Penerapan model pembelajaran number head together untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran kesekretariatan pada siswa kelas XII APK SMK PGRI 6 Malang / Faiqotun Ni'mah

Main Author: Ni'mah, Faiqotun
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/28651/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSINimahFaiqotun2008.PenerapanModelPebelajaranNumerHeadTogetheruntukMeningkatkanAktivitasdanHasilBelajarMataPelajaranKesekretariatanpadaSiswaKelasXIIAPK2SMKPGRI6Janti.SkripsiJurusanManajemenProgramStudiPendidikanAdministrasiperkantoran.UniversitasnegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.SupriyantoM.M(2)ImamBukhoriS.PdM.MKataKunciNumberHeadTogetheraktivitassiswahasilbelajarPendidikanmerupakansuatukebutuhanhidupyangsangatpenting.Halinisangatmendasarmengingatpendidikandijadikansebagaisalahsatutolokukurtingkatkesejahteraanmanusia.Usahauntukmencapaitujuanpembelajaransepertiyangtercantumdalamkurikulum2004diperlukanpenguasaanterhadapmetodepembelajaranyangdiantaranyamemberikesempatanpadasiswabelajarsecaraaktifmengkonstruksi(membangun)pengetahuannya.Akantetapipadaumumnyapelaksanaanpembelajaranmatapelajaranmasihdisampaikandenganmetodeceramahdanpemberiantugas.HalinijugaterjadidikelasXIIAPK2SMKPGRI6JantipadamatapelajaranKesekretariatan.Sehinggasiswamengalamikejenuhandankurangaktifdalamkelas.HalinisangatberpengaruhpadaaktivitassiswayangsangatrendahdikelasdansiswatidakbisamencapaihasilbelajarmemenuhistandarKetuntasanMinimal(SKM)secarakeseluruhan.DalampenelitianinisalahsatumodelpembelajaranyangdigunakanuntukbisamengaktifkansiswaadalahpembelajarankooperatifdenganmodelpembelajaranNumberHeadTogether.Modelpembelajaraninimelibatkanlebihbanyaksiswadalamkegiatanpembelajaransehinggasiswadituntutuntukaktifdikelaskarenasiswaharussalingbekerjasamadalamkelompokmenyumbangkanpikirandanadanyatanggungjawabterhadappencapaianhasilbelajarbaikindividumaupunkelompok.PenelitianinidilakukandiSMKPGRI6Jantipadasemesterganjildenganmenggunakanpendekatankualitatif.Denganjenispenelitiantindakankelas(PTK)yangterdiridariduasiklus.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasXIIAPK2.Peelitiandilaksanakanpadatanggal26Nopemberdanberakhirpadatanggal27Desember.Teknikpengumpulandatapadapenelitianinimeliputitesobservasiwawancaraangketdancatatanlapangan.SedangkanTeknikanalisisdatayangdigunakandalampenelitianiniadalahmereduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.BerdasarkanpenelitianyangdilakukanmemperolehhasilbahwamodelpembelajaranNumberHeadTogetherbisameningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.ProsentasepeningkatanaktivitashasilbelajarpadatiapindikatornyaadalahSalingketergantunganpositifmengalamipeningkatansebasar25%Interaksitatapmukameningkatmengalamipeningkatansebasar50%Akuntabilitasindividual/tanggungjawabindividumengalamipeningkatansebasar25%Ketrampilanmenjalinhubunganantarpribadimengalamipeningkatansebasar37%.Prosentaserata-ratahasilbelajarkognitifmengalamipeningkatansebasar3.58%.Sedangkanprosentsehasilbelajarafektifmeningkatpadasetiapaspekmeliputiaspekberpikirbersamadalamkelompokmengalamipeningkatansebasar14.82%kehadiranmengalamipeningkatansebasar556%kemampuanberkomunikasimengalamipeningkatansebasar1297%kejujuranmengalamipeningkatansebasar185%keaktifanmengalamipeningkatansebasar2315%.DarihasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaranNumberHeadTogetherbisameningkatkanaktivitasdanhasilbelajarmatapelajaranKesekretariatansiswakelasXIIAPK2SMKPGRI6Janti.Padapenerapannyadisarankanlebihmemotivasisiswauntuksalingmembantudalammengerjakantugasdiskusimemotivasisiswauntuklebihbersaingdengankelompoklaindanmenciptakansuasanakelasyangkondusifagartujuanpembelajarantercapaisecaramaksimal.