Penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran (K3LH) Keselamatan, Kesehatan, Keamanan Kerja dan Lingkungan Hidup (studi pada siswa kelas X Pemasaran SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Ika Ratna Ningtyas
Main Author: | Ningtyas, Ika Ratna |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/27759/ |
Daftar Isi:
- KatakunciModelPembelajaranNumberedHeadsTogether(NHT)hasilbelajarsiswa.Dalamprosespembelajarangurumenjelaskanmateridansiswahanyamendengarkansertamencatathalyangdianggappentingolehsiswa.Prosespembelajaranhampirselaludiakhiridenganpemberiantugasdankurangterlibatnyasiswadalamprosespembelajaransehinggapemahamansiswaterhadapmateritersebutkurang.MakadariitupenelitianinimenggunakanpembelajarankooperatifdenganmodelpembelajaranNumberedHeadsTogether(NHT)TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuipenerapanmodelpembelajaranNumberedHeadTogether(NHT)hasilbelajarsiswadenganmenggunakanmodelpembelajaranNumberedHeadsTogether(NHT)danresponsiswaterhadappenerapanmodelpembelajaranNumberedHeadsTogether(NHT)padaMataPelajaranKeselamatanKesehatanKeamanankerjadanLingkunganHidup(K3LH)KelasXPemasarandiSMKMuhammadiyah2Malang.JenisPenelitianTindakanKelas(PTK)dilakukan2siklusterdiridari4tahapanyaituperencanaantindakanpelaksanaantindakanpengamatan/observasidanrefleksi.SubyekkelasXPMSdiSMKMuhammadiyah2Malangdenganjumlah41siswa.TeknikpengumpulandatamenggunakanTeslembarobservasiangketwawancaradandokumentasi.Analisisdatapenelitianiniyaitu1)penerapanmodelpembelajaranNumberedHeadsTogether(NHT)diukurdenganmenggunakanlembarobservasi2)hasilbelajarsiswaranahkognitifdiukurdenganinstrumensoaltes3)hasilbelajarsiswaranahafektifdiukurdenganlembarrubikpenilaianaspekefektif4)responsiswadiukurdenganlembarobservasidanangketrespon.Hasilpenelitianmenggambarkanbahwa1)PenerapanmodelpembelajaranNumberedHeadsTogether(NHT)dapatmenjadisalahsatualternatifuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswabaikhasilbelajarkognitifmaupunafektif2)aspekkognitifnilairata-ratakelasmengalamipeningkatanyaitusiklusI8243sedangkansiklusII86923)aspekafektifsiklusInilairata-rata7614denganketeranganbaiksedangkansiklusIInilairata-rata8565denganketeranganbaiksekali.4)ResponsiswaberdasarkanhasilobservasisiklusIdikatakanbaikdenganpresentasekeberhasilan7083%.SiklusIIresponsiswadikatakansangatbaikdenganpresentasekeberhasilan9166%.Angketresponsiswaskorterendah74%dengankriteriabaikskortertinggi91%kriteriasangatbaik.KesimpulanHasilbelajarsiswadenganmetodeNumberedHeadsTogether(NHT)kelasXPMSSMKMuhammadiyah2MalangbaikkognitifmaupunafektifmengalamipeningkatandarisiklusIkesiklusII.BerdasarkanskortertinggidenganmetodeNumberedHeadsTogether(NHT)melaluiobservasiresponsiswadikatakansangatbaikmelaluiangketresponsiswadikatakansangatbaik.SaranbagipenelitiselanjutnyadalamPenelitianTindakanKelasseharusnyaPreTesttidakdipakaiuntukmembandingkanPostTestkarenakurangobyektiftetapiuntukmengukurkemampuansiswa.Mengukurrespontidakdenganmenggunakanoptionpengukuraniyadantidaktetapimenggunakanduatingkatsehinggadataitubisadigalihlebihteliti.KatakunciModelPembelajaranNumberedHeadsTogether(NHT)hasilbelajarsiswa.Dalamprosespembelajarangurumenjelaskanmateridansiswahanyamendengarkansertamencatathalyangdianggappentingolehsiswa.Prosespembelajaranhampirselaludiakhiridenganpemberiantugasdankurangterlibatnyasiswadalamprosespembelajaransehinggapemahamansiswaterhadapmateritersebutkurang.MakadariitupenelitianinimenggunakanpembelajarankooperatifdenganmodelpembelajaranNumberedHeadsTogether(NHT)TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuipenerapanmodelpembelajaranNumberedHeadTogether(NHT)hasilbelajarsiswadenganmenggunakanmodelpembelajaranNumberedHeadsTogether(NHT)danresponsiswaterhadappenerapanmodelpembelajaranNumberedHeadsTogether(NHT)padaMataPelajaranKeselamatanKesehatanKeamanankerjadanLingkunganHidup(K3LH)KelasXPemasarandiSMKMuhammadiyah2Malang.JenisPenelitianTindakanKelas(PTK)dilakukan2siklusterdiridari4tahapanyaituperencanaantindakanpelaksanaantindakanpengamatan/observasidanrefleksi.SubyekkelasXPMSdiSMKMuhammadiyah2Malangdenganjumlah41siswa.TeknikpengumpulandatamenggunakanTeslembarobservasiangketwawancaradandokumentasi.Analisisdatapenelitianiniyaitu1)penerapanmodelpembelajaranNumberedHeadsTogether(NHT)diukurdenganmenggunakanlembarobservasi2)hasilbelajarsiswaranahkognitifdiukurdenganinstrumensoaltes3)hasilbelajarsiswaranahafektifdiukurdenganlembarrubikpenilaianaspekefektif4)responsiswadiukurdenganlembarobservasidanangketrespon.Hasilpenelitianmenggambarkanbahwa1)PenerapanmodelpembelajaranNumberedHeadsTogether(NHT)dapatmenjadisalahsatualternatifuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswabaikhasilbelajarkognitifmaupunafektif2)aspekkognitifnilairata-ratakelasmengalamipeningkatanyaitusiklusI8243sedangkansiklusII86923)aspekafektifsiklusInilairata-rata7614denganketeranganbaiksedangkansiklusIInilairata-rata8565denganketeranganbaiksekali.4)ResponsiswaberdasarkanhasilobservasisiklusIdikatakanbaikdenganpresentasekeberhasilan7083%.SiklusIIresponsiswadikatakansangatbaikdenganpresentasekeberhasilan9166%.Angketresponsiswaskorterendah74%dengankriteriabaikskortertinggi91%kriteriasangatbaik.KesimpulanHasilbelajarsiswadenganmetodeNumberedHeadsTogether(NHT)kelasXPMSSMKMuhammadiyah2MalangbaikkognitifmaupunafektifmengalamipeningkatandarisiklusIkesiklusII.BerdasarkanskortertinggidenganmetodeNumberedHeadsTogether(NHT)melaluiobservasiresponsiswadikatakansangatbaikmelaluiangketresponsiswadikatakansangatbaik.SaranbagipenelitiselanjutnyadalamPenelitianTindakanKelasseharusnyaPreTesttidakdipakaiuntukmembandingkanPostTestkarenakurangobyektiftetapiuntukmengukurkemampuansiswa.Mengukurrespontidakdenganmenggunakanoptionpengukuraniyadantidaktetapimenggunakanduatingkatsehinggadataitubisadigalihlebihteliti.