Penerapan metode pembelajaran kooperatif model student team achievement division (STAD) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI dalam mata diklat teknologi perkantoran pada program keahlian administrasi perkantoran di SMK Ardjuna 01 Malang tahun 2008/2009 / M

Main Author: Lestari, Mega Ratih Indra Mulyaning
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/28710/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKLestariMegaRatihIndraMulyaning.PenerapanMetodePembelajaranKooperatifModelStudentTeamAchievementDivision(STAD)untukMeningkatkanPrestasiBelajarSiswaKelasXIdalamMataDiklatTeknologiPerkantoranpadaProgramKeahlianAdministrasiPerkantorandiSMKArdjuna01MalangTahun2008/2009.SripsiJurusanPendidikanS-1AdministrasiPerkantoranFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.GatotIsnaniM.Si(II)Drs.DjokoDwiKusumajantoM.Si.KatakuncimodelpembelajaranSTADdanprestasiPendidikanmerupakanhalyangfundamentalisdalammencetakgenerasimuda.Kenyataanmenunjukkanbahwapendidikandapatmengangkatharkatdanmartabatbangsa.DuniapendidikanIndonesiatelahmengalamiperkembangan.Perkembangantersebutsesuaidenganperkembangankurikulumyangada.KurikulumyangberkembangsaatiniadalahKTSP(KurikulumTingkatSatuanPendidikan).Metodepembelajarankooperatifdirasaefektifdilakukankarenapadadasarnyadisekolahterdapatlatarbelakangdankemampuanbelajarsiswayangberbeda-beda.Melaluipembelajarankooperatifdiharapkansiswadapatbekerjasamasalingmembantuantarasiswasatudengansiswalainnyadalamhalyangpositifyaitudalammempelajarisuatumateridanmemecahkanpermasalahansecarabersama-sama.Berdasarkanwawancarapadatanggal20Maret2009denganKepalaSekolahdanGurukhususnyapadaProgramKeahlianAdministrasiPerkantorandalammatadiklatTeknologiPerkantorandiSMKArdjuna01Malang.Metodeyangdigunakanolehgurumasihmenggunakanmetodeceramahtanyajawabdanpenugasansehinggagurumenyampaikanmaterimasihsecarateoritis.DalampenelitianinipenelitiberusahaagarprestasibelajarsiswakelasXIpadaProgramKeahlianAdministrasiPerkantorandapatmeningkatsesuaiyangdiharapkan.Namunharapandengankenyataantidaksamabanyakfaktorpenghambatdiantaranyayaitukeadaanfasilitassekolahyangkurangmemadaidapatmengakibatkankurangefektifdalamprosesbelajar.Sehinggauntukmempermudahdalampenyampaianmaterisekaligusmateritersebutdapatditerimaolehsiswamakadiperlukancarayangefektifdalammengajardenganmenggunakanvariasimetodepembelajaranyangdigunakan.MetodepembelajaranyangdigunakanpenelitidalammenyampaikanmateriyaitumetodepembelajarankooperatifmodelSTAD.ModelpembelajaranSTADdipilihpenelitiuntukditerapkanpadamatadiklatTeknologiPerkantorankerenamatadiklatinimampumenghadirkanpertanyaanyangmempermudahsiswaberlatihberfikirkritisuntukmemunculkanidekreatifmereka.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuipenerapanmodelpembelajaranSTADprestasisiswasebelumpenerapanmodelpembelajaranSTADprestasisiswasetelahmodelpembelajaranSTADdanpendapatsiswamengenaipenerapanmodelpembelajaranSTADpadasiswakelasXIdiSMKArdjuna01Malang.DenganpenerapanmodelpembelajaranSTADpadamatadiklatTeknologiPerkantorandiharapkandapatmembantumeningkatkanprestasisiswa.JenispenelitiannyayaituPenelitianTindakanKelasyangterdiridari2siklustiapsiklusdilaksanakan2kalipertemuan.TahapPenelitianTindakanKelasterdiridariempatlangkahyaituperencanaantindakanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksihasiltindakan.ObjekpenelitianiniadalahsiswakelasXIAdministrasiPerkantoranSMKArdjuna01Malangyangberjumlah37siswa.Pendekatanpenelitianyangdigunakanadalahkualitatifdandatadianalisissecaradeskriptif.Dalampenelitianinimetodepengumpulandatadilakukanmelauiobservasisaatpembelajaranberlangsungmemberikanangketpadasiswawawancaradokumentasicatatanlapanganpretestdanposttest.BerdasarkanhasilpenelitiandiketahuibahwapenerapanmodelpembelajaranSTADdapatmeningkatkanprestasibelajar.PeningkatanprestasibelajarsiswadapatdilihatpadaaspekkognitifnilaipretestpadasiklusIsebesar4389mengalamipeningkatansebesar4597menjadi8986padasiklusIIdannilaiposttestpadasiklusIsebesar5256mengalamipeningkatansebesar4141menjadi9397padasiklusII.AspekafektifpadasiklusIsebesar6115mengalamipeningkatansebesar1206menjadi7321padasiklusII.AspekpsikomotorikpadasiklusIsebesar6382mengalamipeningkatansebesar701menjadi7083padasiklusII.Berdasarkanhasilpenelitiansaranyangdiajukansebagaiberikut(1)GurumatadiklatTeknologiPerkantorandisarankanuntukmenggunakanmodelpembelajaranSTADdalamkegiatanpembelajaranuntukmeningkatkanprestasisiswa.(2)PenerapandanpelaksanaanpembelajarandenganmenggunakanmodelpembelajaranSTADhendaknyalebihvariatifsehinggasiswalebihtermotivasidalambelajar.(3)Metodeyangdigunakandalampembelajaranhendaknyalebihaktualdanberagam.(4)BagipenelitiselanjutnyapenelitianinidapatdikembangkanuntukmaterilainpadamatadiklatTeknologiPerkantoranataupadamatadiklatyangberbedadandapatdikembangkandisekolahlain.