Pengembangan media pembelajaran E-modul berbasis sofware macromedia flash 8 pada materi pokok kearsipan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Probolinggo / Fendi Hudiawan Supardi
Main Author: | Supardi, Fendi Hudiawan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/28874/ |
Daftar Isi:
- SupardiFendiHudiawan.2013.PengembanganMediaPembelajaranE-ModulBerbasisSoftwareMacromediaFlash8PadaMateriPokokKearsipanUntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaSMKNegeri1Probolinggo.SkripsiProgramStudiPendidikanAdministrasiPerkantoranFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.H.AgungWinarnoM.M(2)Dr.WahjuWibowoA.MdS.E.M.SiKataKunciMediaPembelajaranMacromediaFlash8danHasilbelajarMediapembelajarane-modulkearsipandigunakanuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa.DenganadanyamediapembelajaraninidapatmembuatpembelajaranjadimenyenangkandantidakmembosankanKarenapembelajaranyangkonvensionalsudahsangatseringsiswadapatkandikelas.Sepertikitatahusetiaporangmempunyaicarapembelajaranyangberbeda-beda.Adayangdapatmenerimapembelajaransecaraaudio/dengansuaravisual/gambardanaudiovisual/suaradangambarolehkarenaitudenganadanyamediapembelajarane-modulkearsipaninidiharapkansiswadapatmenerimasetiapmateripembelajaransecaramaksimaldanlebihmenyenangkan.Didukungjgdengansaranadanprasaransekolahyangmendukungdalampengembanganmediapembelajarane-modulkearsipan.DengandemikianpengembanganinimengangkatjudulPengembanganMediaPembelajaranE-ModulKearsipanBerbasisSoftwareMacromediaFlash8PadaMateriPokokKearsipanUntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaSmkNegeri1Proboinggo.Rumusanmasalahyangdiambildalampenelitianpengembanganiniadalah1)Bagaimanamenyusundanmengembangkanmediapembelajarane-modulkearsipanberbasisMacromediaFlash8untuksiswaSMKNegeri1Probolinggo2)ApakahmediapembelajaranE-modulkearsipanmenggunakanMacromediaFlash8dapatefektifdalammeningkatkanhasilbelajarsiswadalammemahamimaterikearsipanuntuksiswaSMKNegeri1Probolinggo.Berdasarkanrumusanmasalahtersebutjaditujuanpengembanganmediapembelajaraniniadalahuntukmengetahuiprosespembuatanmediapembelajaraninisecarasatu-persatudanmenghasilkansuatuprodukmediapembelajaranyangnantinyadapatmembantugurudalammelakukanpembelajarandikelassertauntukmeningkatkanhasilbelajarsiswaSMKNegeri1Probolinggo.PenelitianpengembanganinimenggunakanRancanganpengembanganDickandCareyyangtelahdimodifikasiterdiridari9langkahyaitu1)IdentifikasiKebutuhandanKarakteristikSiswa2)PerumusanTujuan3)PengembanganMateri4)PengembanganAlatEvaluasi5)MenyusunNaskahMedia6)ImplementasiNaskahMedia7)ValidasiBahanAjar8)RevisiBahanAjardan9)ProduksiBahanAjar.Carapenyusunanmediapembelajaraniniterdiridari5carayaitu1)Menentukanmateriygakandigunakan2)memberikangambarbackground3)Pemberianskrip4)Penentuananimasiyangakandigunakan5)penentuanwarna.BerdasarkanHasilvalidasiahlimateridanahlimediadimanaahlimaterimenunjukanbahwapresentasesebesar83%dimanajumlahtersebutmenunjukanbahwamediapembelajarane-modulkearsipanmemilikikriteriavalid/dapatdigunakansedangkanahlimediamenunjukanpresentasesebesar80%dimanajumlahtersebutmenunjukanbahwamediapembelajarane-modulkearsipaninimemilkikriteriavalid/dapatdigunakan.Hasilrata-ratakelaspadanilaisiswamenunjukanawalsiswasebesar666diperolehdarijumlahnilaikeseluruhanpadakelasXAP2dibagidenganjumlahsiswa.Sedangkanrata-ratakelassetelahbelajarmenggunakanmediapembelajaranmengalamikenaikanmenjadi802.Sedangkanjumlahsiswayangtidaktuntassebelummenggunakanmediapembelajarane-modulkearsipansebanyaksiswa13setelahbelajarmenggunakanmediapembelajarane-modulkearsipanjumlahsiswayangtidaktuntasmenjadiorang3siswa.Berdasarkantemuanpenelitiauntuksarankepadagurukhususnyauntukmenggunakanmediapembelajarane-modulkearsipanberbasissoftwareMacromediaflash8sebagaialternativedalammengatasimasalahbelajarsiswakhususnyadalammateripembelajrankearsipan.tetapiuntukpenerapandisekolahguruperlumemperhatikankarakteristiksiswadansekolahyangbersangkutan.SelainitudalampenggunaanmediapembelajaranberbasisMacromediaFlash8iniguruharusbisamengoperasikankomputer.