Penerapan pembelajaran kontekstual metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa (Studi pada siswa kelas X APK standar kompetensi menggunakan peralatan kantor di SMK PGRI 4 Kota Blitar / Deviana Mardiyanti
Main Author: | Mardiyanti, Deviana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/28809/ |
Daftar Isi:
- KatakunciPembelajaranKontekstualMetodeDemonstrasiHasilBelajarSiswa.Dalamhalpeningkatankualitaspembelajaranpendidikharusmampumenemukanmetodeataupendekatanpembelajaranyangefektifmenyenangkandanlebihmendapatkangambaranyanglebihjelastentanghal-halyangberhubungandenganprosesmengatursesuatumembuatsesuatuprosesbekerjanyasesuatu..PembelajarankontekstualmetodeDemonstrasimerupakansalahsatumetodeyangdapatdigunakansebagaiinovasipembelajarantersebut.KarenametodesiswadirangsanguntukaktifmengamatimenyesuaikanantarateoridengankenyataandanmencobamelakukannyasendiriPermasalahanpembelajaranyangterdapatdiSMKPGRI4KotaBlitaradalahsiswaterlihatkurangaktifselaluramaipadasaatkegiatanbelajarmengajarnamunbelumterbiasamelakukanprakteklangsungdidepankelas.RumusanmasalahdalampenelitianiniadalahbagaimanapenerapanpembelajarankontekstualmetodedemonstrasipadakelasXAPKSMKPGRI4KotaBlitarBagaimanakahhasilbelajarsiswadenganpelaksanaanmetodepembelajarankontekstualmetodedemonstrasidanbagaimanakahresponsiswaterhadapmetodetersebut.PenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenisPenelitianTindakanKelas.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanlembarobservasipedomanwawancaratesdancatatanlapangan.Analisisdatadilakukanmelaluitigatahapyaitumereduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.BerdasarkanhasilpenelitiandiSMKPGRI4KotaBlitardiketahuibahwapenerapanpembelajarankontekstualmetodeDemonstrasi1)menjadikansiswalebihaktifmenyampaikanpendapatdapatmenjalinkerjasamadenganbaiksertaadanyasikapsalingmenghargaiantarteman(2)meningkatkanhasilbelajaraspekkognitifafektifpsikomotor.Peningkatanhasilbelajaraspekkognitifrata-ratasebesar8141darisiklusImenjadi86padasiklusII.Padaaspekafektifrata-ratamengalamipeningkatansebesar802%padasiklusImencapairata-rata7934danpadasiklusIImencapairata-rata8571.Sedangkanpadaaspekpsikomotorrata-ratapadasiklusIsebesar7448menjadi8324padasiklusIIberartimengalamipeningkatansebesar876atau1176%.Setelahmelakukanpenelitianinipenelitilebihmenyarankankepadaguruuntukmenggunakanmetodepembelajarankonstektualdisampingmetodekonvensionalsertaselalumemberiarahandanmotivasikepadaseluruhsiswaterutamakepadasiswayangmemilikikemampuanlebihrendah.