Penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran memberikan pelayanan kepada pelanggan (STudi pada siswa program keahlian administrasi perkantoran kelas X APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen) / Dedy Simabara Rengganabuwan
Main Author: | Renggabuwana, Dedy Simbara |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/28757/ |
Daftar Isi:
- KatakunciModelPembelajaranRolePlayinghasilbelajarMataPelajaranMemberikanPelayananKepadaPelanggan.HasilbelajarsiswadalamkegiatanpembelajarandikelasXAPKSMKCendikaBangsaKepanjenpadamatapelajaranMemberikanPelayananKepadaPelanggantergolongrendah.Salahsatunyadikarenakankurangnyavariasimetodemengajaryangmenjadikankejenuhanpadasiswa.Halinimenimbulkankurangnyakonsentrasisiswadisampingrendahnyakomunikasiantarsiswa.Untukmengatasimasalahtersebutdiperlukansuatumodelpembelajaranyangdapatmeningkatkankemandiriandankemampuansiswadalamberkomunikasi.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuikemampuanmodelpembelajaranRolePlayingdalammeningkatkanhasilbelajarsiswa.PenelitianinidilaksanakandikelasXAPKSMKCendikaBangsaKepanjenpadatanggal26Aprilsampai19Mei2011.Langkah-langkahpelaksanaanmodelpembelajaranRolePlayingdimulaidengancaramembagisiswadalamkelompokpembagiantugasbermainperanpadamasing-masingkelompokpraktekdialogtanyajawabdankesimpulan.Pengumpulandatamenggunakanobservasidokumentasitesangketwawancaradancatatanlapangan.HasilpenelitianpenerapanmodelpembelajaranRolePlayingyangdilakukandikelasXAPKSMKCendikaBangsaKepanjendalammatapelajaranMemberikanPelayananKepadaPelangganinimenunjukkandapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.InidibuktikandenganmeningkatnyahasilbelajarsiswadarisebelumditerapkanmodelpembelajaranRolePlaying(NilaiAwalGuru)denganrata-rataskortessiswasebesar75dansiswayangtuntasbelajarsejumlah19siswamenjadi84padarata-rataskorsiswadan22siswayangtuntasbelajar.SedangkanpadasiklusIIsetelahditerapkanmodelpembelajaranRolePlayingrata-rataskorsiswameningkatmenjadi80dansiswayangtuntasbelajarsejumlah23siswa.BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankanbahwamodelpembelajaranRolePlayingdapatdijadikansebagaisalahsatualternatifdalamkegiatanpembelajaranuntuk(1)Membantusiswadalammengeksplorasiperasaan-perasaansikap-sikapnilai-nilaidanberbagaistrategipemecahanmasalahdan(2)memupukkerjasamasalingpercayasalingmembutuhkandansalingmenghargaisesamateman.