Pengaruh locus of control, self confidence, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar (swtudi pada siswa kelas II Bisnis Daring dan Pemasaran pada mata pelajaran perencanaan bisnis di SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang) / Angli Minarti Panggabean
Main Author: | Panggabean, Angli Minarti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/28151/ |
Daftar Isi:
- iRINGKASANPanggabeanA.P.PengaruhLocusOfControlSelfConfidencedanMotivasiBelajarterhadapHasilBelajar(StudipadaSiswaKelasXBisnisDaringdanPemasaranpadaMataPelajaranPerencanaanBisnisdiSMKNegeri1TurenKabupatenMalang).SkripsiProgramStudiPendidikanTataNiagaJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangPembimbingDrs.H.GatotIsnaniM.Si.KataKuncilocusofcontrolselfconfidencemotivasibelajarhasilbelajarPendidikanadalahhalyangdibutuhkanolehsetiapindividudanmerupakanaspekyangpentingbagisemuanegaratanpaterkecualinegaraIndonesia.ProsesbelajarmengajaradalahkegiatanutamadalamduniaPendidikan.Berhasiltidaknyapencapaiantujuanpendidikanbanyakbergantungpadaprosesbelajaryangdialamiolehsiswasebagaianakdidik.Untukmelihatpencapaiansiswapadaprosesbelajardapatdilihatdarihasilbelajarsiswa.Hasilbelajarsiswainidipengaruhiolehbeberapafaktormisalnyavariabellocusofcontroldansebagainya.Adanyavariabellocusofcontroldapatmendorongsiswauntukberusahamendapatkanhasilbelajarkarenayakinpadakemampuannya.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)variabellocusofcontrolvariabelselfconfidencevariabelmotivasibelajardanvariabelhasilbelajar(2)pengaruhvariabellocusofcontrolterhadapvariabelhasilbelajar(3)pengaruhvariabelselfconfidenceterrhadapvariabelhasilbelajar(4)pengaruhvariabelmotivasibelajarterhadapvariabelhasilbelajar.Penelitianinimerupakanpenelitianexplanatoryresearchyaitumendeskripsikansuatuvariabeldanmenjelaskanpengaruhhubunganvariabelbebasdanvariabelterikat.Variabelbebasdalampenelitianiniadalahvariabellocusofcontrol(X1)variabelselfconfidence(X2)danvariabelmotivasibelajar(X3)denganvariabelterikatyaituvariabelhasilbelajar(Y).PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasXBisnisDaringdanPemasaranSMKNegeri1TurenKabupatenMalangyangberjumlah107siswa.BerdasarkanrumusSlovindiperolehsampelsebanyak85siswadenganmenggunakanteknikproportionalrandomsampling.SkalayangdigunakanadalahskalaLikertdengandenganlimaskaladimulaidariopsisangatsetujusetujucukupsetujutidaksetujudansangattidaksetuju.JenisdatadalampenelitianiniadalahdataordinalyangdiubahmenjadidataintervalmelaluiMSI(MethodofSuccessiveInterval).SumberdataberasaldaridataprimerdansekunderdataprimerberasaldarirespondendandatasekunderdiperolehdariTUdanWaka.Teknikpengumpulandatamenggunakanmetodekuesionerdandokumentasi.Metodedokumentasidigunakanuntukmemperolehdatamengenaigambaranumumjumlahpesertadidikdanhasilbelajarberupanilairaporsemestergasaltahun2018/2019.Dalampenelitianinimenggunakantigaujiasumsiklasikyaitu(1)ujinormalitas(2)ujimultikolinearitas(3)ujiheteroskedastisitas.Hasilanalisisdeskriptifmenunjukkanbahwa(1)variabellocusofcontroldalamklasifikasicukuptinggi(2)variabelselfconfidencedalamklasifikasicukuptinggi(3)variabelmotivasibelajardalamklasifikasicukuptinggi(4)variabelhasilbelajarsiswamenunjukkanklasifikasicukup.Hasilujiasumsiklasikyaitu(1)ujinormalitasmenunjukkanbahwamodelregresimemenuhiasumsinormalitas(2)ujimultikolinearitasmenunjukkanbahwamodelregresiiitidakterjadigejalamultikolinearitas(3)ujiheteroskedastisitasmenunjukkanbahwamodelregresitidakterjadiheteroskedastisitas.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)tidakadapengaruhpositifdansignifikanantaravariabellocusofcontrolterhadapvariabelhasilbelajar(2)tidakadapengaruhpositifdansignifikanantaravariabelselfconfidenceterhadapvariabelhasilbelajar(3)tidakadapengaruhpositifdansignifikanantaravariabelmotivasibelajarterhadapvariabelhasilbelajar.NilaiAdjustedRSquare-0031hasilbernilainegatifyangberartivariabellocusofcontrolvariabelselfconfidencedanvariabelmotivasibelajartidakmempengaruhivariabelhasilbelajar.Hasilbelajardidugadipengaruhiolehvariabellainyangtidakdijelaskandalampenelitianinisepertifaktorlingkungansekolahkebiasaanbelajarkemandirianbelajarbakatminattemanbergaulmotedemengajargurulingkungankeluargadanlingkunganmasyarakat.Penelitimenyarankan(1)Kepalasekolahdiharapkanuntukmembuatkegiatanyangdapatmeningkatkankepercayaandiripengendaliandiridanmotivasibelajarsiswadimanapadakoesionerterbukasebagianbesarrespondenmenjawabbahwakepercayaandirimerekakurangyangditandaidengantidakberanitampildidepankelasmengungkapkanpendapatdantidakyakinakankemampuandiri(2)Gurudiharapakanlebihseringmemberikanstimulusuntuksiswaselamaprosesbelajarmengajar.Stimulustersebutdapatberupakegiatanagarpesertadidikdapatmeningkatkankepercayaandirimerekadankeyakinanakankemampuannyasertamemberikandoronganmotivasiagarsiswabenar-benarmenyadariakanpentingnyabelajardenganmemberikanpujianjikasiswamengikutipelajarandenganbaikdimanapadakuesionertertutupsebagianbesarrespondenmenjawabbahwamerekatidaksetujujikagurumemberikanpujianpadasaatmerekamengikutipelajarandenganbaik(3)Siswadiharapkanmelakukankegiatanbelajarsecararutinmempersiapkandirijauh-jauhharitidakhanyaketikaakanmenghadapiulangandenganpenguasaanmateriyangmatangmakaakanmemberikanrasapercayadiripadadirisiswa.Selainitusiswadiharapkanagartidakmalubertanyabaikkepadagurumaupuntemanketikamenghadapikesulitandalammemahamimaterimaupunmengerjakansoal(4)Penelitiselanjutnyadiharapkandapatmelakukanpenelitianyanglebihlanjutterkaitvariabellainyangdapatmempengaruhivariabelhasilpelajarsiswaselaindarivariabellocusofcontrolvariabelselfconfidencedanvariabelmotivasibelajarmisalnyalingkungansekolahkebiasaanbelajarkemandirianbelajarbakatminattemanbergaulmotedemengajargurulingkungankeluargadanlingkunganmasyarakat.