Analisis sistem full day school pada aspek kegiatan pembelajaran (studi pada siswa Program Keahlian Pemasaran SMK Islam Batu) / Reny Hariyati
Main Author: | Hariyati, Reny |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/28153/ |
Daftar Isi:
- iRINGKASANHariyatiR.2019.AnalisisSistemFullDaySchoolPadaAspekKegiatanPembelajaran(StudiPadaSiswaProgramKeahlianPemasaranSMKIslamBatu).Skripsi.JurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.Hj.SuwarniM.Si.KataKuncifulldayschoolkegiatanpembelajaranDalampelaksanaannyasistemfulldayschoolterdiridarikegiatanpembelajarankokurikulerintrakurikulerdanekstrakurikulerdalamsehari.Beberapasekolahdalampelaksanaansistemfulldayschoolmelebihi8jamdalamsehariuntukmemenuhiketentuantersebut.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipelaksanaandandampaksistemfulldayschoolpadaaspekkegiatanpembelajarandiSMKIslamBatu.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiankualitatifdenganjenispenelitianstudikasus.Informandalampenelitianiniterdiridari10informanyaituwakakurikulumwakakesiswaanwakasaranadanprasaranaguruproduktifpemasaranguruadaptifgurunormatif4siswaProgramKeahlianPemasaranSMKIslamBatu.Pengumpulandatadilakukandenganwawancaraobservasidandokumentasi.Pengecekankeabsahandatadilakukandengantriangulasisumberdanteknik.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapelaksanaansistemfulldayschooldiSMKIslamBatuterdiridari1)kegiatankokurikulerupacarayasinanistighosahpraktikdiBankMinidanpraktikdiUPJ.2)kegiatanintrakurikulerdenganmenerapkankurikulum2013revisialokasiwaktu1jam45menitmenggunakanmetodeceramahdiskusidanpenugasan.Gurubelummenggunakanmetodepembelajaranyangbervariasidanmenyenangkan.3)kegiatanekstrakurikulerberupaekstrakurikulerwajibdanekstrakurikulerpilihan.4)Jadwalkegiatanpembelajaranberlangsung12jamdalamseharimencakupkegiatankokurikulerintrakurikulerdanekstrakurikulerbelumsesuaidenganketentuan8jamharisekolaholehPermendikbud.5)Fasilitastelahmemadainamunpengelolaannyabelummaksimal.6)Penunjangpelaksanaansistemfulldayschoolyaitufasilitasyangmemadaiguruyangaktifterlibatdalamseluruhkegiatanpembelajarandanadanyapihakluaryangbekerjasama.7)Penghambatpelaksanaansistemfulldayschoolyaitukondisisiswapenggunaandanpengelolaanfasilitasyangkurangmaksimalwaktuyangpadatdanguruyangkurangbervariasidalammenerapkanmetodepembelajaran.Dampaksistemfulldayschoolpadaaspekkegiatanpembelajaranterdiridari1)dampakbagipelaksanaankegiatankokurikulerintrakurikulerdanekstrakurikuleryaitubeberapakegiatanmengalamiperubahanjadwalpelaksanaan.2)Dampakpositifbagifasilitasyaituadanyaperbaikandanpembangunanuntukmelengkapifasilitassedangkandampaknegatifnyapengelolaanfasilitassesuaifungsinyakurangmaksimal.3)Dampakpositifbagiaktivitasbelajarsiswameningkatnyaaktivitasreligiussiswadisekolahsiswalebihbanyakdiskusipengerjaantugasdanpraktiksedangkandampaknegatifnyayaituberkurangnyaaktivitasbelajarsiswadirumahaktivitasbelajardisekolahsemakinpadatsehinggasiswamudahjenuhdanbosan.iiPenelitianinimemilikisaran1)pihaksekolahdisarankandapatmenggunakanpenelitianiniuntukmengetahuipelaksanaansistemfulldayschoolpadaaspekkegiatanpembelajarankokurikulerintrakurikulerdanekstrakurikuleryangsesuaidenganPeraturanMenteriPendidikandanKebudayaanNomor23Tahun2017tentangHariSekolah.Pihaksekolahjugadisarankanuntukmelakukanpengelolaanyangbaikterhadapfasilitassehinggadapatdigunakandenganbaiksesuaidenganfungsinya.2)gurudisarankanagarmelaksanakankegiatanpembelajaranintrakurikulerdenganmenggunakanmetodepembelajaranyangbervariasidanmenyenangkanuntukmengurangikejenuhanbelajarsiswa.3)penelitilainagardapatmengembangkanpenelitianmengenaisistemfulldayschoolpadaaspekyangberbeda.