Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Student Facilitator and Explaining (SFAE) untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada mata pelajaran mengikuti prosedur K3LH kelas X APK 1 di SMKN 2 Blitar) Devi Dwi Kurniasari
Main Author: | Kurniasari, Devi Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/28778/ |
Daftar Isi:
- KatakunciStudentTeamsAchievementDivisionStudentFacilitatorAndExplainingHasilBelajarSiswa.Prosesbelajarmengajaryangtepatakanmembantusiswamengembangkanpotensiyangadadalamdirinyadenganmudah.Berkaitandenganhalitumakadilakukanpenelitiandalamprosesbelajarmengajardikelas.BerdasarkanhasilwawancaradengangurumatapelajaranMengikutiProsedurK3LHkelasXAPK1SMKN2Blitardiketahuiadanyahasilbelajaryangkurangmemuaskan.Permasalahantersebutdapatdiperbaikisalahsatunyadenganmelakukanperubahanterhadapmetodepembelajaranyangselamainiditerapkan.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntuk(1)mendiskripsikanpenerapanpembelajarankooperatifmodelStudentTeamsAchievementDivision(STAD)danStudentFacilitatorAndExplaining(SFAE)untukmatapelajaranMengikutiProsedurK3LHpadasiswakelasXAPK1SMKN2Blitar(2)mengetahuipeningkatanhasilbelajarsiswakelasXAPK1SMKN2BlitarpadamatapelajaranMengikutiProsedurK3LHsetelahmenerapkanpembelajarankooperatifmodelStudentTeamsAchievementDivision(STAD)danStudentFacilitatorAndExplaining(SFAE)(3)mengetahuiresponsiswakelasXAPK1SMKN2BlitarpadamatapelajaranMengikutiProsedurK3LHsetelahmenerapkanpembelajarankooperatifmodelStudentTeamsAchievementDivision(STAD)danStudentFacilitatorAndExplaining(SFAE).PenelitianinidirancangdenganmenggunakanPenelitianTindakanKelas(PTK)denganpendekatankualitatif.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasXAPK1SMKN2Blitar.Penelitianiniterlaksanadalamduasiklussetiapsiklusterdiridariempattahapyaituperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.Pengumpulandatadalampenelititaninimenggunakanwawancaracatatanlapanganpengamatantesdandokumentasi.Sedangkanteknikanalisisdatadalampenelitianiniterdiriatas3komponenkegiatanyangsalingterkaitdiantaranyareduksidatapaparandatadanpenarikankesimpulan.Berdasarkananalisisdatahasilpenelitiandiperolehempatsimpulanpenelitiansebagaiberikut(1)penerapanpembelajarankooperatifmodelStudentTeamsAchievementDivision(STAD)danStudentFacilitatorAndExplaining(SFAE)untukmatapelajaranMengikutiProsedurK3LHpadasiswakelasXAPK1SMKN2Blitardapatberjalandenganbaikterbuktiadanyapeningkatanpadahasilbelajar.(2)terdapatpeningkatanhasilbelajarsiswayangdiperolehdaripost-testyangdiberikanpadaakhirsiklusyangdiperolehrata-ratasiklusIadalah7967danrata-ratasiklusIIadalah8533serta(3)selamapelaksanaanpenerapanpembelajarankooperatifmodelStudentTeamsAchievementDivision(STAD)danStudentFacilitatorAndExplaining(SFAE)untukmatapelajaranMengikutiProsedurK3LHpadasiswakelasXAPK1SMKN2BlitardapatdapatdiketahuibahwasiswacenderunglebihsetujuuntukmenerapakanmodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)danStudentFacilitatorAndExplaining(SFAE)padaMataPelajaranMengikutiProsedurK3LHmaupunpadamatapelajaranlainnyayangsesuai.SiswapunlebihantusiasuntukmencarireferensilainnyaselainmodulyangterkaitdenganmateriK3LH.Saranyangdapatpenelitisampaikanadalah(1)BagigurusebaiknyamenerapkanModelStudentTeamsAchievementDivision(STAD)danStudentFacilitatorAndExplaining(SFAE)sebagaisalahsatualternatifmodelpembelajaranyangdapatdigunakandalamkegiatanpembelajarankhususnyapadaMataPelajaranMengikutiProsedurK3LHsertamatapelajaranlainnyayangmengajarkanketerampilansocialsiswa.Sehinggaterciptapembelajaranvariatifdanmenyenangkanyangberujungpadapeningkatanhasilbelajarsiswa(2)Bagisiswameningkatkankeaktifandalamkelassalingmenghargaidanbekerjasamaantarsesametemansehinggasuasanakondusifdankelasmenyenagkanyangmenunjanghasilbelajarsiswadapatterwujud(3)BagipenelitiberikutnyamelakukankegiatanpenelitianlebihlanjutuntukmengembangkanpenelitianinisepertimengukurprestasibelajarsiswaataupunkeaktifansiswadanmenerapkanPembelajaranKooperatifModelStudentTeamsAchievementDivision(STAD)danStudentFacilitatorAndExplaining(SFAE)bukanhanyapadamatapelajaranMengikutiProsedurK3LHsajatetapijugamatapelajaranlainyangsesuai.