiklasifikasikanbaik.Berdasarkanhasilujiregresilinierbergandadananalisisjalur(analysispath)menunjukkanbahwa(1)Terdapatpengaruhsecaralangsungpersepsisiswatentangkompetensipedagogikguruterhadapprestasibelajarmatapelajaranproduktif.(2)Terdapatpengaruhsecaralangsungpersepsisiswatentangkompetensikepribadianguruterhadapprestasibelajarmatapelajaranproduktif.(3)Terdapatpengaruhsecaralangsungpersepsisiswatentangkompetensisosialguruterhadapprestasibelajarmatapelajaranproduktif.(4)Terdapatpengaruhpositifpersepsisiswatentangkompetensiprofesionalguruterhadapprestasibelajarmatapelajaranproduktif.(5)Terdapatpengaruhsecaralangsungmotivasibelajarsiswaterhadapprestasibelajarmatapelajaranproduktif.(6)Terdapatpengaruhsecaratidaklangsungpersepsisiswatentangkompetensipedagogikguruterhadapprestasibelajarmatapelajaranproduktifyangdimediasiolehmotivasibelajar.(7)Terdapatpengaruhsecaratidaklangsungpersepsisiswatentangkompetensikepribadianguruterhadapprestasibelajarmatapelajaranproduktifyangdimediasiolehmotivasibelajar.(8)Terdapatpengaruhsecaratidaklangsungpersepsisiswatentangkompetensisosialguruiiiterhadapprestasibelajarmatapelajaranproduktifyangdimediasiolehmotivasibelajar.(9)Terdapatpengaruhsecaratidaklangsungpersepsisiswatentangkompetensiprofesionalguruterhadapprestasibelajarmatapelajaranproduktifyangdimediasiolehmotivasibelajar.Variabelpersepsisiswatentangkompetensikepribadiangurumempunyaipengaruhyangdominanterhadapvariabelyanglainyaitusebesar4008.Berdasarkanhasilpenelitianinipenelitimenyarankan(1)BagigurumatapelajaranproduktifkelasXdanXIKompetensiKeahlianAPKdiharapkandapatmeningkatkankompetensiprofesionalismenyadenganmelanjutkanpendidikankejenjangyanglebihtinggidanmengikutiseminarataupelatihanuntukmengembangkankompetensinyasertadapatmemperluasilmudibidangyangditekuinya.(2)BagiKepalaPimpinanLembagaSMKN1PasuruandiharapkandapatmengadakanmemfasilitasidanmemberikankesempatankepadaguruSMKN1Pasuruanuntukmengikutibeberapaseminardanpelatihanuntukmenunjangprofesinya.(3)BagisiswaSMKN1Pasuruandapatmeningkatkanmotivasiintrinsiknyakarenademikianhasratuntukberprestasiakanterusmelekatpadadirisiswa.(4)Bagipenelitiselanjutnyadapatmenjadikanhasilpenelitianinisebagaireferensiuntukpengembangananalisispenelitianselanjutnya.