Penerapan model pembelajaran cooperative learning snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran pelayanan prima (studi pada siswa kelas X Pemasaran SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Yulianita Rahayu
Main Author: | Rahayu, Yulianita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/27766/ |
Daftar Isi:
- KataKuncimodelpembelajaranCooperativeLearningSnowballThrowinghasilbelajardanaktivitasbelajarPenelitianTindakanKelas.BerdasarkanhasilwawancaragurudanpengamatanawaldikelasmenunjukkanbahwaselamainigurumatapelajaranPelayananPrimakelasXPemasaranSMKMuhammadiyah2MalangmengajardenganmenggunakanmetodeceramahdanbelumpernahmenggunakanmodelpembelajaranCooperativeLearningSnowballThrowing.OlehkarenaitudenganmelihatpermasalahanyangdialamisaatprosesbelajardikelasperludilakukanprosesbelajarmengajardenganmenggunakansuatumodelpembelajaranyangdimaksudadalahmodelpembelajaranCooperativeLearningSnowballThrowing.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).SubyekpenelitianadalahsiswakelasXPMSSMKMuhammadiyah2Malang.Teknikpengambilandanpengumpulandatadilakukandenganmenggunakanlembarobservasipedomanwawancaratescatatanlapangandandokumentasi.Analisisdatayangdigunakanadalahanalisisdatamodelalur.TujuandilakukanpenelitiandalampenerapanpembelajarankooperatifmodelSnowballThrowingpadamatapelajaranPelayananPrimaadalah(1)PenelitimenerapkankepadasiswadikelastentangmetodepembelajarankooperatifmodelSnowballThrowing(2)PenelitimelihatadanyapeningkatanhasilbelajardanaktivitasbelajarsiswasetelahmodelpembelajaranSnowballThrowingdikelas(3)PenelitimelihatresponsiswabaikdenganmenggunakanmodelpembelajaranSnowballThrowing.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranCooperativeLearningSnowballThrowingyangdilakukanpadamatapelajaranPelayananPrimasiswakelasXPemasaranSMKMuhammadiyah2Malangbaik.MenunjukkanhasilbelajarsiswadarisiklusIkesiklusIIdilihatdariaspekkognitifyaitudengantarafkeberhasilanpadasiklusIdilihatdarirata-ratakelasdiperoleh9237danpadasiklusIIyangnilairata-ratakelasdiperoleh8148.Kriteriahasiltesinidapatdikatakanbaik.SedangkandilihatdariaktivitassiswapadasiklusIberdasarkan2pengamatdiperoleh6289%danuntuksiklusIIdiperoleh6797%.Padapenilaianafektiftelahdiperolehpeningkatanhasildaripertemuan1hinggapertemuan4yaitupadapertemuanawaldiperoleh8130%danselanjutnyapadapertemuanberikutnyadiperolehhasilsecaraberurutan6890%8211%8333%.BerdasarkanhasilpenemuanpadapenelitiantersebutdapatdisarankanbahwadalammenerapkanmodelCooperativeLearningSnowballThrowingdapatmenjadimetodealternativedalammeningkatkanhasilbelajardanaktivitasbelajarsiswa.Untuksiswaagarlebihdapatberperanaktifdalamprosesbelajarmengajardikelas.Sedangkanbagipenelitisendiriadanyapenelitianmenggunakanmodelpembelajaransnowballthrowingdapatdijadikanreferensiketikamenjadigurunantinya.