Penerapan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi melakukan prosedur administrasi (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK PGRI 2 Malang) / Jimat Efendy
Main Author: | Efendy, Jimat |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/28839/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPembelajaranKooperatifModelPembelajaranTwoStayTwoStray(TSTS)MotivasiBelajarHasilBelajarPembelajarankooperatifmempunyaipengaruhyangpositifterhadapsiswayanghasilbelajarnyarendah.DalamprosespembelajarandiperlukanmodelpembelajarankooperatifyangdapatmembantusiswameningkatkanhasilbelajarnyaagarsiswadapatmencapainilaidiatasSKMyangtelahditetapkan.Bukanhanyahasilbelajarsajayangperluditingkatkanmotivasibelajarsiswajugaperluditingkatkanlagi.Keaktifansiswadalammengikutikegiatanpembelajaranmasihseringdidominasiolehbeberapaorangsiswasajasehinggakeaktifansiswamasihbelummenyeluruh.Agarsiswalebihtermotivasidandapatbekerjasamadengansiswayanglainmakaguruperlumengambiltindakanuntukmengatasibeberapapermasalahansiswadalambelajar.DalammengatasipermasalahantersebutsalahsatutindakanyangdapatdiambilguruyaitudenganmenerapkanpembelajarankooperatifmodelTwoStayTwoStray(TSTS).PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanmotivasibelajardanhasilbelajarsiswapadaStandarKompetensiMelakukanProsedurAdministrasidenganKompetesiDasarMelakukanSuratMenyuratdenganmenerapkanmodelpembelajaranTwoStayTwoStray(TSTS).UpayapenelitidalammencapaitujuantersebutmakapenelitianinidirancangdenganmodelpenelitiantindakankelasyangdilaksanakanpadaBulanMaret2013.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasXAPKSMKPGRI2Malangyangberjumlah44siswa.Penelitianiniterdiridariduasiklusdimanamasing-masingsiklusterdiridari2pertemuan.Teknikpengumpulandatayangdigunakandalampenelitianinimelaluilembarobservasiwawancaratesangketcatatanlapangandandokumentasi.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwasiswakelasXAPKSMKPGRI2MalangmengalamipeningkatanmotivasibelajardanhasilbelajarsiswaaspekkognitifafektifdanpsikomotorsetelahpenerapanpembelajaranmodelTwoStayTwoStray(TSTS).BerdasarkanhasilangketmotivasibelajarsiswadapatdiketahuibahwamotivasibelajarsiswapadasiklusImencapairata-rata8084%(Baik)danmotivasibelajarsiswapadasiklusIImencapairata-rata8750%(SangatBaik).Sehinggadapatdisimpulkanbahwarata-ratamotivasibelajarsiswasetelahpenerapanmodelpembelajaranTwoStayTwoStray(TSTS)mengalamipeningkatansebanyak666%.Berdasarkandatayangdiperolehdiketahuibahwahasilbelajaraspekkognitifnilairata-ratapretestsiklusIadalah6451dannilairata-rataposttestsiklusIadalah7573.SedangkanpadasiklusIInilairata-ratapretestsiklusIIadalah6573danrata-rataposttestsiklusIIadalah8646.SehinggadapatdisimpulkanbahwahasilbelajaraspekkognitifpadasiklusIIrata-ratahasilposttestmengalamipeningkatansebesar1073%darihasilposttestsiklusI.HasilbelajarsiswaaspekafektifpadasiklusImencapainilairata-ratakelassebesar75dengankriteriabaiksedangkanpadasiklusIImencapainilairata-ratasebesar8905dengankriteriasangatbaik.SehinggadapatdisimpulkanbahwahasilbelajarsiswaaspekafektifpadasiklusIImengalamipeningkatansebesar1405%.HasilbelajarsiswaaspekpsikomotorpadasiklusImencapainilairata-ratakelassebesar75sedangkanpadasiklusIImencapainilairata-ratasebesar8939.SehinggadapatdisimpulkanbahwahasilbelajarsiswaaspekpsikomotorpadasiklusIImengalamipeningkatansebesar1439%.BerdasarkanhasilanalisisdatatersebutdiperolehkesimpulanbahwapenerapanmodelpembelajaranTwoStayTwoStray(TSTS)padaStandarKompetensiMelakukanProsedurAdministrasidikelasXAPKtelahterlaksanadenganbaikdansudahsesuaidenganperencanaanterbuktidenganmeningkatnyamotivasibelajardanhasilbelajarsiswa.Berdasarkanhasilpenelitianinisaranyangdiberikanpenelitiyaitu(1)GuruStandarKompetensiMelakukanProsedurAdministrasiberusahamenciptakansuasanakelasyangmenyenangkandantidakmembosankanagarsiswamerasatermotivasiuntukmemperhatikandanmendengarkanpenjelasanmateridariguru(2)Siswaseharusnyalebihberanimengemukakanpendapatpertanyaanmenghargaitemandanmembekalidiriterlebihdahuludenganbelajardirumahsebelummengikutipembelajarandisekolah(3)penelitilainyanginginmelakukanpenelitianyangsamadenganstandarkompetensiyangberbedasebaiknyadapatmemodifikasimodelpembelajaraninidenganmodelpembelajaranyanglainagarpembelajaranyangdilakukandapatmeningkatkanmotivasibelajardanhasilbelajarsiswa.