Penerapan pembelajaran kooperatif model probem based learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran keamanan, keselamatan, dan kesehatan kerja (studi pada siswa kelas X APK SMK PGRI 2 Malang) / Niki Puspitasari

Main Author: Puspitasari, Niki
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/28698/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPuspitaSariNiki.2009.PenerapanPembelajaranKooperatifModelProblemBasedLearning(PBL)UntukMeningkatkanMotivasidanPrestasiBelajarSiswaPadaMataPelajaranKeamananKeselamatandanKesehatanKerja(StudipadaSiswaKelasXAPKSMKPGRI2Malang).Skripsi.JurusanManajemenProgramStudiPendidikanAdministrasiPerkantoranFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.HenyKusdiyantiS.Pd.M.M.(II)MadziatulChuriyahS.PdM.M.KataKunciPembelajaranKooperatifProblemBasedLearningMotivasiBelajarPrestasiBelajar.Salahsatumasalahyangdihadapiduniapendidikankitaadalahlemahnyaprosespembelajaran.Pembelajarancenderungberpusatpadaguru(teachercentered)dansiswahanyadiamdudukdanmenerimainformasidariguru.Gurudalammenyampaikanmateripelajarantidakkreatifdankurangmenarikperhatiansiswauntukberperanaktifdidalampembelajaran.Pembelajaranyangdemikianmembuatsiswatidaktermotivasiuntukmengikutipelajaransertakurangbisamemahamimateriyangdisampaikanolehgurukarenamerekamerasajenuhdengankegiatanpembelajarandidalamkelasyangmonoton.Masalahinipadaakhirnyaberdampaknegatifpadamotivasibelajardanprestasibelajarsiswadisekolah.SalahsatustrategiyangdapatmemberikanperanaktifsiswadalamprosesbelajarmengajardapatdilakukandenganberbagaipendekatansalahsatunyaadalahdenganmenerapkanmodelPembelajaranBerbasisMasalah(ProblemBasedLearning)yangdapatmelatihsiswadalammengembangkankemampuanberpikirmemecahkanmasalahdanketerampilanintelektual.OlehkarenaitudalampenelitianinipenelitimenerapkanmodelPembelajaranBerbasisMasalahagarmotivasibelajarsiswameningkatsehinggadapatpulameningkatkanprestasibelajarsiswa.Tujuanpenelitianiniadalah1)MendeskripsikanpenerapanpembelajarankooperatifModelProblemBasedLearning(PBL)padaMataPelajaranKeamananKeselamatandanKesehatanKerjadiKelasXApkSMKPGRI2Malang2)MendeskripsikanmotivasibelajarsiswadenganadanyapenerapanpembelajarankooperatifModelProblemBasedLearning(PBL)padaMataPelajaranKeamananKeselamatandanKesehatanKerjadiKelasXApkSMKPGRI2Malang3)MendeskripsikanprestasibelajarsiswadenganadanyapenerapanpembelajarankooperatifModelProblemBasedLearning(PBL)padaMataPelajaranKeamananKeselamatandanKesehatanKerjadiKelasXApkSMKPGRI2Malang4)MendeskripsikanresponsiswadenganadanyapenerapanpembelajarankooperatifModelProblemBasedLearning(PBL)padaMataPelajaranKeamananKeselamatandanKesehatanKerjadiKelasXApkSMKPGRI2Malang.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasXApkSMKPGRI2Malangtahunajaran2009/2010denganjumlah37orangsiswa.Penelitianinidilaksanakandenganmenggunakanpendekatandeskriptifkualitatif.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(PTK)atauClassroomActionResearchdenganduasiklus.Setiapsiklusmeliputiempattahapanyaituiiiperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.Datapenelitiandikumpulkanmelaluiobservasiwawancaratesangketcatatanlapangandandokumentasi.Datayangterkumpuldianalisissecaradeskriptifkualitatif.Analisisdatadalampenelitianinidilakukanmelaluitigatahapyaitu1)Reduksidata2)Penyajiandatadan3)Penyimpulanhasilanalisis.HasilPenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifmodelProblemBasedLearning(PBL)padaMataPelajaranKeamananKeselamatandanKesehatanKerjadikelasXApkSMKPGRI2Malangdapatmeningkatkanmotivasibelajardanprestasibelajarsiswa.Halinidapatdiketahuiberdasarkanhasilpeningkatanketercapaianmotivasibelajardanprestasibelajarsiswapadasetiapsiklusnya.SelainitupenerapanpembelajarankooperatifmodelProblemBasedLearning(PBL)padaMataPelajaranKeamananKeselamatandanKesehatanKerjadikelasXApkSMKPGRI2Malangjugamendapatresponsangatpositifdarisiswa.Saranyangdirekomendasikanterkaitdenganhasilpenelitianiniadalah1)BagiguruSMKPGRI2MalangkhususnyagurumatapelajaranKeamananKeselamatandanKesehatanKerjadiharapkandapatmengimplementasikanstrategipembelajaranyangtepatdansesuaidenganmasing-masingkarakteristikmatapelajaransepertimodelProblemBasedLearning(PBL)sebagaialternatifuntukmeningkatkanmotivasibelajardanprestasibelajarsiswa2)Siswahendaknyadapatbelajardengangiatkarenapembelajarantersebutakanmelatihsiswaberpikirkritisberanimengungkapkanpendapatmeningkatkanmotivasibelajardandapatmeningkatkanprestasibelajarsiswadan3)BagipenelitiberikutnyaagardapatmelakukankegiatanpenelitianlebihlanjutuntukmengembangkandanmenerapkanmodelPembelajaranBerbasisMasalahbukanhanyapadamatapelajaranKeamananKeselamatandanKesehatanKerjatetapijugapadamatapelajaranlainyangrelevan.