Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) dengan pendekatan problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata diklat keamanan, kesehatan, keselamatan kerja dan lingkungan hidup kelas X APK SMK PGRI 2 Malang / Enggar Asriani
Main Author: | Asriani, Enggar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/28730/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPembelajaranGroupInvestigationPembelajaranProblemBasedLearningHasilBelajar.MutudankualitaspendidikandiIndonesiayangmasihrendahberdampakpadarendahnyakualitasSumberDayaManusia(SDM)yangdihasilkan.Untukkepentingantersebutpemerintahberusahamelakukanperbaikandalamduniapendidikansalahsatunyadenganmengadakanperubahandalambidangkurikulum.Inovasidalambidangkurikulumditandaidenganmulaiditerapkannyakurikulum2004(KBK)dankemudiandiperbaikilagidenganditerapkannyakurikulum2006(KTSP).Intidariperubahankurikuluminiadalahlebihmenekankanketerlibatansiswasecaraaktifdalampembelajarandangurusebagaifasilitator.Peningkatanpembelajaranyangdilakukanolehgurudapatdilakukandenganpenerapanmodelpembelajaranyangberfungsisebagaisaranakomunikasiantaragurudansiswanya.Penggunaanmodelpembelajarantertentumemungkinkangurudapatmencapaitujuanpembelajarantertentu.SalahsatupembelajaranyangdapatditerapkanadalahPembelajaranKooperatifModelGroupInvestigationdenganPendekatanModelPembelajaranProblemBasedLearning.Penelitianinibertujuan(1)UntukmengetahuipenerapanmodelpembelajaranKooperatifModelGroupInvestigation(GI)denganpendekatanProblemBasedLearning(PBL).(2)UntukmeningkatkanhasilbelajarsiswadenganmenggunakanmodelpembelajaranGroupInvestigation(GI)denganpendekatanProblemBasedLearning(PBL).(3)Untukmengetahuikendala-kendaladansolusi-solusidalampelaksanaanModelPembelajaranGroupInvestigation(GI)denganpendekatanProblemBaedLearning(PBL).SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasXAPKSMKPGRI2Malangtahunajaran2010/2011denganjumlah33siswa.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(PTK)denganduasiklus.Teknikanalisisdatayangdigunakanuntukhasilbelajaraspekafektifaspekpsikomotorikdanketerlaksanaanpembelajaranmenggunakannpresentasedanuntukhasilbelajaraspekkognitifdigunakanrata-ratanilaihasiltes.Sedangkaninstrumenyangdigunakanlembarpenilaianpsikomotorikdanafektifsiswa.Penelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkualitatifyangpenelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas.PenelitianinidilakukanpadabulanNovember2010diSMKPGRI2MalangKelasXAPKpadapokokbahasantanda-tandabahayaditempatkerjadancarapenanggulanganbahayaditempatkerja.PenelitianmenunjukkanbahwaPembelajaranModelGroupInvestigationdenganpendekatanPembelajaranBerbasisMasalahdapatmeningkatkankemampuanaktifdanberpikirkritissiswayangditunjukkanuntukpeningkatanpresentaseseluruhaspekafektifsiswayangdiamatidari85.82padasiklusImeningkatmenjadi90.47padasiklusII.Denganpenerapanpembelajarangroupinvestigationdenganpendakatanpembelajaranberbasismasalahhasilbelajarsiswajugameningkat.Hasilbelajarsiswayangmeningkatterdiridarihasilbelajaraspekkognitifdarirata-ratasebesar66.67disiklusImeningkatmenjadi93.93padasiklusII.HasilbelajaraspekpsikomotorikpadasiklusIdiperoleh90.45menjadimeningkatpadasiklusIIsebesar97.72.BerdasarkanhasilpenelitiandiatasdapatdisimpulkanbahwapembelajarangroupinvestigationdenganpendekatanpembelajaranberbasismasalahdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasXAPKSMKPGRI2Malang.Adapunsaranyangdapatdiberikanpadapenelitiselanjutnyaadalah(1)BagiKepalaSekolahSMKPGRI2MalangperlumenyediakansaranadanprasaranayanglengkapuntukmendukungefektivitaspenerapanpembelajarankooperatifmodelGroupInvestigation(GI)denganpendekatanPBLyaituberupapengadaanliteraturgunamempermudahsiswadalammemperolehinformasidanmemperlancarprosesbelajar.(2)BagiguruSMKPGRI2Malangdiharapkandapatmengimplementasikanstrategipembelajaranyangtepatdansesuaidenganmasing-masingkarakteristikmatapelajaran.(3)Bagisiswaagardapatbelajardengangiatkarenapembelajarantersebutakanmelatihsiswaberpikirkritisberanimengungkapkanpendapatdandapatmeningkatkanprestasibelajarsiswa.(4)BagipenelitiberikutnyahendaknyadapatmelakukankegiatanpenelitianlebihlanjutuntukmengembangkandanmenerapkanmodelPembelajaranGroupInvestigation(GI)denganpendekatanpembelajaranBerbasisMasalahbukanhanyapadamatapelajaranKeamananKeselamatanKesehatanKerjadanlingkungankerjatetapijugapadamatapelajaranlainyangrelevan.