Penerapan peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas X administrasi perkantoran pada mata pelajaran keterampilan komputer dan pengelolaan di SMK Negeri 2 Blitar / Gigih Pratama Kusuma Renjana
Main Author: | Renjana, Gigih Pratama Kusuma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/28800/ |
Daftar Isi:
- Tujuan-TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipenerapanmodelpembelajaranpetakonsepdanhasilbelajarsiswakelasXjurusanAdministrasiPerkantorandiSMKNegeri2BlitarpadamatadiklatKeterampilanKomputerdanPengelolaanInformasi(KKPI)dapatditerapkansesuairencanaapabelum.Metodologi-JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)karenapenelititerlibatlangsungdalamprosespenelitianmulaiawalhinggaakhirpenelitian.PenelitianinidilakukandiSMKNegeri2BlitardengansubjekpenelitianiniadalahsiswakelasXAdministrasiPerkantoranSMKNegeri2BlitaryangmengikutimatapelajaranKeterampilanKomputerdanPengelolaanInformasi.Teknikpengumpulandatadalampenelitianiniadalahtesobservasiterhadapgurudansiswacatatanlapanganangketwawancaradandokumentasi.Penelitianinidilakukandalamduasiklus.Masing-masingsiklusterdiridariempatkomponenyaituperencanaantindakan(planning)pelaksanaantindakan(action)pengamatan(observation)danrefleksi(reflection).TemuanTemuandaripenelitianinimenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranpetakonsepdiSMKN2BlitarkhusunyakelasXAdministrasiPerkantoranberjalansesuaidenganrencana.Halinidapatditunjukkandariprestasibelajarsiswaternyatadapatditingkatkan.PadasiklusIyangtuntasbelajar7806sedangkanpadasiklusIIsebanyak8618.Demikianpuladenganaktivitasbelajarsiswadangurudapatditingkatkanmelaluimodelpembelajaranpetakonsep.Aktivitasbelajarsiswaaspekafektifmeningkat589%.HaliniterbuktipadasiklusIrata-ratakelassebesar8550%sedangkanpadasiklusIIrata-ratakelasmencapai9139%.Untukaspekpsikomotorikjugaterdapatpeningkatan1495%.HaliniterbuktipadasiklusIrata-ratakelassebesar7544%sedangkanpadasiklusIIrata-ratakelassebesar9039%.Untukaktivitasgurumeningkatsebesar313%.HaliniterbuktipadasiklusIrata-ratasebesar9687%sedangkanpadasiklusIIrata-ratamencapai100%..ImplikasiImplikasidaripenelitianinimembuktikanadanyapeningkatanhasilbelajarsiswa.Selainitubagisiswadisarankanagarseringbertukarpikirandengantemannyauntukmemecahkanataumembahassuatumasalahyangmasihberkaitandenganpelajarandisekolahgunauntukmengembangkanketerampilanberfikirdanbekerjasamadalammemecahkanpermasalahanatautugasyangdihadapisiswa.BagipenelitiberikutnyadisarankanuntukmelakukanpenelitiantentangmodelpembelajaranpetakonseppadapengajaranmatapelajaranKeterampilanKomputerdanPengelolaanInformasiataumatapelajaranlainnyadiiitempatyangberbedauntukmengembangkandanmenerapkanmodelpembelajaranpetakonsepdalamprosespembelajaran.KataKunci-ModelPembelajaranPetaKonsepHasilBelajarSiswaTipePenelitianPenelitianKualitatif