Penerapan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan (studi pada siswa kelas XI APK 2 SMK N 1 Bojonegoro) / Eva Mirza Syafitri

Main Author: Syafitri, Eva Mirza
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/28828/
Daftar Isi:
  • KatakuncipembelajarankooperatifmodelTwoStayTwoStray(TSTS)prosesbelajarhasilbelajarDalampembelajarankonvensionalgurumasihmendominasidalamprosespembelajaran.Keaktifankelasjugamasihseringdidominasiolehbeberapasiswasajadansiswamasihsulitbekerjasamadengansiswayanglainsehinggakeaktifansiswapuntidakmenyeluruh.AgarsiswalebihtermotivasidandapatbekerjasamadenganbaikdengansiswayanglainmakaperludilakukantindakanolehGuruuntukmengatasibeberapapermasalahandalambelajaryaitusalahsatunyadapatdenganmenerapkanpembelajarankooperatifmodelTSTS.PenelitianinibertujuanmeningkatkanprosesdanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranKearsipandengankompetensidasarMenentukanSistemKearsipandenganmenerapkanmodelpembelajaranTSTS.UpayapenelitidalammencapaitujuantersebutmakapenelitimerancangpenilitiandenganmenggunakanmodelpenelitiantindakankelasyangdilaksanakanpadabulanFebruari-Maret2012.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasXIAPK2SMKN1Bojonegoroyangberjumlah29siswa.Penelitianiniterdiridariduasiklusdimanamasing-masingsiklusterdiridariduapertemuan.Teknikpengumpulandatayangdigunakandalampenelitianinimelaluilembarobservasiwawancaratesdokumentasidancatatanlapangan.HasilpenelitianinimenunjukanbahwasetelahpenerapanpembelajarandenganmodelTSTSprosesdanhasilbelajarsiswamengalamipeningkatandarisiklusIkesiklusII.Peningkatanpresentasekeberhasilanprosesmeningkatdari6287%padasiklusImeningkatpadasiklusIImenjadi8912%.SedangkanhasilbelajarsiswapadamengalamipeningkatandarisiklusIkesiklusIIbaikpadabidangkognitifafektifdanpsikomotorik.Padaaspekkognitifmengalamipeningkatansebesar1034%dimanapadasiklusIrata-ratanilaipostessiswaadalahsebesar8552meningkatmenjadi9586padasiklusIIpadahasilbelajarafektifterjadipeningkatansebesar28%darisiklusIkesiklusIIdarirata-ratanilai66menjadi94padasiklusIIdanterjadipulapeningkatannilaibidangpsikomotoriksebesar24%darisiklusIkesiklusIIyaiturata-ratanilaipsikomotoriksiswapadasiklusIsebesar66menjadi90padasiklusII.BerdasarkandatadiatasmodelpembelajaranTwoStayTwoStray(TSTS)terbuktidapatmeningkatkanprosesdanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranKearsipan.UntukmengetahuihasilbelajarsiswadapatdilakukanpenelitianlebihlanjutdenganpenerapanpembelajarankooperatifmodelTwoStayTwoStraydenganmenggunakankompetensidansubyekpenelitianyangberbeda.Selainitupenelitiselanjutnyajugadapatmenerapkanmodelpembelajarankontekstualyangmenariklainnyayangdapatmemotivasisiswauntukmeningkatkanhasilbelajarmereka.