Penerapan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Ardjuna 2 Malang) / Siti Sundari
Main Author: | Sundari, Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/27794/ |
Daftar Isi:
- KataKunciModelTwoStayTwoStray(TSTS)AktivitasBelajarHasilBelajarSalahsatumodelpembelajaranyangdapatditerapkandalampembelajarankooperatifadalahmodelpembelajaranyangberkaitandenganprosesdiskusidalamkelasadalahTwoStayTwoStray(TSTS).ModelTwoStayTwoStray(TSTS)memberikesempatankepadakelompokuntukmembagikanhasildaninformasidengankelompoklain.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikan(1)penerapanmodelpembelajarankooperatifTwoStayTwoStray(TSTS)(2)peningkatanaktivitasbelajar(3)peningkatanhasilbelajardan(4)kendaladansolusipemecahannyadalammenerapkanmodelpembelajarankooperatifTwoStayTwoStray(TSTS)kelasXJurusanAdministrasiPerkantoranSMKArdjuna2Malang.PenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenisPenelitianTindakanKelas(PTK).Pelaksanaanpenelitiantindakankelasinidilakukanduasiklusdimanatiapsiklusterdiridari4tahapyaituperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasXJurusanAdministrasiPerkantoranSMKArdjuna2Malangyangberjumlah16siswa.HasilpenelitianpembelajaranTwoStayTwoStray(TSTS)mampumeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswadarisikluskesiklus.PadasiklusIhasilanalisisaktivitasgurusebesar767%danaktivitassiswayaitu75%danmasukdalamkategoriB.HasilanalisisaktivitasgurupadasiklusIIsebesar933%danaktivitassiswayaitu917%danmasukdalamkategoriA.Sedangkanuntukhasilbelajarsiswaaspekkognitifmenunjukkannilairata-rataranahkognitifpadaulanganharian64kemudiansiklusImeningkatmenjadi76dansiklusIImeningkatmenjadi85.Ketuntasanklasikalranahkognitifjugamengalamipeningkatan.Padanilaiulanganhariansebesar4373%meningkatpadasiklusImenjadi75%dansiklusIImenjadi875%.AdapunsaranyangdiberikankepadaguruadalahhendaknyadapatmenerapkanmodelpembelajarankooperatifTwoStayTwoStray(TSTS)dalamprosespembelajarandikelaskarenamodelpembelajaraninimenuntutsiswamenjadilebihaktifmampumenciptakansuasanakelasyangmenyenangkantetapidalampelaksanaannyajugaharusmempertimbangkanalokasiwaktusehinggapencapaianhasillebihoptimal.