Pengembangan e-module berbasis aplikasi 3D page flip professional pada mata pelajaran marketing kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Ponorogo / Akmalul Marfuah

Main Author: Marfuah, Akmalul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/28154/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKMarfuahAkmalul2019.PengembanganE-ModuleBerbasisAplikasi3DPageFlipProfessionalPadaMataPelajaranMarketingKelasXBisnisDaringdanPemasaranSMKNegeri1Ponorogo.Skripsi.JurusanManajamenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingRachmadHidayatS.Pd.MPd.KataKunciE-ModuleMarketing3DPageFlipProfessionalPenelitianpengembanganE-ModuleMarketingdenganmemanfaatkanaplikasi3DPageFlipProfessionaldilatarbelakangiolehbelumtersedianyaE-Moduleyangsesuaidengankurikulum2013danperkembanganIPTEKpadamatapelajaranmarketingdiSMKNegeri1Ponorogo.Tujuandaripenelitiandanpengembanganiniadalah1)MenghasilkanE-Moduleberbasisaplikasi3DPageFlipProfessionalpadamatapelajaranmarketinguntuksiswakelasXBisnisDaringdanPemasarandiSMKNegeri1Ponorogo2)MengetahuikelayakanE-ModuleMarketingdan3)Mengetahuibagaimanatanggpansiswadangurumengenaiprodukyangtelahdikembangkan.MetodePenelitiandanpengembanganyangdigunakandalampenelitianinimenggunakandesainpenelitianADDIEyangdikembangkanolehDickandCarey(1996)danterdiridarilimatahapyakni1)Analysis2)Design3)Development4)Implementationdan5)Evaluation.Tahapanalysisdilakukanmelalui(1)Observasilapanganpadakurikulummatapelajarangurudansiswa.(2)Studiliteraturemelaluipenelitiansebelumnyayangrelevan(3)Analisisdansolusidimanamenawarkanalternatifpemcahanmasalah.2)TahapDesigndilakukandengancaramenyusunrancanganpengembanganproduk.3)TahapDevelopmentdilakukanmelaluipembuatanproduksesuaidenganrancangandanujivaliditasprodukolehahlibesertaperbaikannya.4)TahapImplementationdilakukandengancaramengujicobaprodukyangtelahdibuatdandirevisisebelumnyakepadasiswayangdijadikansubjekujicobayaitusiswakelasXBisnisDaringdanPemasaran1diSMKNegeri1Ponorogo.5)TahapEvaluationdilakukanuntukmengetahuihasilpenlitiandanresponterhadapprodukyangtelahdikembangkan.HasilujivaliditasolehahlimenunjukkantingkatvaliditasmateridalamE-Moduleyangdikembangkansebesar99310%dantingkatvaliditasmediamenunjukkan98823%.Sedangkanujivaliditasmateriolehgurumatapelajaranmarketingmenunjukkantingkatvaliditassebesar97971%hasilpenelitianyangdilakukankepadasiswadengancaraujicobaprodukkepenggunamenujukkanhasil93188%.Produkyangtelahdikembangkanmenujukkanhasilrata-rata97313%.Sehinggadapatdisimpulkanbahwamediayangdikembangkanlayakdandapatdigunakandalampembelajaran.RespondaripenggunasangatbaikdanmendapatkanresponyangpositifyaituE-Modulesangatbagusdanmenarikkarenadilengkapidengangambarvideodanadanyahyperlinkdalamdaftarisi.SarandaripenggunayaitudenganmenambahkanvideodalamE-Module.