Penerapan pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa (studi pada mata diklat kewirausahaan kelas XI Program Keahlian Pemasaran SMK Islam Batu) / Devi Anggraeni

Main Author: Anggraeni, Devi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/27762/
Daftar Isi:
  • KataKunciStudentsTeamsAchievementDivisionsandStudentsAchievementPeningkatankualitaspendidikantidakterlepasdariperanguru.Upayaatauusahayangdapatdilakukanolehguruadalahdengancaramemperhatikansiswadalammenguasaimateripelajarandanmemilihmetodepembelajaranyangtepat.ModelpembelajaranSTADmerupakansalahsatumodelpembelajaranyangditerapkandikelasdenganharapandapatmeningkatkanprestasibelajarsiswa.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapanpembelajaranmodelSTADuntukmeningkatkanprestasibelajarsiswapadamatadiklatkewirausahaan.Ada3halyangdideskripsikandalampenelitianiniyaitu(1)penerapanpembelajaranmodelSTAD(2)peningkatanprestasibelajarsiswa(3)responhambatandalampenerapanmodelSTADdansolusidalammengatasihambatantersebut.PenelitianinimenggunakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilaksanakandiSMKIslamBatudanpenelitianinidilakukanpada26Marethingga23April2012.SubjekpenelitianadalahsiswakelasXIPemasaranyangberjumlah26siswa.Hasilpenelitianinidapatmeningkatkanprestasibelajarsiswadarisikluskesiklus.DalampenerapannyaSTADterdiridari5komponenutamayaitu(a)penyajiankelas(b)tim/kelompok(c)kuis(test)(d)skorpeningkatanindividu(e)rekognisitim/penghargaan.Untukmengetahuipeningkatanprestasibelajarsiswadapatdilihatdariaspekkognitifdimanarata-ratanilaiguru643setelahditerapkanmodelpembelajaranSTADsiklusImeningkatmenjadi7912dansiklusIImeningkat7984sedangkanuntukaspekafektifsiswadidapatpeningkatandengansebesar3016%.DarihasilobservasiresponsiswadalampembelajaranmodelSTADmendapatresponsangatpositifkarenamerekatertarikdenganpembelajaranini.Hambatandalampembelajaraniniadalahsiswamasuksiangdanpembelajaranterpotongdenganistirahatsehinggamenganggukonsentrasibelajarsiswauntukituguruharusbisamemotivasisiswaagarpembelajaranbisamenarik.Berdasarkanhasilpenelitianpenelitimenyarankan(1)bagigurumatapelajarankewirausahaanpembelajaranmodelSTADdapatdijadikanalternatifdalampraktikpembelajarandikelas(2)bagiSMKIslamBatudapatmenciptakanlingkunganbelajardansaranapembelajaranyanglengkap(3)bagisiswahendaknyadapatberpartisipasiaktifdalampembelajaransehinggamodelpembelajaranSTADterlaksanadenganbaik.(4)bagipenelitiberikutnyadiharapkanuntukmelakukanpenelitiandenganmodelpembelajaranSTADpadamatapelajarandansubjekyangberbeda.