Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan Authoring Tool Lectora Inspire pada kompetensi dasar menerapkan Komunikasi Bisnis dalam bahasa Inggris untuk siswa kelas X Bisnis daring dan Pemasaran SMKN 1 Turen / Oki Pramono Wibowo
Main Author: | Wibowo, Oki Pramono |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/28132/ |
Daftar Isi:
- WibowoOkiPramono.2018PengembanganMediaPembelajaranBerbasisMultimediaInteraktifMenggunakanAuthoringToolLectoraInspirePadaKompetensiDasarMenerapkanKomunikasiBisnisdalamBahasaInggrisuntukSiswaKelasXBisnisDaringdanPemasaranSMKNegeri1Turen.Skripsi.JurusanManajemenProgramPendidikanTataNiagaFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.DjokoDwiKusumojantoM.Si.KataKuncimediapembelajaranmultimediainteraktiflectorainspirekomunikasibisnisPenggunaanteknologimultimediasebagaimediapembelajaranmerupakanalternatifyangtepatkarenadapatmengintegrasikanseluruhmediayangdiperlukandalampembelajaran.Prosesbelajarbisaterjadikarenaadanyainteraksiseseorangdengansumberbelajarnyadimanasumberbelajartidakhanyamanusiamelainkanbisadenganbendaataumedia.Sehinggadiperlukannyaperangkatmediapembelajaranyangmemanfaatkanteknologimultimediadidalamnya.Salahsatusolusiyangtepatadalahpengembanganmediapembelajarandenganbasismultimediainteraktif.Adanyamultimedainteraktifberperanaktifdalammembantusiswamempelajarimateritanpaharusbanyakmelihatbukusertajugadapatmembantusiswauntukmelakukanprosesbelajarsecaramandiri.SehinggapenelitimemilihsoftwareLectoraInspiresebagaiprogramuntukmengembangkanmediapembelajaranberbasismultimediainteraktifuntukmendukungpembelajaransiswadidalamkelasmaupunsecaramandiridenganpemanfaatantekonologimultimedia.Tujuandaripenelitianiniadalah(1)MengembangkanmediapembelajaranberbasisMultimediaInteraktifmenggunakanAuthoringToolLectorapadaKompetensiDasarMenerapkanKomunikasiBisnisdalamBahasaInggris.(2)MenghasilkanprodukmediapembelajaranyangmenarikdanlayakpadaKompetensiDasarMenerapkanKomunikasiBisnisdalamBahasaInggris.(3)MengetahuiresponsiswaterhadapmediapembelajaranyangdibuatmenggunakansoftwareAuthoringToolLectoraInspirepadaKompetensiDasarMenerapkanKomunikasiBisnisdalamBahasaInggrisProseduryangdigunakandalampenelitianpengembanganiniadalahmetodedariBorgandGall(1983)yangdalamimplementasinyadisederhanakandandisesuaikandenganketerbatasanwaktudankebutuhanpenelitimenjadi8tahapyangdianggaptelahmewakili10tahapandarimetodeBorgandGallyaitu(1)penelitiandanpengumpulaninformasi(2)perencanaan(3)pengembanganproduk(4)validasiahli(5)revisiproduk1(6)ujicobalapangan(7)revisiproduk2(8)hasilprodukakhir.Berdasarkanpenilaianskoryangdiberikanolehvalidatorahlimediapadakeseluruhanaspekpadamediayangdikembangkanmendapattotalskor111denganperolehanpersentasesebesar965%.PenilaianskorperbutirangketvalidasidariahlimateriIdanIIpadakeseluruhanaspekmateripadamediapembelajaranyangdikembangkanmendapattotalskor117dan101.Apabiladihitungdalampersentasemakaskornyaadalah936%dan808%.iiDatahasilpenilaiandarimasing-masingvalidatortersebutdilakukanperhitunganvaliditasgabungandanmendapatkantotalpersentasesebesar918%.Berdasarkanresponyangdiberikanolehpengguna/siswadalamujicobalapanganmediapembelajaranyangdikembangkanmendapattotalskor2978denganperolehanpersentasesebesar9024%.Sehinggadapatdisimpulkanbahwamediayangdikembangkanmendapatresponsangatbaikolehsiswa.SaranyangdiberikanberkaitandenganpemanfaatanprodukmediapembelajaranberbasisMultimediaInteraktifpadaKompetensiDasarMenerapkanKomunikasiBisnisdalamBahasaInggris.(1)PenggunabaiksiswamaupungurudisarankanuntukmembacabukupetunjukpenggunaanterlebihdahuluagarmembukapandangandanwawasanawalmengenaisoftwareLectorasertalebihmemudahkansaatmengoperasikanmedia(2)Materiyangdisajikandalammediamerupakanmateriyangdiambildaribukupedomanguruyangdigunakanpadapembelajaranuntukitugurudapatmemberikantambahanmateriagarsiswajugamenerimamateriyanglebihupdatetidaksebatasmateriyangadadalammediapembelajarantersebut(3)Gurudapatmenggantiataumenambahvariasisoallatihanyangterdapatdalammediasesuaidengankebutuhanpembelajaran(4)PenggunaanprodukmediapembelajarandisekolahlainselainSMKN1Turenperludiperhatikanmasalahsaranadanprasaranayangadapadasekolahtersebutsertafasilitasyangdimilikiolehsiswa.