Penerapan pembelajaran kontekstual strategi react untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat stenografi kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK "Ardjuna" 2 Malang / Dian Purnamasari R.
Main Author: | Purnamasari R., Dian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/28637/ |
Daftar Isi:
- Kualitaskehidupanbangsasangatditentukanolehfaktorpendidikan.Peranpendidikansangatpentinguntukmenciptakankehidupanyangcerdasdamaiterbukadandemokratisolehkarenaitupembaharuanpendidikanharusselaludilakukanuntukmeningkatkankualitaspendidikannasional.Kemajuansuatubangsahanyadapatdicapaimelaluipenataanpendidikanyangbaik.UpayapeningkatanmutupendidikanitudiharapkandapatmenaikkanharkatdanmartabatmanusiaIndonesia.Untukitupendidikanharusadaptifterhadapperubahanzaman.Pembelajarankontekstualadalahkonsepbelajardimanagurumenghadirkandunianyatakedalamkelasdanmendorongsiswamembuathubunganantarapengetahuanyangdimilikinyadenganpenerapannyadalamkehidupanmerekasehari-harisementarasiswamemperolehpengetahuandanketerampilandarikonteksyangterbatassedikit-demisedikitdandariprosesmengkonstruksisendirisebagaibekaluntukmemecahkanmasalahdalamkehidupannyasebagaianggotamasyarakat.StrategipembelajarankontekstualadalahstrategiREACT.StrategiREACTadalahstrategipembelajaranyangmendasaripenerapanpembelajarankontekstualyangmempunyaiunsurRelating(mengaitkan)Experiencing(mengalami)Applying(menerapkan)Cooperating(bekerjasama)danTransferring(mentransfer).PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipembelajarankontekstualstrategiREACTdanhasilbelajarsiswa.TujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanpenerapanpembelajarankontekstualstrategiREACTpadamatadiklatStenografiuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasXProgramKeahlianAdministrasiPerkantorandiSMKArdjuna2MalangdanuntukmengetahuihasilbelajarsiswasetelahpenerapanpembelajarankontekstualstrategiREACTpadamatadiklatStenografisiswakelasXProgramKeahlianAdministrasiPerkantorandiSMKArdjuna2Malang.PendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdanjenispenelitianyaituPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridariduaSiklus.Masing-masingSiklusterdiridariempattahapyaitutahapperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.TindakanyangdiberikanpadaSiklusIdanIIsesuaidenganRencanaPembelajaran(RPP)denganstrategiREACT.MatadiklatyangdigunakanpadapenelitianiniadalahStenografiuntukkelasXAdministrasiPerkantoransemesterItahunpelajaran2007/2008yaituterfokuspadakompetensidasarMencatatdikteuntukmempersiapkannaskah.UntukmengetahuiaktivitasgurudalammenerapkanpembelajarankontekstualstrategiREACTmakadilakukanobservasidenganmenggunakaninstrumenlembarpengamatan.Sedangkanuntukmengetahuipeningkatanhasilbelajarditinjaudariaspekkognitifyangdilakukanperhitungannilaipre-testdanpost-testkeduaSiklussertaaspekafektifyangdilakukanmelaluilembarpengamatanaktivitassiswa.PenelitiantindakankelasinidilaksanakandiSMKArdjuna2MalangyangberlokasidiJalanTelukPelabuhanRatu41Malangpadatanggal7Meisampai28Mei2008.SiswayangmenjadisubjekpenelitianiniadalahsiswakelasXAdministrasiPerkantoranpadaSMKArdjuna2Malangtahunpelajaran2007/2008yangberjumlah31siswa.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahobservasiwawancaracatatanlapangansoaltesdandokumentasi.Analisisdatapadapenelitiandilakukandengandatareduction(reduksidata)display(penyajiandata)danconclutiondrawing/verification.HasilpenelitianpenerapanpembelajarankontekstualstrategiREACTpadasiswakelasXAdministrasiPerkantoranSMKArdjuna2Malangadalahsebagaiberikut(1)PadasiklusIdiketahuibahwahasilpretestsiswamenunjukkannilairata-ratasebesar64diperolehnilaiterendahadalah30dannilaitertinggiadalah80.Sedangkandariperolehannilaiposttestsiswadihasilkannilairata-ratasebesar6857diperolehnilaiterendahadalah45dannilaitertinggiadalah80.HasilobservasiaktivitassiswadalampembelajarankontekstualstrategiREACTpadasiklusIsebesar9166%termasukdalamkategoriA.(2)PadasiklusIIdiketahuibahwahasilpretestsiswamenunjukkannilairata-ratasebesar6864diperolehnilaiterendahadalah40dannilaitertinggiadalah84.Sedangkandariperolehannilaiposttestsiswadihasilkannilairata-ratasebesar806diperolehnilaiterendahadalah60dannilaitertinggiadalah91.HasilobservasiaktivitassiswadalampembelajarankontekstualstrategiREACTpadaSiklusIIsebesar100%termasukdalamkategoriA.SehinggahasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenerapanpembelajarankontekstualstrategiREACTdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasXAdministrasiPerkantorandiSMKArdjuna2MalangpadamatadiklatStenografi.Berdasarkanhasilpenelitiansaranyangdiajukansebagaiberikut(1)StrategiREACTsangatbermanfaatbagisiswakarenastrategitersebuttelahterbuktidapatmeningkatkanhasilbelajarsiswasehinggabagigurumataStenografidangurumatapelajaranlainnyadapatmenggunakanstrategiinipadapokokbahasanyangmemilikikaitansecaralangsungdenganlingkungandankehidupansehari-hari.(2)Guruhendaknyalebihmemotivasisiswauntukmeningkatkanaktivitassiswadalamkegiatanpembelajarankarenamotivasibelajarsiswamasihkurangdengandemikiandiharapkandapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.(3)BagipenelitiberikutnyapenelitianinidapatdikembangkanuntukmatadiklatselainStenografidandapatdikembangkanuntuksekolah-sekolahlain.