Implementasi pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran teknologi perkantoran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 3 Singosari Malang / Ase Sarniati
Main Author: | Sarniati, Ase |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/28662/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSarniatiAse.2008.ImplementasiPembelajaranKooperatifModelThink-Pair-Share(TPS)PadaMataPelajaranTeknologiPerkantoranUntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelasXProgramKeahlianAdministrasiPerkantoranDiSMKMuhammadiyah3SingosariMalang.SkripsiJurusanManajemenProgramStudiAdminstrasiPerkantoranFakultasEkonomi.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.AgusHermawanM.Si.M.Bus(II)Drs.Sarbini.KataKunciPembelajaranKooperatifModelThink-Pair-Share(TPS)hasilBelajarPenerapanpembelajaranyangbersifatkonvensionaldenganmenggunakanmenggunakanmetodeceramahsecaraterusmenerusmasihbanyakditerapkandalamprosespembelajaran.Prosespembelajaranyangsepertiinilebihbanyakdidominasiolehgurudanjarangmelibatkansiswasehinggamengakibatkansiswacenderungpasifselamaprosesbelajarmengajar.Dalampembelajaraninikegiatansiswalebihbanyakdudukdiammendengarkanmencatatdanmengerjakansoalsehinggasiswaterkesanmalasdanjarangberpikiraktif.Kegiatanpembelajaranmerupakansalahsatucaragurudalammemberikanilmupadasiswasecaraaktifuntukperlumendapatperhatiankhusus.SalahsatupendekatanpembelajaranyangmemperhatikanhaltersebutadalahpembelajarankooperatifmodelThink-Pair-Share(TPS).Penerapanpembelajaraninimenekankankeaktifandankemandiriansiswabaiksecarafisikmaupunmentalsiswadiberikesempatanuntukbelajarberpikirbertukarpikiran(kerjasama)danberinteraksidengansiswalain(presentasi).TujuandaripenelitianiniadalahuntukmenerapkanpembelajarankooperatifmodelThink-Pair-Share(TPS)padaMataPelajaranTeknologiPerkantoransebagaiupayauntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa.PenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenisPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilakukandalam3siklusdilaksanakanpadabulanNopember-Desember2008.Dalamsetiapsiklusterdiridari2pertemuandanmelaluiempattahapanyaitutahapperencanaantindakantahappelaksanaantindakantahappengamatandantahaprefleksi.SubyekyangditelitiadalahkelasXProgramKeahlianAPKIdiSMKMuhammadiyah3SingosariMalangsebanyak38Siswa.Jenisdatadalampenelitianiniadalahdataprimeryangbersumberlangsungpadasubyekyangditeliti.Teknikpengumpulandatamenggunakanlembarobservasiwawancarapencatatanlapanganrubrikpenilaiantesdandokumentasi.HasilpenelitianmenggambarkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifmodelThink-Pair-Share(TPS)dapatmenjadisalahsatualternatifuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa.AnalisishasilbelajarmenunjukkanhasilbelajarsiswapadaaspekkognitifsiklusIjumlahsiswayangtuntasbelajarsebanyak29siswa(7632%)meningkatpadasiklusIIyaitusiswayangtuntasbelajarsebanyak30siswa(7895%)danmeningkatkembalipadasiklusIIIyaitusiswayangtuntasbelajarsebanyak32siswa(8647).HasilbelajarpadaaspekafektifmenunjukkanpadasiklusIjumlahsiswayangtuntassebanyak28siswa(7368%)padasiklusIIjumlahsiswayangtuntascenderungmeningkatyaitusebanyak34siswa(8947%)danpadasiklusIIIjumlahsiswayangtuntasbelajarmeningkatkembaliyaitu37siswa(9737%)sedangkanhasilbelajarpadaaspekpsikomotorikmenunjukkanhasildanpersentaseyangsamapadaaspeksebelumnyayaitupadasiklusIsiswayangtuntasbelajarsebanyak29siswa(7632%)padasiklusIIsiswayangtuntasbelajarsebanyak30siswa(7895%)danmeningkatkembalipadasiklusIIIyaitusiswayangtuntasbelajarsebanyak33siswa(8684%).BerdasarkanhasilpenelitianyangtelahdilaksanakandapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifmodelThink-Pair-Share(TPS)dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Adapunsaranyangdapatdiajukanyaitu(1)PembelajarankooperatifmodelThink-Pair-Share(TPS)dapatdijadikansebagaialternatifpembelajaranuntukdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa(2)PenerapanpembelajaranThink-Pair-Share(TPS)hendaknyadisesuaikandenganmatapelajarandankondisisiswa(3)Penelitianinihendaknyadapatditeruskanolehpenelitiselanjutnyadenganmenggunakantindakankelaslebihdari3siklusagarmendapatkanhasilyangmaksimal.