Penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) un tuk menin gkatkan hasil belajar (Studi pada siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran mata pelajaran kewirausahaan SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Novi Wulandari
Main Author: | Wulandari, Novi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/27753/ |
Daftar Isi:
- KatakunciPembelajaranKooperatifHasilbelajarKewirausahaanBerdasarkanhasilobservasimetodepembelajaranyangditerapkandiSMKMuhammadiyah5Kepanjenselamainiadalahmetodekonvensionalmelaluiceramahdantanyajawab.Denganmetodeitumenyebabkansiswamenjadipasifdankurangmandiridalambelajar.Olehkarenaituperluadanyasebuahpembaharuanpembelajaranuntukmengubahparadigmatersebutyaitudenganpenerapanpembelajarankooperatifsehinggasuasanabelajarlebihkondusifdantidakmonoton.Pembelajarankooperatifmengarahkansiswauntukbelajarhidupbermasyarakat.Karenadalampembelajarankooperatifsecaratidaklangsungsiswadihadapkanpadakondisi-kondisiyangmenggambarkankehidupandimasyarakatdiantaranyamelaluidiskusikelompokdiskusikelasataupunkondisidimanasiswabelajarberinteraksidenganoranglainmengemukakanpendapatmenerimaperbedaanpendapatpeduliterhadapsesamabekerjasamamenganalisisdanmenyelesaikanmasalahsertaberkompetisiuntukmenjadiyangterbaik.Penelitianinimerupakanjenispenelitiantindakankelasdenganmenggunakanpendekatankualitatif.Pelaksanaanpenelitiantindakankelasinidilakukanmelaluiduasiklusdimanatiapsiklusterdiridari4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasidan(4)refleksi.SubyekdalampenelitianiniadalahsiswakelasXAdministrasiPerkantorandiSMKMuhammadiyah5Kepanjen.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanobservasi(pengamatan)interview(wawancara)dokumentasitescatatanlapangandanangketbelajarafektifitassiswa.TeknikanalisisdatadalampenelitianinimelaluitigatahapyaituDataReduction(ReduksiData)DataDisplay(PenyajianData)danConclusionDrawing(PenarikanKesimpulan).Hasilpenelitianinitelahterbuktimampumeningkatkanhasilbelajarsiswadarisikluskesiklus.Hasilpenelitianmenggambarkanbahwa(1)PenerapanmodelpembelajaranNumberedHeadsTogether(NHT)sudahsesuaidenganrambu-rambuyangada(2)PembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether(NHT)dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Padapratindakan(2222%)termasukdalamkatagorisangatrendahpadasiklusImeningkat(6512%)termasukdalamkatagorisedangdansiklusIImeningkat(8636%)termasukdalamkatagoritinggi(3)PembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether(NHT)dapatmeningkatkankeaktifansiswa.PadasiklusIiii(5782%)termasukdalamkategorikurangaktifdanpadasiklusIImeningkat(8385%)termasukdalamkategoriaktif.Berdasarkanhasilpenelitianinipenelitimenyarankan(1)BagiSMKMuhammadiyah5KepanjenperlumenyediakansaranadanprasaranayanglengkapuntukmendukungefektivitaspenerapanpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether(NHT)yaituberupapengadaanliteraturgunamempermudahsiswadalammemperolehinformasidanmemperlancarprosesbelajar(2)BagiguruKewirausahaandiSMKpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether(NHT)dapatdijadikansebagaialternatifpilihandalampraktikpembelajarandikelaskarenatidaksemuamateripelajarancocokdenganmodelpembelajaranini(3)BagipenelitiselanjutnyadisarankanuntukmelakukanpenelitiantentangpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether(NHT)padapengajaranmatadiklatyangsamaataumatadiklatlainnyaditempatyangberbedauntukmengembangkanmodelpembelajaranyanginovatifdankreatifdalamprosespembelajaranhendaknyamemakaimediaataukartunomoryangdipakaisiswapadalengankananataudadaagarmemudahkanpeneliliatauobserverdalammengamatiaktivitasbelajarsiswadandalampenelitianhendaknyasatukelompokdiamatiolehsatuobserveragardatayangdianggappentingtidakterlewati.