Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan interaksi dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X AdP pada mata pelajaran melakukan prosedur administrasi di SMK PGRI 1 Pasuruan) / Khalimatus Syakdiyah
Main Author: | Syakdiyah, Khalimatus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/28764/ |
Daftar Isi:
- KatakunciCooperativeScriptinteraksihasilbelajar.HasilobservasiawalyangtelahdilakukandikelasXAdministrasiPerkantorandiSMKPGRI1Pasuruanmenunjukanbahwaprosespembelajaranmasihdidominasiolehceramahdankadang-kadangdiselingidenganmetodetanyajawabdandiskusi.Pembelajarantersebutdirasakurangefektifmelatihsiswaterlibataktifdalamprosesbelajarsehinggahasilbelajaryangdiperolehkurangmaksimal.DengandemikianpenelitianinibertujuanuntukmeningkatkankualitaspembelajarandalamhalinteraksidanhasilbelajarsiswayanglebihbaikmelaluimodelpembelajaranCooperativeScriptpadaMelakukanProsedurAdministrasikelasXAdministrasiPerkantoran.PenelitianinidirancangdenganmenggunakanPenelitianTindakanKelas(PTK).SubjekdalampenelitianiniyaituseluruhsiswakelasXAdministrasiPerkantorandiSMKPGRI1Pasuruanyangberjumlah29orang.Tahapdalampenelitianini(1)perencanaan(2)tindakan(3)observasi(4)refleksidisetiapsiklusnya.Pengumpulandatamenggunakanteknikwawancaraobservasitesdandokumentasi.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa1)PenerapanmodelpembelajaranCooperativeScriptyangdilakukandalammatapelajaranMelakukanProsedurAdministrasisiswakelasXAdPdiSMKPGRI1Pasuruandilakukandenganmengadakanpenelitianyangdilaksanakanpadatanggal152229Nopemberdan6Desember2011mnghasilkandatamelaluipengamatanpenilaiankemampuanmengajarpadasiklusImencapai9833%danpadasiklusIImencapai9833%2)InteraksisiswakelasXAdPdiSMKPGRI1PasuruanpadamatapelajaranMelakukanProsedurAdministrasimengalamipeningkatan.Dibuktikanadanyapeningkatanrata-ratahasilpengamataninteraksisiklusIsebesar76035%menjadi88845%padasiklusII3)HasilbelajarsiswaterdapatpeningkatanjugadarisiklusIkesiklusII.Rata-ratahasilbelajarpretestsiklusIsebesar5589menjadi8034padaposttestnya.BegitujugapadasiklusIIterjadipeningkatandarirata-ratapretestsebesar6920menjadi8055padaposttestnya.DarihasilpenelitianinidiharapkangurudapatmenerapkanmodelpembelajaranCooperativeScriptkarenamelatihsiswadalamberpikiraktifdanterampildalammengungkapkanpendapatnyasehinggadapatmeningkatkaninteraksidanhasilbelajarsiswa.