Penerapan kolaborasi model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan mix pair share untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan (studi pada siswa kelas XI-APK di SMK Tekstil Pandaan) / Fanti Kusuma Wardhani
Main Author: | Wardhani, Fanti Kusuma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/27797/ |
Daftar Isi:
- KataKunci-ModelPembelajaranStudentTeamsAcheievementDivison(STAD)MixPairShareMotivasiBelajarHasilBelajarTujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahui(1)penerapankolaborasimodelpembelajaranStudentTeamsAchievemntDivision(STAD)danMixPairShare(2)motivasibelajarsiswapadasaatditerapkanmodel(3)hasilbelajarsiswasetelahpenerapanmodel(4)hambatan-hambatandansolusipadasaatpenerapanmodel.JenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelasatauPTK.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasXIProgramKeahlianAdministrasiPerkantorandiSMKTekstilPandaanyangberjumlah25siswa.Pelaksanaanpenelitiantindakankelasinidilakukanduasiklusyangterdiridariempattahapyaitumenyusunrancangantindakanpelaksanaantindakanpengamatandanrefleksi.Datapenelitiandikumpulkanmelaluiobservasiwawancaracatatanlapanganangketdokumentasidantes.Analisisdatapenelitianmeliputitigahal(1)reduksidatadimulaipadasaatobservasisebelummembuatlatarbelakangpenelitiandilanjutkansaatpelaksanaanpenelitiandansetelahpenelitiandilakukan(2)penyajiandatadilakukansetelahmelakukanpengamatanyaitusetelahmelakukanobservasidanpadasaatpelaksanaanpenelitiandan(3)penarikankesimpulandilakukanpadasaatawalsampaiakhirpelaksanaanpenelitian.HasilpenelitianmenunjukkanbahwahasildataangketmotivasibelajarsiswayangdiberikankepadasiswasetelahpenerapanmodelpembelajaranpadasiklusIpresentaserata-ratayangdiperolehadalah6553%sedangkanpadasiklusIIpresentaserata-ratayangdiperolehadalah693%.PeningkatanmotivasibelajarsiswapadasiklusIdansiklusIImeningkatsebesar377%.Nilairata-ratahasilbelajarsiswaaspekafektifpadasiklusIyaitu6607%sedangkanpadasiklusIIyaitu7946%jadipeningkatannilairata-ratahasilbelajarsiswapadaaspekafektifadalah1339%.Sedangkannilaihasilrata-ratabelajarsiswaaspekpsikomotorikpadasiklusIyaitu60%padasiklusIIyaitu8375%jadipeningkatannilairta-ratahasilbelajarsiswaaspekpsikomotorikadalah2375%.Beberapasaranyangdapatdiberikanantaralain(1)BagiguruSMKTekstilPandaankhususnyaguruMataDiklatKewirausahaankolaborasimodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivisionsdanMixPairSharedapatdijadikanalternatifpilihandalamkegiatanbelajarmengajardenganmateriyanglebihmenekankanpadakegiatanpraktikagarsiswamendapatkankesempatanuntukaktifdansekaligusmelatihpercayadirisiswadalammengemukakanpendapat(2)BagisiswakhususnyakelasXIAdministrasiPerkantoranSMKTekstilPandaansebaiknyasiswamempersiapkandiridenganbelajardahulusebelumpelajarandimulaidan(3)BagipenelitikhususnyamahasiswaUniversitasNegeriMalanghasilpenelitiandapatdijadikanbahanreferensi.