Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mengelola sistem kearsipan (Studi kelas XI APK 2 SMK Tekstil Pandaan Kabupaten Pasuruan) / Mira Yanuarti

Main Author: Yanuarti, Mira
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/28821/
Daftar Isi:
  • KatakunciModelPembelajaranStudentTeamsAchievementDivisions(STAD)Hasilbelajar.Pendidikanmerupakansuatubentukpengembangandiridalamrangkamembangunsuatuprestasiseseorangsupayalebihmaju.Dalampeningkatankecerdasanseseorangharusmampumenguasaidirinyasendiriapalagikemampuanyangdimilikiseorangsiswadalammembangkitkanprestasibelajarnyaperlumemahamisuatutopikpembelajarandariguruyaitukemampuanseoranggurudalammemilihmetodepembelajaranyangefektifdantepatsehinggadapatmemotivasidanmeningkatkanprestasibelajarpadasiswa.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilakukansebanyak2siklusdenganmenggunakanmodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)dimanasetiapsiklusterdiridari4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasidan(4)refleksi.SubyekdalampenelitianiniadalahkelasXIAPK2diSMKTekstilPandaan.Tujuandaripenelitianiniyaitu1)MengetahuibagaimanapelaksanaanmodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)padamatapelajaranMengelolaSistemKearsipansiswakelasXIAPK2diSMKTekstilPandaan.2)MengetahuiadakahpeningkatanhasilbelajarsiswasetelahditerapkannyamodelStudentTeamsAchievementDivisions(STAD).3)MengetahuifaktorpendukungdanpenghambatdalampenerapanmodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivisions(STAD).HasilpenelitiantindakankelaspadasiklusIdansiklusIIyangtelahdiukurpadaaspekkognitifadalahjumlahsiswayangtuntaspadasiklusImenunjukkanpeningkatanhasilbelajarsiswadengansiswayangtuntassebanyak20siswa(5714%)danyangbelumtuntassebanyak11siswa(4286%).HasilpadasiklusIImenunjukkanpeningkatanhasilbelajaryangdicapaiolehsiswajikadibandingkandengansiklusIyaitudenganjumlahsiswayangtuntassebanyak22siswa(6285%)danyangbelumtuntassebanyak9orang(3714%).Darihasilpenelitianyangtelahdilakukanmakasaranpenelitiyangdapatdiberikanyaitu(1)Guruharusdapatmemotivasisiswadanharuslebihmemperhatikansiswapadasaatprosesbelajarmengajardilakukan.(2)siswaharuslebihantusiaslagidalammenyerapmateripelajaran.(3)padadatanilaiawalguru(NAG)seharusnyadiberikannilaiyangmurniataunilaiyangbelumdiolahsupayapenelitilebihmudahuntukmengetahuipeningkatandaripenerapanmodelStudentTeamsAchievementDivisions(STAD).