Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran melakukan penyerahan dan pengiriman produk (studi pada siswa kelas XI Program Keahlian Pemasaran 3 di SMK Negeri 2 Blitar) / Ok

Main Author: Musyayadah, Oktavina Wakhidatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/27908/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMusyayadahOktavinaWakhidatul2015.PeningkatanMotivasidanHasilBelajarSiswadenganMenggunakanPembelajaranKooperatifModelNumberedHeadTogetherPadaMataPelajaranMelakukanPenyerahandanPengirimanProduk(StudiPadaSiswaKelasXIProgramKeahlianPemasaran3diSMKNegeri2Blitar).SkripsiJurusanManajemenProgramStudiS1PendiidkanTataNiagaFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.I.WayanJamanAdiPutraM.Si(2)Dr.SuwarniM.Si.KataKunciNumberedHeadTogetherMotivasiBelajardanHasilBelajar.Tujuanpenelitianiniadalah(1)untukmengetahuipenerapanmodelpembelajaranNumberedHeadTogether(2)untukmengetahuipeningkatanmotivasidanhasilbelajarsiswapadapenerapanpendekatanmodelpembelajaranNumberedHeadTogether(NHT)dan(3)untukmengetahuifaktorpendukungdanpenghambatdalampelaksanaanpembelajaranNumberedHeadTogether(NHT)Peneltianinimenggunakanpendekatankualitatifkarenapenelitianinibersifatdeskriptif.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).SubjekPenelitianadalahsiswakelasXIPemasaran3SMKNegeri2Blitaryangberjumlah33siswa.Pengumpulandatapenelitiandiambildari(1)tes(2)observasi(3)wawancara.(4)catatanlapangan(5)angketdan(6)dokumentasi.Penelitianinidilaksanakandalamduasiklus.Setiapsiklusterdiridari4tahapkegiatanyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaantindakan(3)pengamatandan(4)refleksi.HasilpenelitianmenunjukkanmodelpembelajaranNumberedHeadTogether(NHT)initelahterbuktimampumeningkatkanhasil.PadasiklusIhasilbelajarkognitif797%sedangkanpadasiklusIIsebesar944%peningkatanterjadisebesar147%hasilbelajarsiswaditinjaudariaspekafektifsiklusIsebesar6667%sedangkanpadasiklusIIsebesar743%peningkatanterjadisebesar763%hasilbelajarditinjaudarisegipsikomotoriksiklusIsebesar66%sedangkanpadasiklusIIsebesar743%.Hasilpeningkatanmotivasijugaterjadidalampenelitianini.PadasiklusIperolehanangketnyasebesar785%sedangkanpadasiklusIIsebesar81%peningkatanterjadisebesar25%.DengandemikianmodelpembelajaranNumberedHeadTogether(NHT)sangatbermanfaatdalammenunjangproseskegiatanbelajarmengajarterutamauntukmeningkatkanhasilbelajarsiswaBerdasarkanhasilpenelitianinidapatdiajukanbeberapasaransebagaiberikut(1)bagiguruhendaknyamenerapkanmodelpembelajaranNumberedHeadTogetherdikelasagaraktivitasdanhasilbelajarsiswalebihmeningkat(2)untukpenelitiselanjutnyadapatmenerapkanpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadTogetherpadamatapelajaranyangsamaatauberbedadenganmengkolaborasikandenganmodelpembelajarankooperatiflainnya.