Penerapan koloborasi model pembelajaran Numbered Head Togrther dan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar (Studi pada siswa kelas X APK SMK Ardjuna 2 Malang) / Petty Arisanti
Main Author: | Arisanti, Petty |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/28835/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPembelajaranKooperatifNumberedHeadTogether(NHT)ProblemBasedLearning(PBL)AktivitasHasilBelajarModelPembelajaranNumberedHeadTogether(NHT)adalahsuatumodelpembelajarandenganmelibatkansiswasecarakolaboratifdalamkelompokdenganadanyaketergantunganpositifantarsiswatanggungjawabperseorangansertakomunikasiantaranggotakelompokuntukmencapaitujuanbersama.SedangkanModelPembelajaranProblemBasedLearning(PBL)adalahmodelpembelajaranyangbertujuanuntukmembantusiswadapatberpikirkritisdanketrampilandalampemecahanmasalahsehingganantinyadapatdiaplikasikandalamkehidupanmereka.PenerapankolaborasimodelpembelajaranNumberedHeadTogetherdanmodelpembelajaranProblemBasedLearningmenjadialternatifmodelpembelajaranyangsalingmelengkapidiantarakeduanyamenjadikansiswabekerjasecarakooperatifmengerjakanstudikasusmerasamenyenangkandanbersemangat.Fokuspenelitianyangdiambilyaitu(1)BagaimanapenerapankolaborasimodelpembelajaranNumberedHeadTogetherdanmodelpembelajaranProblemBasedLearningdikelasXAPKSMKArdjuna2MalangpadamatapelajaranMelakukanProsedurAdministrasi(2)BagaimanaaktivitassiswaselamapenerapankolaborasimodelpembelajaranNumberedHeadTogetherdanmodelpembelajaranProblemBasedLearningdikelasXAPKSMKArdjuna2MalangpadamatapelajaranMelakukanProsedurAdministrasi(3)BagaimanahasilbelajarsiswasetelahpenerapankolaborasimodelpembelajaranNumberedHeadTogetherdanmodelpembelajaranProblemBasedLearningdikelasXAPKSMKArdjuna2MalangpadamatapelajaranMelakukanProsedurAdministrasi.TujuanpadapenelitianiniberdasarkanfokuspenelitianyaituuntukmengetahuipenerapanaktivitasdanhasilbelajarsiswaterhadapkolaborasimodelpembelajaranNumberedHeadTogetherdanmodelpembelajaranProblemBasedLearningpadamatapelajaranMelakukanProsedurAdministrasi.PenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)denganpendekatankualitatif.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasXAPKSMKArdjuna2Malangyangberjumlah22siswapadasemesterganjil2012/2013.Prosedurpenelitianyangdigunakanadalahperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.Hasilpenelitianinimenunjukkanadanyapeningkatanaktivitasbelajarsiswasebesar1003%.HasilbelajarsiswayangditinjaudariaspekkognitifpadasiklusIImengalamipeningkatansebesar1993%sedangkanpadaaspekpsikomotorpadasiklusIImengalamipeningkatansebesar1620%.iiSaranyangdapatdiberikanberdasarkanpenelitianinisebaiknyasekolahdapatmengembangkanmodelpembelajaranyangtepatdansesuaidengankebutuhansiswasesuaidengankarakteristikmatapelajaranuntukpeningkatankualitaspembelajaran.SalahsatunyadenganpenerapankolaborasimodelpembelajaranNumberedHeadTogetherdanProblemBasedLearning.BagigurusebagaisalahsatualternatifmodelpembelajaranyangdapatdigunakandalamkegiatanpembelajarankhususnyapadaMataPelajaranMelakukanProsedurAdministrasisertamatapelajaranlainnyayangmengajarkanketerampilansiswa.Bagisiswadapatmelatihberpikirkritisdapatmemcahkansuatupermasalahanbekerjasecarakooperatifberanimengungkapkanpendapatdandapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.