Penerapan kolaborasi model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan mix pair share untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan (studi pada siswa kelas XI-APK di SMK Tekstil Pandaan) / Fanti Kusuma Wardhani

Main Author: Wardhani, Fanti Kusuma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/27797/
Daftar Isi:
  • KataKunci-ModelPembelajaranStudentTeamsAcheievementDivison(STAD)MixPairShareMotivasiBelajarHasilBelajarTujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahui(1)penerapankolaborasimodelpembelajaranStudentTeamsAchievemntDivision(STAD)danMixPairShare(2)motivasibelajarsiswapadasaatditerapkanmodel(3)hasilbelajarsiswasetelahpenerapanmodel(4)hambatan-hambatandansolusipadasaatpenerapanmodel.JenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelasatauPTK.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasXIProgramKeahlianAdministrasiPerkantorandiSMKTekstilPandaanyangberjumlah25siswa.Pelaksanaanpenelitiantindakankelasinidilakukanduasiklusyangterdiridariempattahapyaitumenyusunrancangantindakanpelaksanaantindakanpengamatandanrefleksi.Datapenelitiandikumpulkanmelaluiobservasiwawancaracatatanlapanganangketdokumentasidantes.Analisisdatapenelitianmeliputitigahal(1)reduksidatadimulaipadasaatobservasisebelummembuatlatarbelakangpenelitiandilanjutkansaatpelaksanaanpenelitiandansetelahpenelitiandilakukan(2)penyajiandatadilakukansetelahmelakukanpengamatanyaitusetelahmelakukanobservasidanpadasaatpelaksanaanpenelitiandan(3)penarikankesimpulandilakukanpadasaatawalsampaiakhirpelaksanaanpenelitian.HasilpenelitianmenunjukkanbahwahasildataangketmotivasibelajarsiswayangdiberikankepadasiswasetelahpenerapanmodelpembelajaranpadasiklusIpresentaserata-ratayangdiperolehadalah6553%sedangkanpadasiklusIIpresentaserata-ratayangdiperolehadalah693%.PeningkatanmotivasibelajarsiswapadasiklusIdansiklusIImeningkatsebesar377%.Nilairata-ratahasilbelajarsiswaaspekafektifpadasiklusIyaitu6607%sedangkanpadasiklusIIyaitu7946%jadipeningkatannilairata-ratahasilbelajarsiswapadaaspekafektifadalah1339%.Sedangkannilaihasilrata-ratabelajarsiswaaspekpsikomotorikpadasiklusIyaitu60%padasiklusIIyaitu8375%jadipeningkatannilairta-ratahasilbelajarsiswaaspekpsikomotorikadalah2375%.Beberapasaranyangdapatdiberikanantaralain(1)BagiguruSMKTekstilPandaankhususnyaguruMataDiklatKewirausahaankolaborasimodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivisionsdanMixPairSharedapatdijadikanalternatifpilihandalamkegiatanbelajarmengajardenganmateriyanglebihmenekankanpadakegiatanpraktikagarsiswamendapatkankesempatanuntukaktifdansekaligusmelatihpercayadirisiswadalammengemukakanpendapat(2)BagisiswakhususnyakelasXIAdministrasiPerkantoranSMKTekstilPandaansebaiknyasiswamempersiapkandiridenganbelajardahulusebelumpelajarandimulaidan(3)BagipenelitikhususnyamahasiswaUniversitasNegeriMalanghasilpenelitiandapatdijadikanbahanreferensi.