Penerapan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan (studi pada siswa kelas XI APK 2 SMK N 1 Bojonegoro) / Eva Mirza Syafitri
Main Author: | Syafitri, Eva Mirza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/28828/ |
Daftar Isi:
- KatakuncipembelajarankooperatifmodelTwoStayTwoStray(TSTS)prosesbelajarhasilbelajarDalampembelajarankonvensionalgurumasihmendominasidalamprosespembelajaran.Keaktifankelasjugamasihseringdidominasiolehbeberapasiswasajadansiswamasihsulitbekerjasamadengansiswayanglainsehinggakeaktifansiswapuntidakmenyeluruh.AgarsiswalebihtermotivasidandapatbekerjasamadenganbaikdengansiswayanglainmakaperludilakukantindakanolehGuruuntukmengatasibeberapapermasalahandalambelajaryaitusalahsatunyadapatdenganmenerapkanpembelajarankooperatifmodelTSTS.PenelitianinibertujuanmeningkatkanprosesdanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranKearsipandengankompetensidasarMenentukanSistemKearsipandenganmenerapkanmodelpembelajaranTSTS.UpayapenelitidalammencapaitujuantersebutmakapenelitimerancangpenilitiandenganmenggunakanmodelpenelitiantindakankelasyangdilaksanakanpadabulanFebruari-Maret2012.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasXIAPK2SMKN1Bojonegoroyangberjumlah29siswa.Penelitianiniterdiridariduasiklusdimanamasing-masingsiklusterdiridariduapertemuan.Teknikpengumpulandatayangdigunakandalampenelitianinimelaluilembarobservasiwawancaratesdokumentasidancatatanlapangan.HasilpenelitianinimenunjukanbahwasetelahpenerapanpembelajarandenganmodelTSTSprosesdanhasilbelajarsiswamengalamipeningkatandarisiklusIkesiklusII.Peningkatanpresentasekeberhasilanprosesmeningkatdari6287%padasiklusImeningkatpadasiklusIImenjadi8912%.SedangkanhasilbelajarsiswapadamengalamipeningkatandarisiklusIkesiklusIIbaikpadabidangkognitifafektifdanpsikomotorik.Padaaspekkognitifmengalamipeningkatansebesar1034%dimanapadasiklusIrata-ratanilaipostessiswaadalahsebesar8552meningkatmenjadi9586padasiklusIIpadahasilbelajarafektifterjadipeningkatansebesar28%darisiklusIkesiklusIIdarirata-ratanilai66menjadi94padasiklusIIdanterjadipulapeningkatannilaibidangpsikomotoriksebesar24%darisiklusIkesiklusIIyaiturata-ratanilaipsikomotoriksiswapadasiklusIsebesar66menjadi90padasiklusII.BerdasarkandatadiatasmodelpembelajaranTwoStayTwoStray(TSTS)terbuktidapatmeningkatkanprosesdanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranKearsipan.UntukmengetahuihasilbelajarsiswadapatdilakukanpenelitianlebihlanjutdenganpenerapanpembelajarankooperatifmodelTwoStayTwoStraydenganmenggunakankompetensidansubyekpenelitianyangberbeda.Selainitupenelitiselanjutnyajugadapatmenerapkanmodelpembelajarankontekstualyangmenariklainnyayangdapatmemotivasisiswauntukmeningkatkanhasilbelajarmereka.