Studi komparasi profesionalisme guru (khusus kompetensi pedagogik) antara yang belum bersertifikat dengan yang sudah bersertifikat pendidik pada SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Fatimatus Sahro

Main Author: Sahro, Fatimatus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/28825/
Daftar Isi:
  • KataKunciSertifikasiPendidikProfesionalismeGuruSertifikasiadalahprosespemberiansertifikatpendidikuntukguruyangtelahmemenuhipersyaratan.Syaratprofesionalismeguruadalahlulusujikompetensiyangmeliputikompetensipedagogikkepribadiansosialdanprofesional.Adanyasertifikatpendidikyangmelekatpadagurudapatdisimpulkanbahwagurusudahbisadikatakansebagaiguruprofesionalindikasinyakarenasudahlulusdalamujiankompetensi.Sedangkanguruyangbelumbersertifikatpendidikmasihbelumbisadikatakanguruprofesionalkarenabelumlulusdalammengikutiujiankompetensi.Tingkatprofesionalismeguruantarayangbelumbersertifikatdenganyangsudahbersertifikatpendidikmungkinakanberbeda.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuideskripsiprofesionalismeguru(khususkompetensipedagogik)yangbelumbersertifikatpendidikdanprofesionalismeguru(khususkompetensipedagogik)yangsudahbersertifikatpendidikpadaSMKMuhammadiyah2Malangsertauntukmengetahuiperbedaanprofesionalismeguru(khususkompetensipedagogik)antarayangbelumbersertifikatdenganyangsudahbersertifikatpendidikpadaSMKMuhammadiyah2Malang.Penelitianinitermasukpenelitiandeskriptifkomparatif.DalampenelitianinipopulasinyaadalahseluruhguruSMKMuhammadiyah2Malangberjumlah31orang.TeknikanalisisdatadalampenelitianinimenggunakanteknikanalisisstatistikdeskriptifdanstatistikinferensialyaitustatistiknonparametrikdenganujiMannWhitney.Hasilpenelitianinimenunjukkan(1)Profesionalismeguru(khususkompetensipedagogik)yangbelumbersertifikatpendidikdiSMKMuhammadiyah2Malangtinggidilihatdarihasilanalisisdeskriptif.(2)Profesionalismeguru(khususkompetensipedagogik)yangsudahbersertifikatpendidikdiSMKMuhammadiyah2malangjugatinggidilihatdarihasilanalisisdeskriptif.(3)Tidakterdapatperbedaanprofesionalismeguru(khususkompetensipedagogik)antarayangbelumbersertifikatdenganyangsudahbersertifikatpendidikpadaSMKMuhammadiyah2Malang.Sarandalampenelitianinibagisekolahadalahhendaknyakepalasekolahlebihmemperhatikanprofesionalismeguruantarayangbelummaupunyangsudahbersertifikatpendidikkhususnyakompetensipedagogiksehinggadapatmelakukanevalusiterhadapprofesionalismegurudalammengajarantarayangbelummaupunyangsudahbersertifikat.