Implementasi pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata diklat manajemen perkantoran (Studi pada siswa kelas X APK 1 SMK PGRI 2 Malang semester genap tahun ajaran 2007/2008 / Nova Sari Lad
Main Author: | Laditika, Nova Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/28623/ |
Daftar Isi:
- MetodepembelajarankooperatifmodelTGT(TeamsGamesTournamet)merupakanmetodepembelajaranyangmasihtergolongbarudanbelumbanyakditerapkandisekolah.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanakahimplementasipembelajarankooperatifmodelTGTpadamatadiklatmanajemenperkantoranfaktorpendukungdanfaktorpenghambatpembelajarankooperatifmodelTGTsertapeningkatanmotivasibelajardanhasilbelajarmelaluipembelajarankooperatifmodelTGT.Untukmencapaitujuantersebutpenelitianinidirancangdenganmenggunakanpendekatankualitatifkarenadatayangdiperolehdinyatakandalambentukverbal.Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(ClassroomActionResearch).Teknikpengumpulandatadilakukandenganmenggunakanlembarobservasidokumentasiangketcatatanlapangandanpedomanwawancara.SumberdatapadapenelitianiniadalahsiswakelasXAPK1SMKPGRI2Malang.Analisisdatayangdigunakanadalahanalisisdatasecarainduktif.Adapunmateriyangdiajarkandalampenelitianiniadalahkepemimpinankantoryangdilaksanakandalamduasiklus.PadapenelitianinitindakanyangdilakukandalammenerapkanpembelajarankooperatifmodelTGTpadamatadiklatmanajemenperkantoranadalah1)penelitimemperkenalkanpembelajarankooperatifmodelTGTkepadasiswamelaluipenjelasansecararinci2)penelitimelaksanakanpembelajarankooperatifmodelTGTyangdiawalidenganpemberianpreteskemudianpenyajiankelaskerjakelompokgameturnemenpenghargaankelompokdandiakhiridenganpemberianposttes3)penilaianmotivasibelajardinilaidenganmenggunakanlembarobservasisedangkanhasilbelajaruntukaspekkognitifdiperolehdarinilaipretesdanposttesaspekafektifdanpsikomotorikdinilaimenggunakanrubrikpenilaianaspekafektifdanpsikomotorik.AdapunfaktorpendorongdalampelaksanaanpembelajarankooperatifmodelTGTadalah1)metodeinimendapattanggapanpositifbaikdarigurumatadiklatmaupundarisiswa2)penghargaankelompokbagikelompokterbaikdapatmemotivasidanmemicusemangatbelajarsiswa3)tahapturnamenmembuatsiswamerasabersemangatdanmenikmatijalannyakegiatanpembelajaran4)metodeinimembantugurudalammembuatvariasimetodebelajar.Sedangkanfaktorpenghambatnyaadalah1)metodeinimasihterkesanbarubagigurumatadiklatmanajemenperkantoran2)siswabelumterbiasabelajardenganmenggunakanmetodeTGTsehinggapadasaatpembagiankelompokdanperubahankelompokheterogendiperlukanwaktuyanglama3)metodeinimembutuhkanpengalokasianwaktubelajaryangtidaksedikit4)metodeinimembutuhkanmediabelajaryangcukupbanyakmulaidariLKSbahanajarkartusoalturnamensertamediapenunjanglainnya.MotivasibelajarsiswamengalamipeningkatanbaikdariaspekminatperhatiandanketekunandenganpenerapanmetodepembelajarankooperatifmodelTGT.Persentasekeberhasilanmotivasisiswadariaspekminatmengalamipeningkatansebesar13%darisiklusIkesiklusII.Untukaspekperhatianmengalamipeningkatansebesar13%danaspekketekunanmengalamipeningkatansebebsar23%.Datahasilbelajardiperolehberdasarkan3aspekyaituaspekkognitifaspekafektifdanaspekpsikomotorik.DatahasilbelajarsiswaditinjaudariaspekkognitifpadasiklusInilairata-ratasiswaadalah70danpadasiklusIInilairata-ratasiswaadalah7623.AspekafektifpadasiklusInilairata-ratasiswaadalah7616danpadasiklusIInilairata-ratasiswaadalah7671.AspekpsikomotorikpadasiklusInilairata-ratasiswaadalah6880danpadasiklusIInilairata-ratasiswaadalah8077.Beberapasaranyangdapatpenelitisampaikanyaitu1)guruSMKPGRI2MalangdisarankanmencobamenerapkanpembelajarankooperatifmodelTGTkarenasiswamemberikanresponpositifdapatmenciptakansuasanabelajaryangmenyenangkansertamampumeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa2)Sekolahhendaknyamensosialisasikanberbagaipenerapanmetodepembelajaranyangberorientasipadapendekatankonstruktivismekepadaguru3)Penelitiperlubelajarlebihbanyaktentangpenelitiantindakankelas(PTK)danhasilpenelitianinidijadikansebagaipengalamanuntukpenelitianselanjutnyakarenabanyakaspekyangperludikembangkandandigalilebihmendalam4)Ruanglingkupuntukpenelitianselanjutnyaperludiperluasuntukmendapatkandatayanglebihlengkapdanakuratsertawaktuyangdigunakanuntukpenelitianyangakandatanghendaknyalebihdiperpanjang.