Penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan kelas X Program Keahlian APK di SMK Cendika Bangsa Kepanjen / Santi Oktaviani

Main Author: Oktaviani, Santi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/27765/
Daftar Isi:
  • KatakunciGroupInvestigationdanhasilbelajar.ModelGroupInvestigationmerupakansalahsatumodelpembelajaranyangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswadidalamkelas.Didalampembelajaraninisiswadapatberiteraksidengancaramengemukakanpendapatnyasalingberkerjasamadapatmenganalisissuatumasalahberkomunikasidenganbaikdanmenyelesaikantugasdenganbenardantepat.PenelitianTindakanKelas(PTK)inibertujuanmengujipenggunaanmetodeGroupInvestigation(GI)terhadaphasilbelajarsiswapadamatadiklatkewirausahaandiSMKCendikaBangsaKepanjen.Penelitianinidilakukan2siklustiapsiklusterdapat4tahapanyaitu1)Perencanaan2)Pelaksanaan3)Pengamatandan4)Refleksi.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwametodeinidapatmeningkatkanhasilbelajarsiswameskipunpadasiklusImasihmengalamipenurunan.SalahsatuhambatandalammenerapkanmodelpembelajaranGroupInvestigationyaituSiswamasihkurangpercayapercayadiridalammengerjakansoaljadiguruharuslebihmemotivasisiswaagarsiswalebihbersemangatlagi.Saranyangdapatdiberikanyaitu1)bagigurumatadiklatkewirausahaansmkcendikabangsakepanjendisarankanuntukmencobamenerapkanpembelajarangroupinvestigationpadamaterimerumuskanmasalahmenganalisispeluangusahadanmengelolahusahakecilkarenasiswasangatantusiasdanmemberikanresponpositifterhadappembelajarangroupinvestigation2)bagipesertadidikpadasaatpembelajarankooperatifmodelgroupinvestigationditerapkanperluadanyadorongankarenabelumterbiasadalamhalbertanyamenjawabdanpemberianpendapatagarpenguasaanmateriyangditerimalebihbaik.doronganpadasiswatersebutberupapemberianmotivasikepadasiswamemberikanpancingandenganpertanyaanataumintapendapatdanmemberikanhadiahataureward.3)bagipenelitiselajutnyauntukmengetahuihasilbelajarsiswadapatdilakukanpenelitianlebihlanjutdenganmenggunakankompetensidasardansubyekyangberbeda.