Pengembangan instrumen penilaian autentik psikomotor berbasis proyek pada mata pelajaran marketing kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 1 Ponorogo / Dina Dwi Kusuma
Main Author: | Kusuma, Dina Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/28145/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKKusumaDinaDwi.2019.PengembanganInstrumenPenilaianAutentikPsikomotorBerbasisProyekPadaMataPelajaranMarketingkelasXBisnisDaringdanPemasarandiSMKNegeri1Ponorogo.SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.WeningPatmiRahayuS.Pd.M.MKataKunciPenilaianAutentikPsikomotorProyekMarketingPenilaianAutentikPsikomotoradalahpenilaianyangdilakukansecaranyatamulaidarimasukanprosesdankeluarandenganmenggunakanberbagaimacamteknikdaninstrumenpenilaianyangpencapaianhasilbelajarnyaberbentukketerampilan.Penilaianiniberbentuklembarkerjaproyekyangdikerjakansecaraindividumaupunkelompokdenganwaktuyangtelahditentukan.LembarkerjayangdiberikankepadasiswameliputiLembarKerja1MembuatSketsaDesainMerekLembarKerja2MerancangStrategiPenentuanMerekLembarKerja3MerancangStrategiPerluasanMerekLembarKerja4MembuatSketsaDesainPromosiProdukLembarKerja5MerancangStrategiPromosiProdukdanLembarKerja6MempromosikanProduk.TujuanpenelitianiniadalahmenghasilkanprodukberupainstrumenpenilaianautentikpsikomotorberbasisproyekyangvaliddanlayakuntukpanduanpenilaianpsikomotorpadaMataPelajaranMarketingkompetensidasar4.9membuatmerekdan4.10melakukanpromosiprodukkelasXBisnisDaringdanPemasarandiSMKNegeri1Ponorogo.Harapannyadenganadanyainstrumenpenilaianinigurudapatmelakukanpenilaianaspekpsikomotorsecaraobjektifsesuaikemampuansiswa.Penelitianinimenggunakantujuhtahapanyaitu(1)studipendahuluan(2)perencanaan(3)pengembangandrafproduk(4)validasi(5)revisiawal(6)ujicobaterbatas(7)revisihasilujicoba.Produkhasilpengembanganinidiujicobamelaluivalidasidanujicobaterbatas.Validasidilakukanoleh2dosendariJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangdan1guruMataPelajaranMarketingdariSMKNegeri1Ponorogo.Subjekujicobaterbatasdalampenelitianiniadalah12siswakelasXBisnisDaringdanPemasaranserta1guruproduktifBisnisDaringdanPemasaranpadaMataPelajaranMarketingkompetensidasar4.9membuatmerekdan4.10melakukanpromosiproduk.Instrumenpengumpulandatayangdigunakanadalahangket.Jenisdatayangdigunakanadalahdatakuantitatifdandatakualitatif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwavalidasipenilaianolehdosenpadainstrumenpenilaianmemperolehhasilperhitungannilaipersentaserata-rata8533%dinyatakansangatlayak.Validasilembarkerjaolehdosenpadainstrumenpenilaianmemperolehhasilperhitungannilaipersentaserata-rata90%dinyatakansangatlayak.Sedangkanvalidasimateriolehdosendangurumemperolehhasilperhitungannilaipersentaserata-rata9734%dinyatakansangatlayak.Hasilujiketerbacaanterhadapinstrumenpenilaianolehsiswamemperolehhasilperhitungannilaipersentaserata-rata9067%dinyatakansangatlayak.Hasilresponguruterhadapinstrumenpenilaianmemperolehhasilperhitungannilaiiipersentaserata-rata90%dinyatakansangatlayak.BerdasarkanhasilvalidasidanujicobaterbatasmenunjukkanbahwainstrumenpenilaianyangdikembangkansangatvaliddansangatlayaksehinggadapatdigunakansebagaipanduanpenilaianaspekpsikomotorolehgurupadaMataPelajaranMarketingkompetensidasar4.9membuatmerekdan4.10melakukanpromosiproduk.Saranpengembanganprodukpadapenelitianselanjutnyapadainstrumenpenilaianhasilpengembanganyaitu(1)perludilakukanujicobadenganmelihatkeefektifanprodukyangdikembangkandengancaramembandingkanhasilpenilaiandenganmenggunakanprodukdanhasilpenilaianyangtidakmenggunakanproduk(2)perludilakukanpenelitiansampaipadatahapdiseminasikepadasiswadantahapimplementasiprodukkarenalembarkerjasangatmembantusiswadalammencapaiankompetensidangurusangatterbantudalammelakukanpenilaian(3)instrumenpenilaianyangdikembangkanbisamenambahkanaspekkognitifuntukmeningkatkanpengetahuansiswasehinggatidakhanyaaspekpsikomotorsaja(4)perlupenambahankompetensidasarsehinggainstrumenpenilaianyangdihasilkantidakterbataspadakompetensidasar4.9membuatmerekdan4.10melakukanpromosiproduk(5)perlubekerjasamadenganGuruMataPelajaranProdukKreatifdanKewirausahaandalammenentukanprodukyangakandibuatmereknyasehinggasiswabenar-benarmembuatmerekbaruyangsesuaidengankarakteristikprodukbaruyangdihasilkanpadamatapelajarantersebut.