Pengaruh motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha melalui prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kraksaan / Herwin Saputri
Main Author: | Saputri, Herwin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/27935/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKSaputriHerwin.2015.PengaruhMotivasiBerwirausahaTerhadapMinatBerwirausahaMelaluiPrestasiBelajarMataPelajaranKewirausahaanSiswaKelasXISMKNegeri1Kraksaan.SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.MohammadHariM.Si(II)Drs.H.MohammadAriefM.Si.KataKunciMotivasiberwirausahaPrestasibelajarmatapelajarankewirausahaanMinatberwirausahaSiswalulusanSMKmerupakantenagasiappakaiyangmudahterserapkerja.Halyangmenjadiperhatianadalahsemakinbanyaknyaangkalulusantetapitidakdiimbangidenganpenyediaanlapanganpekerjaanmenjadisalahsatupenyebabbanyaknyapengangguranupayayangdilakukanadalahberwirausaha.Minatberwirausahasiswatumbuhkarenaadanyamotivasidanprestasibelajarmatapelajarankewirausahaandisekolah.Rumusanmasalahpenelitianiniyaitu1)Apakahmotivasiberwirausahaberpengaruhterhadapprestasibelajarmatapelajarankewirausahaan2)Apakahprestasibelajarmatapelajarankewirausahaanterhadapminatberwirausaha3)Apakahmotivasiberwirausahaberpengaruhterhadapminatberwirausahadan4)ApakahmotivasiberwirausahaberpengaruhterhadapminatberwirausahamelaluiprestasibelajarmatapelajarankewirausahaankelasXISMKNegeri1Kraksaan.PenelitianinidilakukanpadasiswakelasXIAKAPKPemasaranSMKNegeri1Kraksaan.Tekniksampelpadapenelitianinimenggunakanproporsionalrandomsampling.Populasidalampenelitianiniberjumlah196siswa.Jumlahsampelyangdiperolehsebanyak132siswakelasXISMKNegeri1Kraksaan.Analisisdatapadapenelitianinimenggunakananalisisjalur(PathAnlysis).Hasildaripenelitianiniadalah1)terdapatpengaruhpositifdansignifikanantaramotivasiberwirausahaterhadapprestasibelajarmatapelajarankewirausahaansiswakelasXISMKNegeri1Kraksaan2)terdapatpengaruhpositifdansignifikanantaraprestasibelajarmatapelajarankewirausahaanterhadapminatberwirausahasiswakelasXISMKNegeri1Kraksaan3)terdapatpengaruhpositifdansignifikanantaramotivasiberwirausahaterhadapminatberwirausahasiswakelasXISMKNegeri1Kraksaan4)terdapatpengaruhtidaklangsungyangpositifdansignifikanantaramotivasiberwirausahaterhadapminatberwirausahamelaluiprestasibelajarmatapelajarankewirausahaansiswakelasXISMKNegeri1Kraksaan.Berdasarkanhasilpenelitiandiatassaranbagisiswayaitudenganadanyadorongandarigurumatapelajaranatausekolahdiharapkansiswadapatmemotivasidirinyasendiriuntuklebihberprestasidalammatapelajarankewirausahaandanmampumenumbuhkanminatberwirausahasiswa.Bagisekolahyaitusekolahharusterusmelatihdanmemberikansiswapelatihan-pelatihankewirausahaanuntukmeningkatkanminatsiswakhususnyadalamberwirausaha.Bagipenelitianselanjutnyayaitubeberapavariabeldapatdipertimbangkanuntukmengetahuivariabelyanglebihbesarpengaruhnyaterhadapminatberwirausahaagarhasilpenelitianyangdiperolehsemakinakurat.Selainitudapatdiperluaslagidalampengambilansampeldisekolah.iiABSTRACTSaputriHerwin.2015.TheEffectofEntrepreneurshipMotivationonEntrepreneurshipInterestthroughLearningAchievementEntrepreneurshipSubjectfortheEleventhGradeStudentsofSMKNegeri1Kraksaan.SarjanasThesis.DepartmentofManagementFacultyofEconomicsStateUniversityofMalang.Advisors(I)Drs.MohammadHariM.Si(II)Drs.H.MohammadAriefM.Si.KeywordsEntrepreneurshipmotivationLearningachievemententrepreneurshipEntrepreneurshipinterestThegraduatesofVocationalHighSchoolarereadyhumanresourcewhoiseasilyusedforjob.Yettheproblemappearswhentheincreasingnumbersofgraduatesisnotfollowedbythejoboccupancywhichcausesunemployment.Thereforethisphenomenoncanbesolvedthroughself-employedordoingentrepreneurship.Studentsinterestinentrepreneurshipisgrowingbecauseofthemotivationandentrepreneurshiplearningachievementsubjectatschool.Theresearchproblemsare1)doestheentrepreneurshipmotivationaffectthelearningachievementofentrepreneurshipsubject2)doestheentrepreneurshiplearningachievementeffecttheentrepreneurshipinterest3)doestheentrepreneurshipmotivationaffecttheentrepreneurshipinterestand4)doestheentrepreneurshipmotivationaffecttheentrepreneurshipinterestthroughentrepreneurshiplearningachievementfortheeleventhgradestudentsofSMK1Kraksaan.ThisresearchwasconductedontheeleventhgradestudentsofAKAPKMarketingofSMK1Kraksaan.Thesampletechniqueinthisstudyusedproportionalrandomsampling.Thepopulationinthisresearchis196students.Thenumberofsampleobtained132students.Thentheanalysisofthedatainthisstudyusedpathanalysis.Theresearchfindingofthisstudyare1)thereispositiveandsignificantcorrelationbetweenentrepreneurshipmotivationonlearningachievementofentrepreneurshipsubjectfortheeleventhgradestudentsofSMKNegeri1Kraksaan2)thereispositiveandsignificantcorrelationbetweenlearningachievementofentrepreneurshipsubjectfortheeleventhgradestudentsofSMKNegeri1Kraksaan3)thereispositiveandsignificantcorrelationbetweenentrepreneurshipmotivationforentrepreneurshipinterestfortheeleventhgradestudentsofSMKNegeri1Kraksaanand4)thereisanindirecteffectofapositiveandsignificantcorrelationbetweenentrepreneurshipmotivationforentrepreneurshipinterestthroughentrepreneurshiplearningachievementfortheeleventhgradestudentsofSMKNegeri1Kraksaan.Basedontheaboveresultsitissuggestedthatstudentsshouldmakeauseoftheirteachersencouragementtomotivatethemselvestoperformbetterintheentrepreneurshipsubjectandabletofosterstudentinterestinentrepreneurship.Forschoolsmustcontinuetotrainandprovideentrepreneurshiptrainingstudentstoincreasestudentinterestinentrepreneurshipinparticular.Forfurtherresearchersshouldconsidersomevariablestodeterminethevariableswhichgivegreaterinfluenceontheinterestinentrepreneurshipinorderthattheobtainedresearchresultswillbemoreaccurate.Moreoverthesamplecanbeexpanded.