Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha siswa pada mata diklat kewirausahaan siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Malang tahun ajaran 2016/2017 / Fitriana Candra Dewi

Main Author: Dewi, Fitriana Candra
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/28096/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKDewiF.C.2017.PengaruhPendidikanKewirausahaandanMotivasiBerwirausahaTerhadapMinatBerwirausahaSiswaPadaMataDiklatKewirausahaanSiswaKelasXIISMKMuhammadiyah2MalangTahunAjaran2016/2017.SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.AniekIndrawatiS.Si.M.M.KatakuncipendidikankewirausahaanmotivasiberwirausahaminatberwirausahaMinatsiswauntukberwirausahadapatdipengaruhiolehfaktoreksternaldanfaktorinternal.Pendidikankewirausahaanmerupakansalahsatufaktoreksternaldalammenumbuhkanminatberwirausahasiswa.PendidikankewirausahaanadalahmuatankurikulumsekolahyangwajibditempuhsiswasejakkelasXXIhinggakelasXII.Selainmendapatkanpendidikankewirausahaansiswaharusmemilikimotivasiberwirausaha.Motivasimerupakansalahsatufaktorinternalyangmempengaruhiminatberwirausaha.Motivasiadalahtenagayangmenggerakkandanmengarahkanaktivitasseseoranguntukmelakukansuatuhaltertentu.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)Deskripsimengenaipendidikankewirausahaanmotivasiberwirausahadanminatberwirausaha(2)Pengaruhpendidikankewirausahaandanmotivasiberwirausahasecaraparsialterhadapminatberwirausahasiswa(3)Pengaruhpendidikankewirausahaandanmotivasiberwirausahasecarasimultanterhadapminatberwirausahasiswa.Penelitianiniadalahpenelitiankuantitatifdenganmenggunakananalisisstatistikdeskriptifdananalisisregresilinierberganda.Variabelbebasdaripenelitianiniadalahpendidikankewirausahaan(X_1)danmotivasiberwirausaha(X_2)denganvariabelterikatnyaadalahminatberwirausaha(Y).PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasXIISMKMuhammadiyah2MalangTahunAjaran2016/2017yangterdiridari5kelasyangberjumlah118siswadengansampel91orangsiswa.Pengambilansampelinimenggunakanteknikproportionalrandomsampling.SkalayangdigunakandalampenelitianiniadalahskalaLikertdengan5opsiyaituSangatSetujudiberiskor5Setujudiberiskor4CukupSetujudiberiskor3TidakSetujudiberiskor2SangatTidakSetujudiberiskor1.Instrumenpengumpuldatamenggunakankuesioner.Untukujikelayakaninstrumendilakukanujivaliditasdanujireliabilitas.Untukmengetahuikelayakanmodeldilakukantigaujiasumsiklasikyaituujinormalitasujimultikolinearitasdanujiheteroskedastisitas.Kemudiandilanjutkandengananalisisregresilinierberganda.Hasilanalisisdeskriptifmenunjukkanbahwa(1)Variabelpendidikankewirausahaanvariabelmotivasiberwirausahadanvariabelminatberwirausahadapatdiklasifikasikandalamkategoribaik(2)AdapengaruhyangpositifdansignifikanantarapendidikankewirausahaanterhadapminatberwirausahasiswakelasXIIdiSMKMuhammadiyah2MalangadapengaruhyangpositifdansignifikanantaramotivasiberwirausahaterhadapminatberwirausahasiswakelasXIIdiSMKMuhammadiyah2Malang(3)AdapengaruhyangpositifdansignifikanantarapendidikankewirausahaandanmotivasiberwirausahasecarasimultanterhadapminatberwirausahasiswakelasXIIdiSMKMuhammadiyah2Malangsebesar623%sedangkansisanyasebesar377%dipengaruhiolehfaktorlain.Berdasarkanhasilpenelitianinipenelitimenyarankan(1)BagiSiswaSMKMuhammadiyah2Malangdapatmenggaliinformasimelaluiguruataumengikutiseminarmengenaipendanaankewirausahaandenganhalitusiswabisamendapatkandanayangdapatdigunakanuntukmodalberwirausahadanmenciptakansaranaberwirausaha(2)BagiGuruKewirausahaanSMKMuhammadiyah2Malangdiharapkanselalumemberikanmotivasikepadasiswauntukberwirausahasiswayangmemilikikeinginanuntukbekerjadibawahnaunganoranglainsebaiknyadiberikanpandanganmengenaikeuntunganberwirausahasecarabertahap(3)Bagipenelitiyangtertarikuntukmelanjutkanpenelitianinisebaiknyaperludilakukanpenelitianlebihlanjuttentangvariabellainyangdapatmempengaruhiminatberwirausahasiswasepertipengalamanlingkungandansebagainya.