Kesiapan guru program keahlian administrasi perkantoran dalam mengimplementasikan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bisnis dan manajemen se-kota Malang / Yuliana Tri Wulandari

Main Author: Yuliana Tri Wulandari
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/28615/
Daftar Isi:
  • SeiringdenganperubahankurikulumdibidangpendidikandanperkembangandiberbagaiaspekkehidupansertatingginyatingkatpersaingandisegalabidangmenuntutduniapendidikandiIndonesiauntuklebihmeningkatkankualitaslulusannya.SalahsatuupayayangdilakukanolehpemerintahdalammeresponhaltersebutadalahperbaikandanpergantiankurikulumyaitudariKurikulumBerbasisKompetensi(KBK)digantikandenganKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP).DalammenerapkanKTSPinisangatditentukanolehpemahamandankesiapanparagurusebabtanpaadanyapemahamandankesiapanyangbenardariguruKTSPinitidakmungkinakanberjalandenganbaik.TujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikansosialisasiKTSPpemahamangurutentangKTSPmendeskripsikankesiapangurumatapelajaranprogramkeahlianAdministrasiPerkantorandalammengimplementasikanKTSPdanmendeskripsikanmasalah-masalahyangdihadapiguruprogramkeahlianAdministrasiPerkantorandalammengimplementasikanKTSPdiKotaMalang.PenelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifyangberusahauntukmengungkapsosialisasiKTSPmengungkappemahamanguruprogramkeahlianAdministrasiPerkantorantentangKTSPmengungkapkesiapanguruprogramkeahlianAdministrasiPerkantorandalammengimplementasikanKTSPdanmengungkapmasalah-masalahyangdihadapiguruprogramkeahlianAdministrasiPerkantorandalammengimplementasikanKTSP.PopulasisekaligussampeldaripenelitianiniseluruhguruprogramkeahlianAdministrasiPerkantoranyangtersebardi10SMKNegeridanSwastadiKotaMalangyangberjumlah45orang.Instrumenyangdigunakanadalahangketdanwawancara.Datadianalisisdenganteknikdeskriptif.HasilpenelitianmenunjukkanbahwasosialisasiKTSPbagiguruprogramkeahlianAdministrasiPerkantorandi10SMKNegeridanSwastadiKotaMalangdipersepsikanbaikhalinidisebabkankarenaadanyasosialisasimelaluipemberianinformasisecarapersonalbaikdarikepalasekolahmaupuntemansesamaguru.Kemudiandarikepalasekolahdantemansesamaguruinformasitersebutditeruskankepadaguruyangadadisekolahmasing-masing.LebihjauhmengenaihalinikepalasekolahjugaberupayauntukmengirimkanbeberapaguruuntukmengikutiseminarataulokakaryayangmembahastentangKTSP.SedangkanpemahamanguruprogramkeahlianAdministrasiPerkantorantentangKTSPdipersepsikanbaikhalinidisebabkankarenagurutelahmemperolehinformasitentangKTSPdaribebagaimediadiantaranyabukukoranmajalahtelevisiinternetradiomaupunseminarataulokakaryatentangKTSP.KesiapanguruprogramkeahlianAdministrasiPerkantorandalammengimplementasikanKTSPdipersepsikansiaphalinidisebabkanguru-guruprogramkeahlianAdministrasiPerkantoransudahmempersiapkansecarakonkritperangkatpembelajaransesuaidenganKTSPmeskisebagianguruadayangbelummempersiapkanperangkatpembelajaran.Masalah-masalahyangdihadapiguruprogramkeahlianAdministrasiPerkantoransebagianbesaradalahterbatasnyamediapembelajaran.BerdasarkanhasilpenelitiandisarankankepadainstansiyangterkaitbaikpengembangKTSPditingkatpusat(Depdiknas)danlebihkhususlagiDinasPendidikanKotaMalanguntukmeninjaukembalisosialisasiKTSPyangsudahdilaksanakanbaikdarisegikualitasmaupundarisegikuantitas.SalahsatunyaadalahlebihmenekankansosialisasisecarakhususdankonkritpadaprogramkeahlianAdministrasiPerkantorandiSMKKotaMalang.