Implementasi Pembelajaran kooperatif model two stay (TSTS) untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi melakukan prosedur administrasi (Studi pada siswa kelas X APK 2 SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Reny Karunia Anindita
Main Author: | Anindita, Reny Karunia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/28751/ |
Daftar Isi:
- KataKuncimodelTwoStayTwoStray(TSTS)prosesbelajarmotivasibelajarkeaktifanbelajarhasilbelajar.Metodekonvensionalmasihmenyelimutiprosespembelajarandikelas.Motivasibelajarsiswamasihperluditingkatkanlagi.Keaktifankelasmasihseringdidominasiolehbeberapaorangsiswasajasehinggamasihbelummenyeluruh.HasilbelajarsiswaperluditingkatkanagarsiswadapatmencapainilaidiatasSKMyangtelahditentukan.Guruperlumenerapkanmodelpembelajaranyangbaruagarsiswatertarikdalammengikutiprosespembelajaran.SalahsatunyadapatmenerapkanpembelajarankooperatifmodelTSTS.PenelitianinibertujuanmeningkatkanprosesdanhasilbelajarsiswapadastandarkompetensiMelakukanProsedurAdministrasi(MPA)denganmenerapkanmodelTSTS.Prosesbelajarsiswayangditingkatkandalampenelitianiniadalahmotivasidankeaktifanbelajar.UpayauntukmencapaitujuantersebutmakapenelitianinidirancangdenganmodelpenelitiantindakankelasyangdilaksanakanpadabulanApril-Mei2011.SubjekpenelitianyaitusiswakelasXAPK2yangberjumlah32siswa.Penelitianinidilakukandalam2siklusTeknikpengumpulandatadalampenelitianinimelaluilembarobservasiwawancaratesangketdokumentasidancatatanlapangan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwasiswakelasXAPK2SMKMuhammadiyah3SingosarimengalamipeningkatanprosesdanhasilbelajaraspekkognitifdanaspekafektifsetelahdiberitindakanberupapenerapanpembelajarandenganmenggunakanmodelTwoStayTwoStray(TSTS)darisiklusIkesiklusII.Motivasibelajarsiswameningkatsebesar7914%padasiklusImenjadi8538%.sedangkankeaktifanbelajarsiswamengalamipeningkatansebesar156darirata-ratasiklusIkesiklusII.Peningkatanhasilbelajaraspekkognitifditandaidenganmeningkatnyanilairata-ratasiswadarisebelumtindakan(NilaiRaportSemesterGasal)80meningkatpadaposttestsiklusIImenjadi8484.Peningkatannilairata-ratahasilbelajaraspekafektifyangberasaldarinilairaportSemesterGasaldibandingdenganhasilbelajarafektifdarimodelTSTSadalahmeningkatdariBmenjadiA.ResponsiswaterhadapmodelTSTSsangatbaikdansenangbiladiterapkanpadastandarkompetensiMPA.ModelpembelajaranTwoStayTwoStray(TSTS)dapatmeningkatkanprosesdanhasilbelajarsiswadengancaramemberikansuasanabelajardiskusiyangmenyenangkankesempatankepadasiswauntukbelajaraktifmelakukanpertukaraninformasidanmateridengansesamatemanmenyampaikangagasankepadatemanmenyampaikanjawabandanpertanyaanterhadappermasalahandiskusisertamembutuhkankerjasamadalamkelompok.