Pengembangan e-module berbasis aplikasi 3D page flip professional pada mata pelajaran marketing kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Ponorogo / Akmalul Marfuah
Main Author: | Marfuah, Akmalul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/28154/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKMarfuahAkmalul2019.PengembanganE-ModuleBerbasisAplikasi3DPageFlipProfessionalPadaMataPelajaranMarketingKelasXBisnisDaringdanPemasaranSMKNegeri1Ponorogo.Skripsi.JurusanManajamenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingRachmadHidayatS.Pd.MPd.KataKunciE-ModuleMarketing3DPageFlipProfessionalPenelitianpengembanganE-ModuleMarketingdenganmemanfaatkanaplikasi3DPageFlipProfessionaldilatarbelakangiolehbelumtersedianyaE-Moduleyangsesuaidengankurikulum2013danperkembanganIPTEKpadamatapelajaranmarketingdiSMKNegeri1Ponorogo.Tujuandaripenelitiandanpengembanganiniadalah1)MenghasilkanE-Moduleberbasisaplikasi3DPageFlipProfessionalpadamatapelajaranmarketinguntuksiswakelasXBisnisDaringdanPemasarandiSMKNegeri1Ponorogo2)MengetahuikelayakanE-ModuleMarketingdan3)Mengetahuibagaimanatanggpansiswadangurumengenaiprodukyangtelahdikembangkan.MetodePenelitiandanpengembanganyangdigunakandalampenelitianinimenggunakandesainpenelitianADDIEyangdikembangkanolehDickandCarey(1996)danterdiridarilimatahapyakni1)Analysis2)Design3)Development4)Implementationdan5)Evaluation.Tahapanalysisdilakukanmelalui(1)Observasilapanganpadakurikulummatapelajarangurudansiswa.(2)Studiliteraturemelaluipenelitiansebelumnyayangrelevan(3)Analisisdansolusidimanamenawarkanalternatifpemcahanmasalah.2)TahapDesigndilakukandengancaramenyusunrancanganpengembanganproduk.3)TahapDevelopmentdilakukanmelaluipembuatanproduksesuaidenganrancangandanujivaliditasprodukolehahlibesertaperbaikannya.4)TahapImplementationdilakukandengancaramengujicobaprodukyangtelahdibuatdandirevisisebelumnyakepadasiswayangdijadikansubjekujicobayaitusiswakelasXBisnisDaringdanPemasaran1diSMKNegeri1Ponorogo.5)TahapEvaluationdilakukanuntukmengetahuihasilpenlitiandanresponterhadapprodukyangtelahdikembangkan.HasilujivaliditasolehahlimenunjukkantingkatvaliditasmateridalamE-Moduleyangdikembangkansebesar99310%dantingkatvaliditasmediamenunjukkan98823%.Sedangkanujivaliditasmateriolehgurumatapelajaranmarketingmenunjukkantingkatvaliditassebesar97971%hasilpenelitianyangdilakukankepadasiswadengancaraujicobaprodukkepenggunamenujukkanhasil93188%.Produkyangtelahdikembangkanmenujukkanhasilrata-rata97313%.Sehinggadapatdisimpulkanbahwamediayangdikembangkanlayakdandapatdigunakandalampembelajaran.RespondaripenggunasangatbaikdanmendapatkanresponyangpositifyaituE-Modulesangatbagusdanmenarikkarenadilengkapidengangambarvideodanadanyahyperlinkdalamdaftarisi.SarandaripenggunayaitudenganmenambahkanvideodalamE-Module.