Penerapan model pembelajaran demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mengoperasikan aplikasi perangkat lunak (Studi pada siswa kelas X Apk SMK Cendika Bangsa Kepanjen) / Irma Suryandari
Main Author: | Suryandari, Irma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/28820/ |
Daftar Isi:
- KataKuncimodelpembelajaranDemonstrasihasilbelajarpembelajaranakanlebihbermakna(meaningfull)jikasiswatidakhanyabelajaruntukmengatasisesuatu(learningtoknow)tetapisiwajugabelajarmelakukan(learningtodo)belajarmenjiwai(learningtobe)sertabelajarbersosialisasidengansesamateman(learningtolivetogether).Dengankatalainsiswadiberikankesempatanuntukmencobasendirimencarijawabansuatumasalahbekerjasamadengantemansekelasnyaataumembuatsesuatuakanjauhlebihmenantangdanmengarahkanperhatiansiswadaripadaapabilasiswahanyaharusmencernasajainformasiyangdiberikansecarasearah.Datahasilobservasiawalmenunjukkanpadahasilbelajar7dari30siswabelumtuntasbelajar.Berdasarkanpermasalahantersebutperluditerapkanmodelpembelajaranyangefektifsertadidukungdenganmodelpembelajaranyangefektifpula.AlternatifmodelpembelajarantersebutadalahpenerapanmodelpembelajaranDemonstrasiyangbertujuanmeningkatkanhasilbelajarsiswa.TahapanmodelpembelajaranDemonstrasiadalah(1)penyampaiantujuanpembelajaran(2)gurumenyampaikanmateridenganmenunjukkanvideo(3)siswamenganalisisvideokemudianmempresentasikanhasilanalisisnya(4)gurumengarahkanjalannyademonstrasi.PenelitianinibertujuanmeningkatkanhasilbelajarsiswadenganmenerapkanmodelpembelajarandemonstrasipadapokokbahasanPembuatanKolomdanTabelsertaPengolahanGrafikdiMs-Word2007.Penelitianinitermasukpenelitiantindakankelas(classroomactionresearch)yangterdiridariduasiklusmasing-masingsiklusterdiridariduapertemuan.Teknikpengumpulandataaktivitassiswamenggunakanlembarobservasiaktivitassiswasedangkanhasilbelajardenganmenggunakantespadaakhirsetiapsiklus.Datatersebutdianalisisdenganperhitunganrata-ratadanpersentaseyangkemudiandiartikansecaradeskriptifkualitatif.PenelitianinidilaksanakandiSMKCendikaBangsaKepanjenJalanRayaMojosariNo.02Kepanjenkab.MalangdengansubjeksiswakelasXAPKyangberjumlah30siswa.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaaktivitasbelajarsiswameningkatdarisiklusIkesiklusIIdimanapersentasekeberhasilanaktivitassiswapadasaatsiklusImencapai8476%meningkatpadasiklusIImencapai8857%.Peningkatanpersentasejugaditunjukkanpadaketuntasanhasilbelajarsiswasecaraklasikaldimanapersentaseketuntasanbelajarsebelumtindakanadalah60%meningkatpadasiklusImencapai8667%dan9667padasiklusII.BerdasarkanhasiltemuanpenelitianmakadapatdisimpulkanbahwamodelpembelajaranDemonstrasidapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasXAPKSMKCendikaBangsakepanjenKab.Malang.SaranbagipenelitiselanjutnyabilainginmenerapkanmodelpembelajaraninidiharapkandapatmengajarkanseluruhkomponenyangadadiprogramMs.WordMisalnyaFiturPembuatanNotulenRapatyangbisamenunjangkegiatansekretarisdanmasihrelevandenganjurusanAdministrasiPerkantoranjanganhanyamengajarkanikonataufituryangtampildilayarsaja.