Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan interaksi dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X AdP pada mata pelajaran melakukan prosedur administrasi di SMK PGRI 1 Pasuruan) / Khalimatus Syakdiyah

Main Author: Syakdiyah, Khalimatus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/28764/
Daftar Isi:
  • KatakunciCooperativeScriptinteraksihasilbelajar.HasilobservasiawalyangtelahdilakukandikelasXAdministrasiPerkantorandiSMKPGRI1Pasuruanmenunjukanbahwaprosespembelajaranmasihdidominasiolehceramahdankadang-kadangdiselingidenganmetodetanyajawabdandiskusi.Pembelajarantersebutdirasakurangefektifmelatihsiswaterlibataktifdalamprosesbelajarsehinggahasilbelajaryangdiperolehkurangmaksimal.DengandemikianpenelitianinibertujuanuntukmeningkatkankualitaspembelajarandalamhalinteraksidanhasilbelajarsiswayanglebihbaikmelaluimodelpembelajaranCooperativeScriptpadaMelakukanProsedurAdministrasikelasXAdministrasiPerkantoran.PenelitianinidirancangdenganmenggunakanPenelitianTindakanKelas(PTK).SubjekdalampenelitianiniyaituseluruhsiswakelasXAdministrasiPerkantorandiSMKPGRI1Pasuruanyangberjumlah29orang.Tahapdalampenelitianini(1)perencanaan(2)tindakan(3)observasi(4)refleksidisetiapsiklusnya.Pengumpulandatamenggunakanteknikwawancaraobservasitesdandokumentasi.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa1)PenerapanmodelpembelajaranCooperativeScriptyangdilakukandalammatapelajaranMelakukanProsedurAdministrasisiswakelasXAdPdiSMKPGRI1Pasuruandilakukandenganmengadakanpenelitianyangdilaksanakanpadatanggal152229Nopemberdan6Desember2011mnghasilkandatamelaluipengamatanpenilaiankemampuanmengajarpadasiklusImencapai9833%danpadasiklusIImencapai9833%2)InteraksisiswakelasXAdPdiSMKPGRI1PasuruanpadamatapelajaranMelakukanProsedurAdministrasimengalamipeningkatan.Dibuktikanadanyapeningkatanrata-ratahasilpengamataninteraksisiklusIsebesar76035%menjadi88845%padasiklusII3)HasilbelajarsiswaterdapatpeningkatanjugadarisiklusIkesiklusII.Rata-ratahasilbelajarpretestsiklusIsebesar5589menjadi8034padaposttestnya.BegitujugapadasiklusIIterjadipeningkatandarirata-ratapretestsebesar6920menjadi8055padaposttestnya.DarihasilpenelitianinidiharapkangurudapatmenerapkanmodelpembelajaranCooperativeScriptkarenamelatihsiswadalamberpikiraktifdanterampildalammengungkapkanpendapatnyasehinggadapatmeningkatkaninteraksidanhasilbelajarsiswa.