Implementasi pembelajaran kooperatif model PBL (problem based learning) dan konvensional untuk meningkatkan hasil belajar mata diklat mengikuti prosedur keamanan, keselamatan dan kesehatan kerja / Ahmad Abdullah

Main Author: Abdullah, Ahmad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/28644/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAbdullahAhmad.2010.ImplementasiPembelajaranKooperatifModelPBL(ProblemBasedLearning)danKonvensionaluntukMeningkatkanHasilBelajarMataDiklatMengikutiProsedurKeamananKeselamatandanKesehatanKerja(StudipadasiswaApkkelasXSMKPGRI6Malang).Skripsi.JurusanManajemenProgramStudiPendidikanAdministrasiPerkantoranFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.AgusHermawanM.BusM.Si(2)Drs.SarbiniKatakunciModelPBL(ProblemBasedLearning)PembelajarankonvensionalHasilbelajar.Percepatanarusinformasidalameraglobalisasidewasainimenuntutsemuabidangkehidupanuntukmenyesuaikanvisimisitujuandanstrategiagarsesuaidengankebutuhanagartidakketinggalanzaman.Takterkecualidalamduniapendidikansistempendidikannasionalharussenantiasadikembangkansesuaidengankebutuhandanperkembanganyangterjadibaikditingkatlokalnasionalmaupunglobal.SalahsatuusahapemerintahuntukmeningkatkanmutupendidikanadalahdenganmenetapkankurikulumbaruyaituKurikulumTingkatSatuanPendidikanyanglebihdikenaldengansebutanKTSP.KTSPmerupakanupayauntukmenyempurnakankurikulumagarlebihfamiliardengangurukarenagurubanyakdilibatkansehinggadiharapkanmemilikitanggungjawabyangmemadai.Penyempurnaankurikulumyangberkelanjutanmerupakankeharusanagarsistempendidikannasionalselalurelevandankompetitif.Padasaatsekaranginimasihbanyakguruyangmenggunakanpembelajarankonvensional.Halinidikarenakangurumasihmenganggapbahwapembelajarankonvensionalmerupakanpembelajaranyangpalingefektifdigunakandalamprosespembelajaran.Meskidemikianseiringberkembangnyazamantermasukpadaduniapendidikanterdapatsalahsatupendekatanpembelajaranyangsesuaidengankurikulumyangdisempurnakanadalahpembelajarankooperatif.SalahsatumodelpembelajaranyangberasosiasidenganpendekatanpembelajarankooperatifadalahpengajaranberbasismasalahPBL(ProblemBasedLearning).PBL(ProblemBasedLearning)adalahsuatupendekatanpengajaranyangmenggunakanmasalahdunianyatasebagaisuatukonteksbagisiswauntukbelajartentangcaraberpikirkritisdanketerampilanpemecahanmasalahsertauntukmemperolehpengetahuandankonsepyangesensialdarimateripelajaran.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK)denganduasiklusdenganmenggunakanpendekatankualitatif.Teknikpengumpulandatayangdigunakanmeliputiobservasi(pengamatan)interview(wawancara)catatanlapanganstudidokumenterdantes.AdapunsubjekyangditelitiadalahsiswakelasXApkSMKPGRI6Malangyangberjumlah43siswa.Dari43siswatersebutdibagimenjadi2kelompokyangmasing-masingkelompokberjumlah20siswadan23siswa.Kelompok1menggunakanpembelajarankonvensionalberjumlah23siswadankelompok2menggunakanpembelajaranmodelPBLberjumlah20siswa.ivBerdasarkanhasilpenelitianinimenunjukkanbahwadenganmenggunakanpembelajaranmodelPBLdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswaApkkelasXSMKPGRI6Malang.Halinidapatdilihatdarirata-ratapretessiklusImencapai5960danmeningkatmenjadi7070padapostes.HasilpenelitianpadasiklusIIrata-ratapretesmencapai6410danmeningkatmenjadi7645padapostes.Halyangsamaterjadipadahasilpenelitianuntuksiswayangmenggunakanpembelajarankonvensional.BerdasarkanhasilpenelitiansiklusIrata-ratapretesmencapai5986danmeningkatmenjadi7056.PadasiklusIIrataratapretessebesar6165danmeningkatmenjadi7282.SehinggadapatdikatakanbahwaantarapembelajaranmodelPBLdankonvensionalsama-samadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswamatadiklatMengikutiProsedurKeamananKeselamatandanKesehatanKerja.NamunyangmembedakanadalahtingkatkenaikannyadimanapembelajaranmodelPBLtingkatkenaikanhasilbelajarsiswalebihtinggibiladibandingdenganpembelajarankonvensional.BerdasarkanketepatanpenelitimenerapkanlangkahpembelajaranpadasiklusIpembelajaranPBLmencapaikategoribaikyaitu68%danmeningkatmenjadisangatbaiksebesar83%padasiklusII.SedangkanpadasiklusIpembelajarankonvensionaltarafkeberhasilannyabaik(62%)dantidakadapeningkatanpadasiklusIIyaitutetapbaik(76%).Berdasarkanhasilpenelitiansaranyangdiajukansebagaiberikut(1)DalammelaksanakanprosespembelajaranPBL(ProblemBasedLearning)hendaknyadipertimbangkanmasalahwaktuataubanyaknyajampelajaranmatadiklatdantujuanpembelajaranyangakandicapai..(2)bagipenelitiberikutnyadapatdikembangkanuntukmateriselainprosedurkerjamatadiklatselainMengikutiProsedurKeamananKeselamatandanKesehatanKerjadandapatdikembangkanuntuksekolah-sekolahlain.