Kesiapan guru program keahlian administrasi perkantoran dalam mengimplementasikan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bisnis dan manajemen se-kota Malang / Yuliana Tri Wulandari
Main Author: | Yuliana Tri Wulandari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/28615/ |
Daftar Isi:
- SeiringdenganperubahankurikulumdibidangpendidikandanperkembangandiberbagaiaspekkehidupansertatingginyatingkatpersaingandisegalabidangmenuntutduniapendidikandiIndonesiauntuklebihmeningkatkankualitaslulusannya.SalahsatuupayayangdilakukanolehpemerintahdalammeresponhaltersebutadalahperbaikandanpergantiankurikulumyaitudariKurikulumBerbasisKompetensi(KBK)digantikandenganKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP).DalammenerapkanKTSPinisangatditentukanolehpemahamandankesiapanparagurusebabtanpaadanyapemahamandankesiapanyangbenardariguruKTSPinitidakmungkinakanberjalandenganbaik.TujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikansosialisasiKTSPpemahamangurutentangKTSPmendeskripsikankesiapangurumatapelajaranprogramkeahlianAdministrasiPerkantorandalammengimplementasikanKTSPdanmendeskripsikanmasalah-masalahyangdihadapiguruprogramkeahlianAdministrasiPerkantorandalammengimplementasikanKTSPdiKotaMalang.PenelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifyangberusahauntukmengungkapsosialisasiKTSPmengungkappemahamanguruprogramkeahlianAdministrasiPerkantorantentangKTSPmengungkapkesiapanguruprogramkeahlianAdministrasiPerkantorandalammengimplementasikanKTSPdanmengungkapmasalah-masalahyangdihadapiguruprogramkeahlianAdministrasiPerkantorandalammengimplementasikanKTSP.PopulasisekaligussampeldaripenelitianiniseluruhguruprogramkeahlianAdministrasiPerkantoranyangtersebardi10SMKNegeridanSwastadiKotaMalangyangberjumlah45orang.Instrumenyangdigunakanadalahangketdanwawancara.Datadianalisisdenganteknikdeskriptif.HasilpenelitianmenunjukkanbahwasosialisasiKTSPbagiguruprogramkeahlianAdministrasiPerkantorandi10SMKNegeridanSwastadiKotaMalangdipersepsikanbaikhalinidisebabkankarenaadanyasosialisasimelaluipemberianinformasisecarapersonalbaikdarikepalasekolahmaupuntemansesamaguru.Kemudiandarikepalasekolahdantemansesamaguruinformasitersebutditeruskankepadaguruyangadadisekolahmasing-masing.LebihjauhmengenaihalinikepalasekolahjugaberupayauntukmengirimkanbeberapaguruuntukmengikutiseminarataulokakaryayangmembahastentangKTSP.SedangkanpemahamanguruprogramkeahlianAdministrasiPerkantorantentangKTSPdipersepsikanbaikhalinidisebabkankarenagurutelahmemperolehinformasitentangKTSPdaribebagaimediadiantaranyabukukoranmajalahtelevisiinternetradiomaupunseminarataulokakaryatentangKTSP.KesiapanguruprogramkeahlianAdministrasiPerkantorandalammengimplementasikanKTSPdipersepsikansiaphalinidisebabkanguru-guruprogramkeahlianAdministrasiPerkantoransudahmempersiapkansecarakonkritperangkatpembelajaransesuaidenganKTSPmeskisebagianguruadayangbelummempersiapkanperangkatpembelajaran.Masalah-masalahyangdihadapiguruprogramkeahlianAdministrasiPerkantoransebagianbesaradalahterbatasnyamediapembelajaran.BerdasarkanhasilpenelitiandisarankankepadainstansiyangterkaitbaikpengembangKTSPditingkatpusat(Depdiknas)danlebihkhususlagiDinasPendidikanKotaMalanguntukmeninjaukembalisosialisasiKTSPyangsudahdilaksanakanbaikdarisegikualitasmaupundarisegikuantitas.SalahsatunyaadalahlebihmenekankansosialisasisecarakhususdankonkritpadaprogramkeahlianAdministrasiPerkantorandiSMKKotaMalang.