Penerapan kolaborasi model pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) dan talking stick untuk meningkatkan aktivitas kelompok, kemandirian dan hasil belajar siswa program keahlian administrasi perkantoran pada mata pelajaran kearsipan (kelas XI APK di SMK PGRI 2 Kediri tahu
Main Author: | Sari, Ratna |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/28749/ |
Daftar Isi:
- KataKunciModelPembelajaranTSTS(TwoStayTwoStray)TalkingStickaktivitaskelompokkemandirianhasilbelajarBerdasarkandatapadasaatprapenelitianyangdilakukandiSMKPGRI2KediridiperolehinformasibahwagurumatapelajaranKearsipanmasihjarangmenggunakanmodelpembelajaranyangbervariasibelummengetahuimodelpembelajranTwoStayTwoStraydanpadawaktuprosespembelajaransiswakelasXIAPk1cenderungkurangaktif.Selainituhasilbelajarsiswayangdiperolehdarigurumenunjukkanrata-ratanilaisiswamasihrendahdibawahKKMyaitu6063.Untukmengatasimasalahtersebutdapatdigunakanmodelpembelajaranyangberpusatpadasiswayangdapatmendorongsiswalebihaktifdalampembelajaransehinggasiswadapatlebihmaksimalmemahamimateripelajaran.SalahsatumodelpembelajaranyangdapatdigunakanadalahmodelpembelajaranTwoStayTwoStraydanTalkingStick.DenganditerapkannyakolaborasimodelpembelajaranTwoStayTwoStraydanTalkingStickdiharapkanmampumeningkatkanaktivitaskelompokmeningkatkanhasilbelajardankemandirianbelajarsiswa.PenelitianinimerupakanjenisPenelitianTindakanKelas(PTK)denganpendekatankualitatifyangdilakukandenganduasiklusyaitupadabulanMaretsampaidenganApril2011.Tujuanpenelitianiniadalah1)untukmengetahuiaktivitaskelompoksiswadalampenerapanmodelpembelajaranTwoStayTwoStraydanTalkingStick2)untukmengetahuikemandirianbelajarsiswadalampenerapanmodelpembelajaranTwoStayTwoStraydanTalkingStick3)untukmengetahuitingkathasilbelajarsiswadalampenerapanmodelpembelajaranTwoStayTwoStraydanTalkingStick4)untukmengetahuiresponsiswaterhadappenerapanmodelpembelajaranTwoStayTwoStraydanTalkingStick5)untukmengetahuikendala-kendaladalampenerapanmodelpembelajaranTwoStayTwoStraydanTalkingStick.PenelitianinidilakukandiSMKPGRI2KediridengansubjekpeneitiankelasXIAPkIdenganjumlah44siswayangterdiridari2siswalaki-lakidan42siswaperempuan.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalah1)wawancara2)Tes3)observasi4)catatanlapangan5)angketdan6)dokumentasi.Untukmengetahuihasilbelajarsiswadigunakanposttesyangkemudiandibandingkandengannilaidarigurusebelumdilakukanpenelitian.SelainitumodelpembelajaranTwoStayTwoStraydanTalkingStickdapatmeningkatkanrasapercayadirisiswamenghargaipendapatoranglaindanmenumbuhkankerjasamadalamkelompok.