Penerapan peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas X administrasi perkantoran pada mata pelajaran keterampilan komputer dan pengelolaan di SMK Negeri 2 Blitar / Gigih Pratama Kusuma Renjana

Main Author: Renjana, Gigih Pratama Kusuma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/28800/
Daftar Isi:
  • Tujuan-TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipenerapanmodelpembelajaranpetakonsepdanhasilbelajarsiswakelasXjurusanAdministrasiPerkantorandiSMKNegeri2BlitarpadamatadiklatKeterampilanKomputerdanPengelolaanInformasi(KKPI)dapatditerapkansesuairencanaapabelum.Metodologi-JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)karenapenelititerlibatlangsungdalamprosespenelitianmulaiawalhinggaakhirpenelitian.PenelitianinidilakukandiSMKNegeri2BlitardengansubjekpenelitianiniadalahsiswakelasXAdministrasiPerkantoranSMKNegeri2BlitaryangmengikutimatapelajaranKeterampilanKomputerdanPengelolaanInformasi.Teknikpengumpulandatadalampenelitianiniadalahtesobservasiterhadapgurudansiswacatatanlapanganangketwawancaradandokumentasi.Penelitianinidilakukandalamduasiklus.Masing-masingsiklusterdiridariempatkomponenyaituperencanaantindakan(planning)pelaksanaantindakan(action)pengamatan(observation)danrefleksi(reflection).TemuanTemuandaripenelitianinimenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranpetakonsepdiSMKN2BlitarkhusunyakelasXAdministrasiPerkantoranberjalansesuaidenganrencana.Halinidapatditunjukkandariprestasibelajarsiswaternyatadapatditingkatkan.PadasiklusIyangtuntasbelajar7806sedangkanpadasiklusIIsebanyak8618.Demikianpuladenganaktivitasbelajarsiswadangurudapatditingkatkanmelaluimodelpembelajaranpetakonsep.Aktivitasbelajarsiswaaspekafektifmeningkat589%.HaliniterbuktipadasiklusIrata-ratakelassebesar8550%sedangkanpadasiklusIIrata-ratakelasmencapai9139%.Untukaspekpsikomotorikjugaterdapatpeningkatan1495%.HaliniterbuktipadasiklusIrata-ratakelassebesar7544%sedangkanpadasiklusIIrata-ratakelassebesar9039%.Untukaktivitasgurumeningkatsebesar313%.HaliniterbuktipadasiklusIrata-ratasebesar9687%sedangkanpadasiklusIIrata-ratamencapai100%..ImplikasiImplikasidaripenelitianinimembuktikanadanyapeningkatanhasilbelajarsiswa.Selainitubagisiswadisarankanagarseringbertukarpikirandengantemannyauntukmemecahkanataumembahassuatumasalahyangmasihberkaitandenganpelajarandisekolahgunauntukmengembangkanketerampilanberfikirdanbekerjasamadalammemecahkanpermasalahanatautugasyangdihadapisiswa.BagipenelitiberikutnyadisarankanuntukmelakukanpenelitiantentangmodelpembelajaranpetakonseppadapengajaranmatapelajaranKeterampilanKomputerdanPengelolaanInformasiataumatapelajaranlainnyadiiitempatyangberbedauntukmengembangkandanmenerapkanmodelpembelajaranpetakonsepdalamprosespembelajaran.KataKunci-ModelPembelajaranPetaKonsepHasilBelajarSiswaTipePenelitianPenelitianKualitatif