Penerapan perpaduan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Student Facilitator and Explaining untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran menata produk kelas X Program Keahlian Penjualan SMK Negeri 1 Kademangan Blitar / Novita Ra
Main Author: | Novita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/28283/ |
Daftar Isi:
- belajarsiswaditunjukkandenganpeningkatannilairata-ratahasilbelajarsiswabaikpadapretestmaupunposttest.Darihasilpenelitiandiketahuibahwanilairata-ratapretestmeningkatdari6887padasiklusImenjadi6930padasiklusIIdannilairata-rataposttestdari7460padasiklusImeningkatmenjadi7927padasiklusIIjumlahsiswayangtuntasbelajarjugameningkatdari757%(25siswa)padaposttestsiklusImenjadi909%(30siswa)padaposttestsiklusII.BerdasarkanhasilresponsiswamenunjukkanbahwapembelajaranpadaMataPelajaranMenataProdukdenganmenerapkanperpaduanmodelpembelajaranSTADdanStudentFacilitatorandExplainingmembuathasilpembelajaranlebihbermaknabagisiswapembelajaranlebihberpusatpadasiswadandapatmeningkatkankeaktifansiswaselamakegiatanpembelajaran.Berdasarkanhasilpenelitianinidapatditarikkesimpulanbahwa(1)penerapanperpaduanmodelpembelajaranSTADdanStudentFacilitatorandExplainingpadaMataPelajaranMenataProdukkelasXProgramKeahlianPenjualanSMKNegeri1Kademanganmeliputibeberapaaktivitasyaitua)penyajianmateridankompetensiyangingindicapaib)membentukkelompokc)belajardalamkelompokd)modelpembelajaranStudentFacilitatorandExplaininge)tesakhir(2)penerapanmodelpembelajaraninidapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa(3)responsiswaterhadappembelajaraninijugasangatpositif(4)hambatan-hambatanyangdihadapipenelitiantaralainterbatasnyaliteraturyangdimilikisiswakurangnyarasapercayadirisiswasertamasihadasiswayangmenganggapremehpenelitisehinggasiswaseringmelakukankegiatanyangmengganggupelajaran.Berdasarkanhasilpenelitiansaranyangdiajukanadalah(1)perpaduanmodelpembelajaranSTADdanStudentFacilitatorandExplainingtelahterbuktidapatmeningkatkanhasilbelajarsiswasehinggabagiguruMataPelajaranMenataProdukdanguruMataPelajaranlainnyadapatmenerapkanperpaduanmodelpembelajaraninisebagaialternatifmodelpembelajaranuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa(2)guruhendaknyalebihmemotivasisiswadalamkegiatanbelajarmengajarsehinggadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa(3)kepadapenelitiselanjutnyadapatmelakukanpenelitianpadakompetensidasaryanglaingunamengetahuikeberhasilanpenerapanperpaduanmodelpembelajaranSTADdanStudentFacilitatorandExplainingdalammeningkatkanhasilbelajar.BerdasarkanhasilwawancaradiketahuibahwapembelajaranyangditerapkandiSMKNegeri1KademanganBlitarmenunjukkanpembelajaranpadaMataPelajaranMenataProdukmasihcenderunggurusebagaipusatpembelajaran(teachercentered).Pembelajaranyangdilakukanmasihmenggunakanmetodeceramahdiskusitanyajawabpemberiantugasdanpraktekgurubelumpernahmenggunakanmodelpembelajaranyangdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.SalahsatuusahapemerintahuntukmeningkatkanmutupendidikanadalahdenganmenetapkankurikulumbaruyaituKurikulumTingkatSatuanPendidikanyanglebihdikenaldengansebutanKTSP.KTSPmerupakanupayauntukmenyempurnakankurikulumagarlebihfamiliardengangurukarenagurubanyakdilibatkansehinggadiharapkanmemilikitanggungjawabyangmemadai.SalahsatumodelpembelajaranyangsesuaidengankurikulumyangdisempurnakanadalahmodelpembelajaranyangmengarahpadasiswauntuklebihaktifinteraktifdanmenyenangkanuntukmenemukansendiripengetahuandanketerampilansertasikapmelaluiberbagaiaktivitasbelajardidalamprosespembelajaranmisalnyamodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)danStudentFacilitatorandExplaining.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipenerapanperpaduanmodelpembelajaranSTADdanStudentFacilitatorandExplaininguntukmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasXPenjualanpadaMataPelajaranMenataProdukdiSMKNegeri1KademanganBlitar.JenispenelitianiniyaituPenelitianTindakanKelasyangterdiridari2siklustiapsiklusdilaksanakan2kalipertemuan.Tahap-tahapPenelitianTindakanKelasterdiridariempatlangkahyaituperencanaantindakanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksihasiltindakan.SubyekpenelitianadalahsiswakelasXProgramKeahlianPenjualanpadaMataPelajaranMenataProdukdiSMKNegeri1KademanganBlitaryangberjumlah40siswayangterdiridari36siswaperempuandan4siswalaki-laki.Pendekatanpenelitianyangdigunakanadalahkualitatifdandatadianalisissecaradeskriptif.Dalampenelitianinimetodepengumpulandatamelaluiobservasiwawancaradokumentasitesdanangket.BerdasarkanhasilpenelitiandiketahuibahwapenerapanperpaduanmodelpembelajaranSTADdanStudentFacilitatorandExplainingdapatmeningkatkanhasilbelajarMataPelajaranMenataProduksiswakelasXProgramKeahlianPenjualandiSMKNegeri1KademanganBlitar.Peningkatanhasil