Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mengelola sistem kearsipan (Studi kelas XI APK 2 SMK Tekstil Pandaan Kabupaten Pasuruan) / Mira Yanuarti
Main Author: | Yanuarti, Mira |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/28821/ |
Daftar Isi:
- KatakunciModelPembelajaranStudentTeamsAchievementDivisions(STAD)Hasilbelajar.Pendidikanmerupakansuatubentukpengembangandiridalamrangkamembangunsuatuprestasiseseorangsupayalebihmaju.Dalampeningkatankecerdasanseseorangharusmampumenguasaidirinyasendiriapalagikemampuanyangdimilikiseorangsiswadalammembangkitkanprestasibelajarnyaperlumemahamisuatutopikpembelajarandariguruyaitukemampuanseoranggurudalammemilihmetodepembelajaranyangefektifdantepatsehinggadapatmemotivasidanmeningkatkanprestasibelajarpadasiswa.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilakukansebanyak2siklusdenganmenggunakanmodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)dimanasetiapsiklusterdiridari4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasidan(4)refleksi.SubyekdalampenelitianiniadalahkelasXIAPK2diSMKTekstilPandaan.Tujuandaripenelitianiniyaitu1)MengetahuibagaimanapelaksanaanmodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)padamatapelajaranMengelolaSistemKearsipansiswakelasXIAPK2diSMKTekstilPandaan.2)MengetahuiadakahpeningkatanhasilbelajarsiswasetelahditerapkannyamodelStudentTeamsAchievementDivisions(STAD).3)MengetahuifaktorpendukungdanpenghambatdalampenerapanmodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivisions(STAD).HasilpenelitiantindakankelaspadasiklusIdansiklusIIyangtelahdiukurpadaaspekkognitifadalahjumlahsiswayangtuntaspadasiklusImenunjukkanpeningkatanhasilbelajarsiswadengansiswayangtuntassebanyak20siswa(5714%)danyangbelumtuntassebanyak11siswa(4286%).HasilpadasiklusIImenunjukkanpeningkatanhasilbelajaryangdicapaiolehsiswajikadibandingkandengansiklusIyaitudenganjumlahsiswayangtuntassebanyak22siswa(6285%)danyangbelumtuntassebanyak9orang(3714%).Darihasilpenelitianyangtelahdilakukanmakasaranpenelitiyangdapatdiberikanyaitu(1)Guruharusdapatmemotivasisiswadanharuslebihmemperhatikansiswapadasaatprosesbelajarmengajardilakukan.(2)siswaharuslebihantusiaslagidalammenyerapmateripelajaran.(3)padadatanilaiawalguru(NAG)seharusnyadiberikannilaiyangmurniataunilaiyangbelumdiolahsupayapenelitilebihmudahuntukmengetahuipeningkatandaripenerapanmodelStudentTeamsAchievementDivisions(STAD).