Diferensiasi motivasi belajar antara mahasiswa kelas reguler jalur PMDK dengan SNMPTN dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar (Studi pada mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2008 dan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang)

Main Author: Motiek, Dewi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/28743/
Daftar Isi:
  • KataKunciMotivasiBelajarPrestasiBelajarMahasiswaJalurPMDKMahasiswaJalurSNMPTNMotivasibelajaradalahkekuatan(energi)seseorangyangdapatmenimbulkantingkatpersistensidanantusiasmenyadalammelaksanakansuatukegiatanbaikyangbersumberdaridalamdiriindividuitusendiri(motivasiintrinsik)maupundariluarindividu(motivasiekstrinsik).Prestasibelajaradalahtingkatkeberhasilanyangtelahdicapaiolehindividumahasiswadalamsituasibelajaryangmenunjukkantingkatpenguasaankemampuanbaikdariaspekpengetahuanketerampilandansikapyangdapatdipengaruhiolehfaktorinterndaneksternmahasiswayangdinyatakandalamsimbolangkahurufmaupunkalimatyangdapatmencerminkanhasilyangsudahdicapaiolehsetiapmahasiswadalamperiodetertentu.Motivasibelajarsebagaisalahsatufaktorterpentingdalamdirimahasiswauntukmencapaihasilbelajaryangmaksimal.OlehsebabitupadapenelitianinipenulisakanmembedakanantaramahasiswajalurPMDKdenganmahasiswajalurSNMPTNdariaspekmotivasibelajardanprestasibelajarnya.Berdasarkanrumusanmasalahyangadamakatujuanpenelitianiniadalah(1)untukmendeskripsikandiferensisasimotivasibelajar(2)untukmenjabarkandiferensiasiprestasibelajarmahasiswakelasregulerJalurPMDKdenganSNMPTNProgramStudiS1PendidikanAdministrasiPerkantoranAngkatan2008dan2009FakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PopulasipenelitianiniadalahseluruhmahasiswakelasregulerJalurPMDKdenganSNMPTNProgramStudiS1PendidikanAdministrasiPerkantoranAngkatan2008dan2009FakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangsebanyak78responden.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanmetodeangketdandokumentasisedangkanpengolahandatanyamenggunakanteknikanalisisdeskriptifdanstatistikinferensial.Daripengolahandatasecaradeskriptifdiperolehhasil(a)motivasiintrinsikmahasiswakelasregulerJalurPMDKdenganSNMPTNProgramStudiS1PendidikanAdministrasiPerkantoranFE-UMAngkatan2008dan2009termasuktinggi.Halinidibuktikandari78respondensebanyak22responden(282%)mempunyaimotivasibelajarintrinsikyangsangattinggi34responden(436%)mempunyaimotivasibelajarintrinsiktinggi22responden(282%)mempunyaimotivasibelajarintrinsikyangcukuptinggidantidakadarespondenyangmempunyaimotivasibelajarintrinsikyangrendah(b)motivasiekstrinsikiimahasiswakelasregulerJalurPMDKdenganSNMPTNProgramStudiS1PendidikanAdministrasiPerkantoranFE-UMAngkatan2008dan2009termasuktinggi.Halinidibuktikandari78respondensebanyak20respondenmempunyaimotivasibelajarekstrinsikyangsangattinggi39responden(50%)mempunyaimotivasiekstrinsiktinggi19respondenmempunyaimotivasibelajarekstrinsikyangcukuptinggidantidakadarespondenyangmempunyaimotivasibelajarekstrinsikyangrendah.(c)prestasibelajarmahasiswakelasregulerJalurPMDKdenganSNMPTNProgramStudiS1PendidikanAdministrasiPerkantoranFEUMAngkatan2008dan2009termasukdalamkategoribaik.Daripengolahandatadenganstatistikinferensialdiperolehhasil(a)tidakadadiferensiasimotivasibelajar(intrinsikdanekstrinsik)mahasiswakelasregulerJalurPMDKdenganSNMPTNProgramStudiS1PendidikanAdministrasiPerkantoranFE-UMAngkatan2008dan2009.HaliniberdasarkannilaisignifikansipadaolahdatamultivariateanovaadalahSig.(0.059)0.05.SehinggaHoditolak(b)tidakadadiferensiasiprestasibelajarmahasiswakelasregulerJalurPMDKdenganSNMPTNProgramStudiS1PendidikanAdministrasiPerkantoranFE-UMAngkatan2008dan2009.Haliniberdasarkanhasilolahdataanalisisvariansyangmenunjukkanberturut-turutnilaisignifikansiadalahSig(0.838)0.05danSig(0807)0.05yangberartitidakadatidakvariasinilaiprestasibelajarakibatpengaruhvariabelmotivasiintrinsikdanmotivasiekstrinsik.Darihasilpenelitianinidikemukakansaran(1)self-improvitationpadadirimahasiswaitusendiriagarmotivasibelajarnyabisameningkatdikarenakanmotivasibelajarmahasiswajalurPMDKdanSNMPTNsama-samatergolongrendah(2)memfokuskanpadamotivasiberprestasimahasiswabaikyangditerimamelaluijalurPMDKmaupunSNMPTNsebagaikecenderunganumumuntukmengupayakankeberhasilandanmemilihkegiatan-kegiatanyangberorientasipadakeberhasilan/kegagalan(3)meningkatkanmotivasibelajarmahasiswabaikyangditerimamelaluijalurPMDKmaupunSNMPTNdenganpenekananpadatujuan-tujuanbelajardanpemberdayaanatribusimahasiswa(4)Nilairata-rataprestasibelajarmahasiswakelasregulerjalurSNMPTNmasihdibawahprestasibelajarmahasiswakelasregulerjalurPMDKsehinggaperludifokuskanpadapengembangancarapembelajarankhususnyabagimahasiswajalurSNMPTN(5)Untukpenelitianyangakandatangapabilamenggunakanvariabelyangsamadalampenelitiannyadisarankanagarmengambiljumlahsampelyanglebihbesardanmenambahkanvariabelkecepatan/lamastudiyangdijadikandasarmenentukanperingkatkelulusan.Sehinggahasilpenelitianbisalebihakurat.