Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran melakukan penyerahan dan pengiriman produk (studi pada siswa kelas XI Program Keahlian Pemasaran 3 di SMK Negeri 2 Blitar) / Ok
Main Author: | Musyayadah, Oktavina Wakhidatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/27908/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMusyayadahOktavinaWakhidatul2015.PeningkatanMotivasidanHasilBelajarSiswadenganMenggunakanPembelajaranKooperatifModelNumberedHeadTogetherPadaMataPelajaranMelakukanPenyerahandanPengirimanProduk(StudiPadaSiswaKelasXIProgramKeahlianPemasaran3diSMKNegeri2Blitar).SkripsiJurusanManajemenProgramStudiS1PendiidkanTataNiagaFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.I.WayanJamanAdiPutraM.Si(2)Dr.SuwarniM.Si.KataKunciNumberedHeadTogetherMotivasiBelajardanHasilBelajar.Tujuanpenelitianiniadalah(1)untukmengetahuipenerapanmodelpembelajaranNumberedHeadTogether(2)untukmengetahuipeningkatanmotivasidanhasilbelajarsiswapadapenerapanpendekatanmodelpembelajaranNumberedHeadTogether(NHT)dan(3)untukmengetahuifaktorpendukungdanpenghambatdalampelaksanaanpembelajaranNumberedHeadTogether(NHT)Peneltianinimenggunakanpendekatankualitatifkarenapenelitianinibersifatdeskriptif.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).SubjekPenelitianadalahsiswakelasXIPemasaran3SMKNegeri2Blitaryangberjumlah33siswa.Pengumpulandatapenelitiandiambildari(1)tes(2)observasi(3)wawancara.(4)catatanlapangan(5)angketdan(6)dokumentasi.Penelitianinidilaksanakandalamduasiklus.Setiapsiklusterdiridari4tahapkegiatanyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaantindakan(3)pengamatandan(4)refleksi.HasilpenelitianmenunjukkanmodelpembelajaranNumberedHeadTogether(NHT)initelahterbuktimampumeningkatkanhasil.PadasiklusIhasilbelajarkognitif797%sedangkanpadasiklusIIsebesar944%peningkatanterjadisebesar147%hasilbelajarsiswaditinjaudariaspekafektifsiklusIsebesar6667%sedangkanpadasiklusIIsebesar743%peningkatanterjadisebesar763%hasilbelajarditinjaudarisegipsikomotoriksiklusIsebesar66%sedangkanpadasiklusIIsebesar743%.Hasilpeningkatanmotivasijugaterjadidalampenelitianini.PadasiklusIperolehanangketnyasebesar785%sedangkanpadasiklusIIsebesar81%peningkatanterjadisebesar25%.DengandemikianmodelpembelajaranNumberedHeadTogether(NHT)sangatbermanfaatdalammenunjangproseskegiatanbelajarmengajarterutamauntukmeningkatkanhasilbelajarsiswaBerdasarkanhasilpenelitianinidapatdiajukanbeberapasaransebagaiberikut(1)bagiguruhendaknyamenerapkanmodelpembelajaranNumberedHeadTogetherdikelasagaraktivitasdanhasilbelajarsiswalebihmeningkat(2)untukpenelitiselanjutnyadapatmenerapkanpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadTogetherpadamatapelajaranyangsamaatauberbedadenganmengkolaborasikandenganmodelpembelajarankooperatiflainnya.