Penerapan kolaborasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XII APK SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Siti Ila Maisaroh

Main Author: Maisaroh, Siti Ila
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/28885/
Daftar Isi:
  • MaisarohSitiIla.2013.PenerapanKolaborasiModelPembelajaranPBL(ProblemBasedLearning)danNHT(NumberedHeadsTogether)UntukMeningkatkanHasilBelajarSiswa(StudipadaSiswaKelasXIIAPKSMKMuhammadiyah2MalangpadaStandarKompetensiMengaturPerjalananDinas).SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.HenyKusdiyantiS.PdM.M.(II)Dr.H.HeriPratiktoM.Si.KatakunciModelPembelajaranPBLdanNHThasilbelajarsiswa.12288122881228812288MatapelajaranMengaturPerjalananDinassiswadituntutuntukmemilikikecerdasaninterpersonal.Dalammengembangkankecerdasaninterpersonalguruharusmenciptakankondisikelasyanginteraktifkomunikatifdanmenyenangkanbagisiswa.SalahsatunyaadalahdenganmenerapkanmetodepembelajaranyangmampumeningkatkankeaktifansiswayaitumelaluikolaborasiPBL(ProblemBasedLearning)danNHT(NumberedHeadsTogether).12288122881228812288Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)implementasikolaborasimodelpembelajaranPBLdanNHT(2)peningkatanhasilbelajarsiswasetelahpenerapanpembelajaran(3)responsiswaterhadappenerapankolaborasipembelajaranmodelPBL(ProblemBasedLearning)danNHT(NumberedHeadsTogether).PendekatandalampenelitianinimerupakanpendekatankualitatifdanmenggunakanjenisPenelitianTindakanKelas(PTK)dengan4tahapyaitu(a)perencanaan(b)pelaksanaan(c)observasidan(d)refleksiyangterdiridari2siklus.Dalampenelitianiniteknikpengumpulandatayangdigunakanadalahobservasitesangketcatatanlapangandandokumentasi.Sedangkananalisisdatayangdigunakanadalahmereduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaadanyapeningkatanhasilbelajarpadaaspekkonitifdanafektifyaituaspekkognitif7861%danaspekafektif7347%padasiklusI.padasiklusIIaspekkognitif8639%danaspekafektif9042%.SelainitusiswajugamemberikanresponyangsangatpositifterhadappenerapankolaborasipembelajaranPBLdanNHTyaitusebesar91%.12288122881228812288Berdasarkanhasilpenelitiantersebutsaranyangdiberikanolehpenelitiantaralain(1)Bagigurudianjurkanmenerapkanpembelajaranuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa(2)Bagisiswahendaknyamampumeningkatkankreatifitasmerekauntuklebihmajudengancaraterusbelajarberfikirlebihkritisdanmaumengungkapkanpendapatsehinggasiswadapatmeningkatkanhasilbelajar(3)Bagisekolahhasilpenelitiandiharapkanmenjadipertimbangandalamupayaperbaikanpenerapanstrategipembelajaran(4)BagipenelitiselanjutnyadiharapkandapatmelakukanperbaikanpadakekuranganyangterjadidalampenerapankolaborasimodelpembelajaranProblemBasedLearning(PBL)danNumberedHeadsTogether(NHT)sebagaisalahsatuupayapeningkatanhasilbelajar.12288122881228812288