Implementasi Pembelajaran kooperatif model two stay (TSTS) untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi melakukan prosedur administrasi (Studi pada siswa kelas X APK 2 SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Reny Karunia Anindita

Main Author: Anindita, Reny Karunia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/28751/
Daftar Isi:
  • KataKuncimodelTwoStayTwoStray(TSTS)prosesbelajarmotivasibelajarkeaktifanbelajarhasilbelajar.Metodekonvensionalmasihmenyelimutiprosespembelajarandikelas.Motivasibelajarsiswamasihperluditingkatkanlagi.Keaktifankelasmasihseringdidominasiolehbeberapaorangsiswasajasehinggamasihbelummenyeluruh.HasilbelajarsiswaperluditingkatkanagarsiswadapatmencapainilaidiatasSKMyangtelahditentukan.Guruperlumenerapkanmodelpembelajaranyangbaruagarsiswatertarikdalammengikutiprosespembelajaran.SalahsatunyadapatmenerapkanpembelajarankooperatifmodelTSTS.PenelitianinibertujuanmeningkatkanprosesdanhasilbelajarsiswapadastandarkompetensiMelakukanProsedurAdministrasi(MPA)denganmenerapkanmodelTSTS.Prosesbelajarsiswayangditingkatkandalampenelitianiniadalahmotivasidankeaktifanbelajar.UpayauntukmencapaitujuantersebutmakapenelitianinidirancangdenganmodelpenelitiantindakankelasyangdilaksanakanpadabulanApril-Mei2011.SubjekpenelitianyaitusiswakelasXAPK2yangberjumlah32siswa.Penelitianinidilakukandalam2siklusTeknikpengumpulandatadalampenelitianinimelaluilembarobservasiwawancaratesangketdokumentasidancatatanlapangan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwasiswakelasXAPK2SMKMuhammadiyah3SingosarimengalamipeningkatanprosesdanhasilbelajaraspekkognitifdanaspekafektifsetelahdiberitindakanberupapenerapanpembelajarandenganmenggunakanmodelTwoStayTwoStray(TSTS)darisiklusIkesiklusII.Motivasibelajarsiswameningkatsebesar7914%padasiklusImenjadi8538%.sedangkankeaktifanbelajarsiswamengalamipeningkatansebesar156darirata-ratasiklusIkesiklusII.Peningkatanhasilbelajaraspekkognitifditandaidenganmeningkatnyanilairata-ratasiswadarisebelumtindakan(NilaiRaportSemesterGasal)80meningkatpadaposttestsiklusIImenjadi8484.Peningkatannilairata-ratahasilbelajaraspekafektifyangberasaldarinilairaportSemesterGasaldibandingdenganhasilbelajarafektifdarimodelTSTSadalahmeningkatdariBmenjadiA.ResponsiswaterhadapmodelTSTSsangatbaikdansenangbiladiterapkanpadastandarkompetensiMPA.ModelpembelajaranTwoStayTwoStray(TSTS)dapatmeningkatkanprosesdanhasilbelajarsiswadengancaramemberikansuasanabelajardiskusiyangmenyenangkankesempatankepadasiswauntukbelajaraktifmelakukanpertukaraninformasidanmateridengansesamatemanmenyampaikangagasankepadatemanmenyampaikanjawabandanpertanyaanterhadappermasalahandiskusisertamembutuhkankerjasamadalamkelompok.