Penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) un tuk menin gkatkan hasil belajar (Studi pada siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran mata pelajaran kewirausahaan SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Novi Wulandari

Main Author: Wulandari, Novi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/27753/
Daftar Isi:
  • KatakunciPembelajaranKooperatifHasilbelajarKewirausahaanBerdasarkanhasilobservasimetodepembelajaranyangditerapkandiSMKMuhammadiyah5Kepanjenselamainiadalahmetodekonvensionalmelaluiceramahdantanyajawab.Denganmetodeitumenyebabkansiswamenjadipasifdankurangmandiridalambelajar.Olehkarenaituperluadanyasebuahpembaharuanpembelajaranuntukmengubahparadigmatersebutyaitudenganpenerapanpembelajarankooperatifsehinggasuasanabelajarlebihkondusifdantidakmonoton.Pembelajarankooperatifmengarahkansiswauntukbelajarhidupbermasyarakat.Karenadalampembelajarankooperatifsecaratidaklangsungsiswadihadapkanpadakondisi-kondisiyangmenggambarkankehidupandimasyarakatdiantaranyamelaluidiskusikelompokdiskusikelasataupunkondisidimanasiswabelajarberinteraksidenganoranglainmengemukakanpendapatmenerimaperbedaanpendapatpeduliterhadapsesamabekerjasamamenganalisisdanmenyelesaikanmasalahsertaberkompetisiuntukmenjadiyangterbaik.Penelitianinimerupakanjenispenelitiantindakankelasdenganmenggunakanpendekatankualitatif.Pelaksanaanpenelitiantindakankelasinidilakukanmelaluiduasiklusdimanatiapsiklusterdiridari4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasidan(4)refleksi.SubyekdalampenelitianiniadalahsiswakelasXAdministrasiPerkantorandiSMKMuhammadiyah5Kepanjen.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanobservasi(pengamatan)interview(wawancara)dokumentasitescatatanlapangandanangketbelajarafektifitassiswa.TeknikanalisisdatadalampenelitianinimelaluitigatahapyaituDataReduction(ReduksiData)DataDisplay(PenyajianData)danConclusionDrawing(PenarikanKesimpulan).Hasilpenelitianinitelahterbuktimampumeningkatkanhasilbelajarsiswadarisikluskesiklus.Hasilpenelitianmenggambarkanbahwa(1)PenerapanmodelpembelajaranNumberedHeadsTogether(NHT)sudahsesuaidenganrambu-rambuyangada(2)PembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether(NHT)dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Padapratindakan(2222%)termasukdalamkatagorisangatrendahpadasiklusImeningkat(6512%)termasukdalamkatagorisedangdansiklusIImeningkat(8636%)termasukdalamkatagoritinggi(3)PembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether(NHT)dapatmeningkatkankeaktifansiswa.PadasiklusIiii(5782%)termasukdalamkategorikurangaktifdanpadasiklusIImeningkat(8385%)termasukdalamkategoriaktif.Berdasarkanhasilpenelitianinipenelitimenyarankan(1)BagiSMKMuhammadiyah5KepanjenperlumenyediakansaranadanprasaranayanglengkapuntukmendukungefektivitaspenerapanpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether(NHT)yaituberupapengadaanliteraturgunamempermudahsiswadalammemperolehinformasidanmemperlancarprosesbelajar(2)BagiguruKewirausahaandiSMKpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether(NHT)dapatdijadikansebagaialternatifpilihandalampraktikpembelajarandikelaskarenatidaksemuamateripelajarancocokdenganmodelpembelajaranini(3)BagipenelitiselanjutnyadisarankanuntukmelakukanpenelitiantentangpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether(NHT)padapengajaranmatadiklatyangsamaataumatadiklatlainnyaditempatyangberbedauntukmengembangkanmodelpembelajaranyanginovatifdankreatifdalamprosespembelajaranhendaknyamemakaimediaataukartunomoryangdipakaisiswapadalengankananataudadaagarmemudahkanpeneliliatauobserverdalammengamatiaktivitasbelajarsiswadandalampenelitianhendaknyasatukelompokdiamatiolehsatuobserveragardatayangdianggappentingtidakterlewati.