Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pelayanan prima (studi pada siswa kelas X Jurusan Pemasaran SMK PGRI 2 Malang) / Dita Martha Salecha

Main Author: Salecha, Dita Martha
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/27828/
Daftar Isi:
  • SalechaDita.M.2013.PenerapanModelPembelajaranSTAD(StudentTeamsAchievementDivisions)untukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswapelayananprima(studipadasiswakelasXJurusanPemasaranSMKPGRI2Malang).SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SudarmiatinM.Si(II)Dr.WeningPatmiRahayuS.PdM.M.KatakunciAktivitasBelajarHasilBelajarModelPembelajaranSTADPemilihanmodelpembelajaranyangtepatakanmemperbesarpeluangpencapaiankeberhasilanbelajarsiswa.Pemilihanmodelbelajarharusmemperhatikankemampuansiswayangsecaraumumtidaksamaantarasiswayangsatudenganyanglain.Factorutamaadalahintelegensidanlatarbelakangsiswayangberagam.Selainitudayaserapterhadapmateripelajaranantarasiswasatudengansiswayanglaintidaksamasehinggamempengaruhihasilbelajaryangdicapai.Olehkarenaituguruperlualternativemodelpembelajaranuntukmengatasikeberagamankarakteristiksiswatersebut.AlternativeyangdapatdilakukanguruyaitumelaluipenggunaanmodelpembelajaranSTADdenganmenggunakanpembelajaranmodelSTADsiswaakandikelompokkankedalamkelompokawalyangdibentuksecaraheterogendengantujuanagardapatsalingbekerjasamadanbertukarinformasiantarsiswayangberagamtersebut.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiimplementasipembelajarankooperatifmodelSTADterhadapaktivitasdanhasilbelajarPelayananPrima.PenelitianinitermasukjenisPenelitianTindakanKelasdenganmenggunakanpendekatandeskriptifkualitatif.SubjekpenelitianiniterdiridarisatukelasyaitusiswakelasXPemasaranSMKPGRI2Malang.Instrumenpenelitianberupatesyangterdiridaripost-test.Analisisdatauntukaktivitasdatadihitungdenganmembagiskortiapdescriptordengantotaldescriptorkemudiandikali100.Sedangkanuntukmenghitungrata-ratadarihasilbelajardenganmembagijumlahnilaikeseluruhandenganjumlahsiswa.HasilanalisisdatamenunjukkanbahwaimplementasipembelajarankooperatifmodelSTADdapatmeningkatkanaktivitasbelajarPelayananPrima.SelainituhasilbelajarsiswakelasXPemasaranjugamengalamipeningkatan.DengandemikiandapatdikemukakanbahwaimplementasipembelajarankooperatifmodelSTADdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarPelayananPrimapadakelasXPemasarandiSMKPGRI2Malang.SaranyangdiajukanuntukgurubidangstudiPelayananPrimaadalahmenjadikanmodelSTADsebagaialternatifmodelpembelajaranuntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.SaranuntukpenelitiselanjutnyaadalahuntukmengujicobakanmodelSTADpadamateriberbedadanjenjangkelasatausekolahyanglebihtinggisertamengkombinasikandenganmediapembelajaranyanglebihvariatifsehinggatampakpengaruhyangbesarterhadapaktivitasdanhasilbelajarsiswadanmemperolehmanfaatyanglebihbesardarimodelSTAD