Penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan kelas X Program Keahlian APK di SMK Cendika Bangsa Kepanjen / Santi Oktaviani
Main Author: | Oktaviani, Santi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/27765/ |
Daftar Isi:
- KatakunciGroupInvestigationdanhasilbelajar.ModelGroupInvestigationmerupakansalahsatumodelpembelajaranyangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswadidalamkelas.Didalampembelajaraninisiswadapatberiteraksidengancaramengemukakanpendapatnyasalingberkerjasamadapatmenganalisissuatumasalahberkomunikasidenganbaikdanmenyelesaikantugasdenganbenardantepat.PenelitianTindakanKelas(PTK)inibertujuanmengujipenggunaanmetodeGroupInvestigation(GI)terhadaphasilbelajarsiswapadamatadiklatkewirausahaandiSMKCendikaBangsaKepanjen.Penelitianinidilakukan2siklustiapsiklusterdapat4tahapanyaitu1)Perencanaan2)Pelaksanaan3)Pengamatandan4)Refleksi.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwametodeinidapatmeningkatkanhasilbelajarsiswameskipunpadasiklusImasihmengalamipenurunan.SalahsatuhambatandalammenerapkanmodelpembelajaranGroupInvestigationyaituSiswamasihkurangpercayapercayadiridalammengerjakansoaljadiguruharuslebihmemotivasisiswaagarsiswalebihbersemangatlagi.Saranyangdapatdiberikanyaitu1)bagigurumatadiklatkewirausahaansmkcendikabangsakepanjendisarankanuntukmencobamenerapkanpembelajarangroupinvestigationpadamaterimerumuskanmasalahmenganalisispeluangusahadanmengelolahusahakecilkarenasiswasangatantusiasdanmemberikanresponpositifterhadappembelajarangroupinvestigation2)bagipesertadidikpadasaatpembelajarankooperatifmodelgroupinvestigationditerapkanperluadanyadorongankarenabelumterbiasadalamhalbertanyamenjawabdanpemberianpendapatagarpenguasaanmateriyangditerimalebihbaik.doronganpadasiswatersebutberupapemberianmotivasikepadasiswamemberikanpancingandenganpertanyaanataumintapendapatdanmemberikanhadiahataureward.3)bagipenelitiselajutnyauntukmengetahuihasilbelajarsiswadapatdilakukanpenelitianlebihlanjutdenganmenggunakankompetensidasardansubyekyangberbeda.