Pengaruh prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan, hasil belajar PRAKERIN, dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Malang / Prieta Kartika Sari

Main Author: Sari, Prieta Kartika
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/27911/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSariP.K.2015.PengaruhPrestasiBelajarMataPelajaranKewirausahaanHasilBelajarPRAKERINdanLingkunganKeluargaTerhadapMinatBerwirausahaSiswaKelasXIISMKMuhammadiyah2Malang.SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SopiahM.PdM.M.(II)Drs.H.GatotIsnaniM.Si.KatakunciprestasibelajarhasilbelajarlingkungankeluargaminatberwirausahaJumlahpendudukdanjumlahpekerjayangbesarsertalajupertumbuhanpendudukyangtinggisebenarnyatidakmenjadialasanuntuktidakmendapatkankesempatankerja.SMKmerupakanlembagapendidikanyangbertujuanmenyiapkanlulusanuntukmenjaditenagakerjayangterampildanmengutamakankemampuansesuaidenganbidangpekerjaannyauntukmelakukanpekerjaantertentu.Materitentangkewirausahaanyangtelahdipelajaripadawaktudisekolahmerupakantitikawaluntukmenumbuhkanminatberwirausaha.Melaluikegiatanpembelajaranpraktiksiswadapatmengusaiketerampilankerjasecaraoptimalditempatpraktikmendapatkanpengalamanbekerjadanmengetahuibagaimanacaramengelolasuatuusaha.Dalammendidikanakparaorangtuaharusmengajarkananaknyamemotivasidiriuntukbekerjakerasdiberikesempatanuntukbertanggungjawabatasapayangdialakukan.Dalammenumbuhkanminatberwirausahamatapelajarankewirausahaanhasilbelajarpraktikkerjaindustridanlingkungankeluargasangatberpengaruh.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)pengaruhprestasibelajarmatapelajarankewirausahaansecaraparsialterhadapminatberwirausaha.(2)hasilbelajarpraktikkerjaindustrisecaraparsialterhadapminatberwirausaha.(3)lingkungankeluargasecaraparsialterhadapminatberwirausaha.Penelitianinimerupakanpenelitiankuantitatifdenganmenggunakananalisisdeskriptifdananalisisregresiberganda.Variabelbebasdalampenelitianiniadalahprestasibelajarmatapelajarankewirausahaan(X1)hasilbelajarpraktikkerjaindustri(X2)danlingkungankeluarga(X3)denganvariabelterikatminatberwirausaha(Y).PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXIISMKMuhammadiyah2Malangberjumlah108siswadanjumlahsampeldalampenelitianinisebesar84respondenyangdihitungdenganrumusIsaacdanMichaelsedangkanuntukmenentukansampelmenggunakanproportionalrandomsampling.SkalayangdigunakanadalahskalaLikertdenganlimaopsisangatsetujusetujucukupsetujutidaksetujudansangattidaksetuju.Penelitimemberigambarantentangprestasibelajarmatapelajarankewirausahaanmakadistribusifrekuensiklasifikasinyaadalahrendahsekalirendahcukuptinggitinggidansangattinggi.Gambarantentanghasilbelajarpraktikkerjaindustrimakadistribusifrekuensiklasifikasinyaadalahbaiksekalibaikcukupkurangdankurangsekali.Gambarantentanglingkungankeluargadanminatberwirausahamakadistribusifrekuensiyangmenyatakansangattidaksetujumenjadisangattidakbaiktidaksetujumenjaditidakbaikcukupsetujumenjadicukupbaiksetujumenjadibaikdansangatsetujumenjadisangatbaik.Jenisdatanyaadalahdataordinalyangdiperlakukansebagaidatainterval.Untuksumberdataberasaldaridataprimerdandatasekunderyangdimanadataprimerberasaldarirespondensedangkandatasekunderberasaldarinilaikognitifsiswapadaraporsemesterganjil.Teknikpengumpulandatamenggunakanmetodekuesionerdanmetodedokumentasi.Dalampenelitianiniangketdibagikanselamaduaminggupadatanggal8sampai21Februari2015yaitudengancarasemuasiswadikumpulkandalamkelasmasing-masingdansemuapopulasimengisiangket.SedangkanmetodedokumentasidigunakanuntukmemperolehdatamengenaijumlahsiswamaupungambaranumumsiswakelasXIIsertanilaikognitifpadaraporsemesterganjil.Dalampenelitianinimenggunakanmodelujiasumsiklasikyaitu(1)Ujinormalitas.(2)Ujiheteroskedastisitas.(3)Ujimultikolinieritas.Hasilujiasumsiklasikmenunjukanbahwa(1)Modelregresimemenuhiasumsinormalitastelihatdarititik-titikmenyebardisekitargarisdiagonalpadagambarP-PPlotofRegressionStandardizedResidual.(2)Modelregresitidakterjadiheteroskedastisitasdilihatpadagambarscatterplottidakmembentuksuatupolatertentudanmenyebaracakdiatasdandibawahangka0padasumbuY.(3)Modelregresitidakterjadimultikolinieritas.Jadimodelregresilayakuntukdigunakaan.Hasilanalisisdeskiptifmenunjukkanbahwa(1)prestasibelajarmatapelajarankewirausahaanadalahtinggi.(2)hasilbelajarpraktikkerjaindustriadalahbaik.(3)lingkungankeluargadapatdiklasifikasikancukupbaik.(4)minatberwirausahadapatdiklasifikasikanbaik.Berdasarkanhasilujihipotesismenunjukkanbahwa(1)Tidakadapengaruhsignifikanantaraprestasibelajarmatapelajarankewirausahaanterhadapminatberwirausaha.(2)Tidakadapengaruhsignifikanantarahasilbelajarpraktikkerjaindustriterhadapminatberwirausaha.(3)Adapengaruhpositifdansignifikanantaralingkungankeluargaterhadapminatberwirausaha.PenelitianinimenggunakanbantuanSPSS16forWindows.Berdasarkanhasilpenelitianinipenelitimenyarankan(1)Bagigurudiharapkanlebihbanyakmemberikanpraktiktentangkewirausahaan.(2)Bagisiswadiharapkanagarlebihmemahamimaterimatapelajarankewirausahaanyangdiberikanolehgurumemanfaatkansebaikmungkinsaatpraktikkerjaindustri.(3)Bagiorangtuahendaknyamemberikandukunganarahanbimbingandandorongandalamkegiatanbelajar.(4)Bagipenelitiyangtertarikuntukmelanjutkanpenelitianinisebaiknyaperludilakukanpenelitianlebihlanjuttentangfaktor-faktorlainyangdapatmempengaruhiminatberwirausahamisalnyamotivasiefikasidiridanlingkunganmasyarakat.