Penerapan model pembelajaran cooperative learning snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran pelayanan prima (studi pada siswa kelas X Pemasaran SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Yulianita Rahayu

Main Author: Rahayu, Yulianita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/27766/
Daftar Isi:
  • KataKuncimodelpembelajaranCooperativeLearningSnowballThrowinghasilbelajardanaktivitasbelajarPenelitianTindakanKelas.BerdasarkanhasilwawancaragurudanpengamatanawaldikelasmenunjukkanbahwaselamainigurumatapelajaranPelayananPrimakelasXPemasaranSMKMuhammadiyah2MalangmengajardenganmenggunakanmetodeceramahdanbelumpernahmenggunakanmodelpembelajaranCooperativeLearningSnowballThrowing.OlehkarenaitudenganmelihatpermasalahanyangdialamisaatprosesbelajardikelasperludilakukanprosesbelajarmengajardenganmenggunakansuatumodelpembelajaranyangdimaksudadalahmodelpembelajaranCooperativeLearningSnowballThrowing.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).SubyekpenelitianadalahsiswakelasXPMSSMKMuhammadiyah2Malang.Teknikpengambilandanpengumpulandatadilakukandenganmenggunakanlembarobservasipedomanwawancaratescatatanlapangandandokumentasi.Analisisdatayangdigunakanadalahanalisisdatamodelalur.TujuandilakukanpenelitiandalampenerapanpembelajarankooperatifmodelSnowballThrowingpadamatapelajaranPelayananPrimaadalah(1)PenelitimenerapkankepadasiswadikelastentangmetodepembelajarankooperatifmodelSnowballThrowing(2)PenelitimelihatadanyapeningkatanhasilbelajardanaktivitasbelajarsiswasetelahmodelpembelajaranSnowballThrowingdikelas(3)PenelitimelihatresponsiswabaikdenganmenggunakanmodelpembelajaranSnowballThrowing.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranCooperativeLearningSnowballThrowingyangdilakukanpadamatapelajaranPelayananPrimasiswakelasXPemasaranSMKMuhammadiyah2Malangbaik.MenunjukkanhasilbelajarsiswadarisiklusIkesiklusIIdilihatdariaspekkognitifyaitudengantarafkeberhasilanpadasiklusIdilihatdarirata-ratakelasdiperoleh9237danpadasiklusIIyangnilairata-ratakelasdiperoleh8148.Kriteriahasiltesinidapatdikatakanbaik.SedangkandilihatdariaktivitassiswapadasiklusIberdasarkan2pengamatdiperoleh6289%danuntuksiklusIIdiperoleh6797%.Padapenilaianafektiftelahdiperolehpeningkatanhasildaripertemuan1hinggapertemuan4yaitupadapertemuanawaldiperoleh8130%danselanjutnyapadapertemuanberikutnyadiperolehhasilsecaraberurutan6890%8211%8333%.BerdasarkanhasilpenemuanpadapenelitiantersebutdapatdisarankanbahwadalammenerapkanmodelCooperativeLearningSnowballThrowingdapatmenjadimetodealternativedalammeningkatkanhasilbelajardanaktivitasbelajarsiswa.Untuksiswaagarlebihdapatberperanaktifdalamprosesbelajarmengajardikelas.Sedangkanbagipenelitisendiriadanyapenelitianmenggunakanmodelpembelajaransnowballthrowingdapatdijadikanreferensiketikamenjadigurunantinya.