Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan Authoring Tool Lectora Inspire pada kompetensi dasar menerapkan Komunikasi Bisnis dalam bahasa Inggris untuk siswa kelas X Bisnis daring dan Pemasaran SMKN 1 Turen / Oki Pramono Wibowo

Main Author: Wibowo, Oki Pramono
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/28132/
Daftar Isi:
  • WibowoOkiPramono.2018PengembanganMediaPembelajaranBerbasisMultimediaInteraktifMenggunakanAuthoringToolLectoraInspirePadaKompetensiDasarMenerapkanKomunikasiBisnisdalamBahasaInggrisuntukSiswaKelasXBisnisDaringdanPemasaranSMKNegeri1Turen.Skripsi.JurusanManajemenProgramPendidikanTataNiagaFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.DjokoDwiKusumojantoM.Si.KataKuncimediapembelajaranmultimediainteraktiflectorainspirekomunikasibisnisPenggunaanteknologimultimediasebagaimediapembelajaranmerupakanalternatifyangtepatkarenadapatmengintegrasikanseluruhmediayangdiperlukandalampembelajaran.Prosesbelajarbisaterjadikarenaadanyainteraksiseseorangdengansumberbelajarnyadimanasumberbelajartidakhanyamanusiamelainkanbisadenganbendaataumedia.Sehinggadiperlukannyaperangkatmediapembelajaranyangmemanfaatkanteknologimultimediadidalamnya.Salahsatusolusiyangtepatadalahpengembanganmediapembelajarandenganbasismultimediainteraktif.Adanyamultimedainteraktifberperanaktifdalammembantusiswamempelajarimateritanpaharusbanyakmelihatbukusertajugadapatmembantusiswauntukmelakukanprosesbelajarsecaramandiri.SehinggapenelitimemilihsoftwareLectoraInspiresebagaiprogramuntukmengembangkanmediapembelajaranberbasismultimediainteraktifuntukmendukungpembelajaransiswadidalamkelasmaupunsecaramandiridenganpemanfaatantekonologimultimedia.Tujuandaripenelitianiniadalah(1)MengembangkanmediapembelajaranberbasisMultimediaInteraktifmenggunakanAuthoringToolLectorapadaKompetensiDasarMenerapkanKomunikasiBisnisdalamBahasaInggris.(2)MenghasilkanprodukmediapembelajaranyangmenarikdanlayakpadaKompetensiDasarMenerapkanKomunikasiBisnisdalamBahasaInggris.(3)MengetahuiresponsiswaterhadapmediapembelajaranyangdibuatmenggunakansoftwareAuthoringToolLectoraInspirepadaKompetensiDasarMenerapkanKomunikasiBisnisdalamBahasaInggrisProseduryangdigunakandalampenelitianpengembanganiniadalahmetodedariBorgandGall(1983)yangdalamimplementasinyadisederhanakandandisesuaikandenganketerbatasanwaktudankebutuhanpenelitimenjadi8tahapyangdianggaptelahmewakili10tahapandarimetodeBorgandGallyaitu(1)penelitiandanpengumpulaninformasi(2)perencanaan(3)pengembanganproduk(4)validasiahli(5)revisiproduk1(6)ujicobalapangan(7)revisiproduk2(8)hasilprodukakhir.Berdasarkanpenilaianskoryangdiberikanolehvalidatorahlimediapadakeseluruhanaspekpadamediayangdikembangkanmendapattotalskor111denganperolehanpersentasesebesar965%.PenilaianskorperbutirangketvalidasidariahlimateriIdanIIpadakeseluruhanaspekmateripadamediapembelajaranyangdikembangkanmendapattotalskor117dan101.Apabiladihitungdalampersentasemakaskornyaadalah936%dan808%.iiDatahasilpenilaiandarimasing-masingvalidatortersebutdilakukanperhitunganvaliditasgabungandanmendapatkantotalpersentasesebesar918%.Berdasarkanresponyangdiberikanolehpengguna/siswadalamujicobalapanganmediapembelajaranyangdikembangkanmendapattotalskor2978denganperolehanpersentasesebesar9024%.Sehinggadapatdisimpulkanbahwamediayangdikembangkanmendapatresponsangatbaikolehsiswa.SaranyangdiberikanberkaitandenganpemanfaatanprodukmediapembelajaranberbasisMultimediaInteraktifpadaKompetensiDasarMenerapkanKomunikasiBisnisdalamBahasaInggris.(1)PenggunabaiksiswamaupungurudisarankanuntukmembacabukupetunjukpenggunaanterlebihdahuluagarmembukapandangandanwawasanawalmengenaisoftwareLectorasertalebihmemudahkansaatmengoperasikanmedia(2)Materiyangdisajikandalammediamerupakanmateriyangdiambildaribukupedomanguruyangdigunakanpadapembelajaranuntukitugurudapatmemberikantambahanmateriagarsiswajugamenerimamateriyanglebihupdatetidaksebatasmateriyangadadalammediapembelajarantersebut(3)Gurudapatmenggantiataumenambahvariasisoallatihanyangterdapatdalammediasesuaidengankebutuhanpembelajaran(4)PenggunaanprodukmediapembelajarandisekolahlainselainSMKN1Turenperludiperhatikanmasalahsaranadanprasaranayangadapadasekolahtersebutsertafasilitasyangdimilikiolehsiswa.