Penerapan model pembelajaran Talking Stick untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran komunikasi bisnis (studi pada kelas XI Jurusan Pemasaran SMKN 2 Buduran Sidoarjo / Marreta Sari

Main Author: Sari, Marreta
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/28032/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSariMarreta2015.PenerapanModelPembelajaranTalkingStickuntukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarSiswapadaMataPelajaranKomunikasiBisnis(StudiPadaKelasXIJurusanPemasaranSMKN2BuduranSidoarjo).SkripsiJurusanManajemenProgramStudiS1PendidikanTataNiagaFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.H.SuhartoSM.M.M.M.Pd.(2)Dr.AniekIndrawatiS.Si.M.M.KataKuncitalkingstickmotivasibelajarhasilbelajarkomunikasibisnisModelTalkingStickmerupakansalahsatujenisdarimetodedalampembelajarankooperatif.Salahsatukeunggulanteknikiniadalahmengujikesiapanpesertadidikdalampembelajaran.Modelpembelajaraninimendorongsiswaagarlebihgiatbelajardanselalufokusterhadappembelajaran.ModelTalkingStickinisangatcocokditerapkandikelassiswadituntutfokusagardapatmenjawabpertanyaanyangdiajukanolehgurusewaktu-waktu.-Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif.JenispenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK).Penelitiandilaksanakandalamduasiklus.Setiapsiklusterdapatduakalipertemuan.TahapanPenelitianTindakanKelas(PTK)meliputibeberapakegiatanyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)pengamatandan(4)refleksi.SubyekpenelitianadalahsiswakelasXIJurusanPemasarandiSMKN2BuduranSidoarjotahunajaran2014/2015.Pengumpulandatapenelitiandiambildari(1)observasi(2)wawancara(3)tes(4)angket(5)catatanlapangandan(6)dokumentasi.Analisisdatapadapenelitianinimeliputireduksidatamendeskripsikandatadanpenarikankesimpulan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterjadipeningkatanhasilbelajarpadaranahkognitifdapatdilihatdariperbandingannilaipretestdanposttest.PadasiklusIterjadipeningkatanhasilbelajardapatdilihatdaripersentasekeberhasilansiswayaitu5506%(pretest)menjadi7927%(posttest)sedangkanpadasiklusIIpersentasekeberhasilansiswayaitu5428%(pretest)menjadi8835%(posttest).HasilbelajarranahafektifpadasiklusImengalamipeningkatandapatdilihatdaripersentaserata-ratakeberhasilansiswadiperolehsebesar6304%menjadi8228%.PadasiklusIIterjadipeningkatanhasilbelajarranahafektifsebesar7390%menjadi9085%.HasilanalisisangketmotivasibelajarsiswapadasiklusImengalamipeningkatandapatdilihatdaripersentaserata-ratakeberhasilansiswadiperolehsebesar784%.PadasiklusIIterjadipeningkatanhasilanalisisangketmotivasibelajarsiswasebesar886%.Kesimpulandaripenelitianiniadalah(1)PenerapanmodelpembelajaranTalkingStickpadamatapelajaranKomunikasiBisnisberjalandenganbaiksesuaidenganRPPyangdilaksanakanpadaduasiklus(2)PenerapanmodelpembelajaranTalkingStickdapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswapadamatapelajaranKomunikasiBisnis(3)PenerapanmodelpembelajaranTalkingStickdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranKomunikasiBisnis.Halinidapatdibuktikandarimeningkatnyapersentasekeberhasilanhasilbelajarranahkognitifdanranahafektif.RanahkognitifpadasiklusImengalamipeningkatanpersentasekeberhasilansiswa5506%(pretest)menjadi7927%(posttest)sedangkanpadasiklusIIpersentasekeberhasilansiswa5428%(pretest)menjadi8835%(posttest).RanahafektifmengalamipeningkatandarisiklusIkesiklusIIhasilbelajarsiswapadasiklusIdapatdilihatdaripersentasekeberhasilansebesar6304%menjadi8228%danpadasiklusIIsebesar7390%menjadi9085%.HasilanalisisangketmotivasibelajarsiswamengalamipeningkatandarisiklusIkesiklusIIhasilanalisisangketmotivasibelajarsiswapadasiklusIdapatdilihatdaripersentasekeberhasilansiswasebesar784%danpadasiklusIIsebesar886%.Saranyangbisadigunakandalampenelitianiniadalahsebagaiberikut(1)BagisiswaKelasXIPemasarandisarankanlebihgiatdalammempelajarimateridanlebihseriussaatberdiskusimemecahkanmasalahagarsaatsewaktu-waktugurumengajukanpertanyaanlebihsiapdanpercayadirisaatmenjawab(2)BagiguruMataPelajaranKewirausahaandiharapkandalammelaksanakanpenerapanmodelpembelajarantalkingstickguruharusmemperhatikanwaktukarenapadasaatpelaksanaanmembutuhkanwaktuyangbanyaksebaiknyagurulebihmemberikanmotivasikepadasiswauntukmenyeselesaikansoaldiskusidanmemahamimateriyangakandigunakandalampenerapanmodelpembelajarantalkingsticksupayaketikasewaktu-waktugurumemberikanpertanyaansiswadapatlebihsiapdanpercayadiridalammenjawabdan(3)Bagipenelitiselanjutnyadalampenerapanmodelhendaknyamemperhatikanpenggunaanalokasiwaktuagarpenelitiandapatberjalansesuairencanasebaiknyamenggunakanhukumanyangpositifsepertimenyanyiataumembacapuisijikasiswasalahdalammenjawabpertanyaandanhindaridalammemberikanhukumanyangterlaluberatbagisiswakarenadapatmembuatsiswagugupdankondisibelajarmenegangkan.