Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pelayanan prima (studi pada siswa kelas X Jurusan Pemasaran SMK PGRI 2 Malang) / Dita Martha Salecha
Main Author: | Salecha, Dita Martha |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/27828/ |
Daftar Isi:
- SalechaDita.M.2013.PenerapanModelPembelajaranSTAD(StudentTeamsAchievementDivisions)untukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswapelayananprima(studipadasiswakelasXJurusanPemasaranSMKPGRI2Malang).SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SudarmiatinM.Si(II)Dr.WeningPatmiRahayuS.PdM.M.KatakunciAktivitasBelajarHasilBelajarModelPembelajaranSTADPemilihanmodelpembelajaranyangtepatakanmemperbesarpeluangpencapaiankeberhasilanbelajarsiswa.Pemilihanmodelbelajarharusmemperhatikankemampuansiswayangsecaraumumtidaksamaantarasiswayangsatudenganyanglain.Factorutamaadalahintelegensidanlatarbelakangsiswayangberagam.Selainitudayaserapterhadapmateripelajaranantarasiswasatudengansiswayanglaintidaksamasehinggamempengaruhihasilbelajaryangdicapai.Olehkarenaituguruperlualternativemodelpembelajaranuntukmengatasikeberagamankarakteristiksiswatersebut.AlternativeyangdapatdilakukanguruyaitumelaluipenggunaanmodelpembelajaranSTADdenganmenggunakanpembelajaranmodelSTADsiswaakandikelompokkankedalamkelompokawalyangdibentuksecaraheterogendengantujuanagardapatsalingbekerjasamadanbertukarinformasiantarsiswayangberagamtersebut.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiimplementasipembelajarankooperatifmodelSTADterhadapaktivitasdanhasilbelajarPelayananPrima.PenelitianinitermasukjenisPenelitianTindakanKelasdenganmenggunakanpendekatandeskriptifkualitatif.SubjekpenelitianiniterdiridarisatukelasyaitusiswakelasXPemasaranSMKPGRI2Malang.Instrumenpenelitianberupatesyangterdiridaripost-test.Analisisdatauntukaktivitasdatadihitungdenganmembagiskortiapdescriptordengantotaldescriptorkemudiandikali100.Sedangkanuntukmenghitungrata-ratadarihasilbelajardenganmembagijumlahnilaikeseluruhandenganjumlahsiswa.HasilanalisisdatamenunjukkanbahwaimplementasipembelajarankooperatifmodelSTADdapatmeningkatkanaktivitasbelajarPelayananPrima.SelainituhasilbelajarsiswakelasXPemasaranjugamengalamipeningkatan.DengandemikiandapatdikemukakanbahwaimplementasipembelajarankooperatifmodelSTADdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarPelayananPrimapadakelasXPemasarandiSMKPGRI2Malang.SaranyangdiajukanuntukgurubidangstudiPelayananPrimaadalahmenjadikanmodelSTADsebagaialternatifmodelpembelajaranuntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.SaranuntukpenelitiselanjutnyaadalahuntukmengujicobakanmodelSTADpadamateriberbedadanjenjangkelasatausekolahyanglebihtinggisertamengkombinasikandenganmediapembelajaranyanglebihvariatifsehinggatampakpengaruhyangbesarterhadapaktivitasdanhasilbelajarsiswadanmemperolehmanfaatyanglebihbesardarimodelSTAD