Penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) pada mata pelajran kerwirausahaan untuk meningkatkan hasil belajr siswa kelas x di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Binti Nafi'ah

Main Author: Nafi'ah, Binti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/28814/
Daftar Isi:
  • KataKunciModelPembelajaranGroupInvestigation(GI)hasilbelajarsiswa.DarihasilpengamatanpenelitidilapangansaatmelakukanPraktekPengalamanLapangan(PPL)diSMKMuhammdiyah3Singosarimenunjukkanbahwagurumasihmenggunakanmetodepembelajarankonvensional.Agarsiswatidakmerasabosandantetapaktifdalampembelajaranyangdapatmempengaruhihasilbelajarsiswamakaguruharusmengkombinasikanmetodeceramahmelaluikolaborasidenganmetodekooperatif.Haliniditujukanagarsiswalebihaktifkreatifdaninovatifmenyampaiakangagasanideataupendapatdalamsuatupembelajaran.UntukitupenelititertarikmenggunakanmodelpembelajaranGroupInvestigation(GI)untukmeningkatkanhasilbelajarsiswakhususnyamateripelajaranKewirausahaanagarsiswajugatidakmerasabosandenganpenggunaanmetodeceramah.HalinidikarenakantidaksemuamatapelajarancocokmenggunakanpembelajaranmodelGroupInvestigation(GI).UntukitupenelitimelakukanpenelitiandenganjudulPenerapanPembelajaranKooperatifmodelGroupInvestigation(GI)padaMataPelajaranKewirausahaanuntukMeningkatkanHasilBelajarSiswakelasXdiSMKMuhammadiyah3Singosari.Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelasyangterdiridariduasiklus.PenelitianinibertujuanuntukMengetahuipenerapanpembelajarankooperatifmodelGroupInvestigation(GI)padamatapelajaranKewirausahaankelasXAK1diSMKMuhammadiyah3SingosarimengetahuifaktorpenghambatpelaksanaanpembelajarankooperatifmodelGroupInvestigation(GI)padamatapelajaranKewirausahaankelasXAK1diSMKMuhammadiyah3SingosaridanmengetahuiresponsiswakelasXAK1diSMKMuhammadiyah3SingosariterhadappenerapanpembelajarankooperatifmodelGroupInvestigation(GI)padamatapelajaranKewirausahaan.Datadiambildaripretestdanposttestlembarobservasiaktivitassiswadancatatanlapangan.Berdasarkanobservasiyangdilakukanolehpengamatsebelummelakukanpenelitiandiketahuidarihasilketuntasansiswapadaranahkognitifyangdidapatpadanilaiulanganharianmasihbanyaksiswayangbelummencapaiketuntasanbelajarhalinidiketahuidarinilairata-ratakelassebesar6788dannilaiinimenunjukkanbahwarata-ratakelasmasihdibawahstandartketuntasanminimum.Danketikamelakukanpenelitianpadaranahkognitifuntukmengambilnilaipretestdiketahuibahwaketuntasanklasikalbelajar625padasiklusIdanmeningkatmenjadi9687padasiklusII.DengandatahasilobservasitersebutbisadikatakanbahwapembelajarankooperatifmodelGroupInvestigation(GI)dapatmeningkatkaniipengetahuansiswadalammemecahkansoalstudikasus.Halinidibuktikandarinilaiketuntasansiswapadaranahkognitifsiklus1meningkatpadasiklusII.SaranyangdapatdiberikankepadagurumatapelajarankewirausahaanadalahuntukmengimbangimetodekonvensionaldenganmenggunakanmodelGroupInvestigation(GI)dalamrangkameningkatkanhasilbelajar.PenerapandanpelaksanaanmodelGroupInvestigation(GI)hendaknyalebihvariatifmisalnyadenganmengajaksiswaterjunlangsungkelapanganuntukmengamatiobyekyangdipelajari.PermasalahanyangdigunakandalamModelGroupInvestigation(GI)hendaknyalebihaktualdanberagam.KepadapenelitiselanjutnyadapatmelakukanpenelitianpadamatapelajaranyanglaingunamengetahuikeberhasilanpenerapanModelGroupInvestigation(GI)dalammeningkatkanhasilbelajarsiswa.