Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X TKJ pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK PGRI Wlingi / Dian Permanasari

Main Author: Permanasari, Dian
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/27750/
Daftar Isi:
  • KataKunciProblemBasedLearningAktivitasBelajarHasilBelajar.ModelPembelajaranBerbasisMasalah(ProblemBasedLearning)dapatmelatihsiswadalammengembangkankemampuanberpikirmemecahkanmasalahdanketerampilanintelektual.OlehkarenaitudalampenelitianinipenelitimenerapkanmodelPembelajaranBerbasisMasalahagaraktivitasbelajarsiswameningkat.Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah(1)BagaimanapenerapanmodelProblemBasedLearning(2)BagaimanaaktivitasbelajarsetelahditerapkanModelProblemBasedLearning(3)ApakahmodelpembelajaranProblemBasedLearningdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa(4)Apakahkendala-kendaladansolusiselamapelaksanaanmodelpembelajaranProblemBasedLearningPenelitianinimenggunakanpenelitiantindakankelas(PTK)denganduasiklus.Setiapsiklusmeliputiempattahapanyaituperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.Datapenelitiandikumpulkanmelaluiobservasiwawancaracatatanlapangandokumentasidantes.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasXTKJSMKPGRIWlingitahunajaran2011/2012denganjumlah38orangsiswadenganmenggunakananalisisdeskriptif.HasilpenelitianinimenunjukkanpenerapanmodelpembelajaranProblemBasedLearningmeningkatkanaktivitasdenganrublikpenilaiandanhasilbelajarsiswadilihatdarihasilulangandanposttest.PeningkatantarafkeberhasilandapatditinjaudariaspekaktivitassiswadangurupadasiklusIdansiklusIIaktivitasbelajarsiswasertahasilbelajarsiswaaspekkognitifdanaspekafektif.Aspekkognitifyangdilihatdarihasilulangandanposttestsedangkanaspekafektifdilihatdarirublikpenilaian.KesimpulanyangdiperolehdariPenerapanModelPembelajaranProblemBasedLearning(PBL)dapatmeningkatkanAktivitasdanHasilBelajarSiswa.Saranyangdapatdisampaikanyaitu1)BagiGurumatapelajarankewirausahaandapatmengimplementasikanstrategipembelajaranyangtepat2)BagiKepalaSekolahSMKPGRIWlingisaranadanprasaranapembelajaranditingkatkan3)BagipenelitiselanjutnyahendaknyadapatmemadukanmodelpembelajaranyanglainpembentukankelompokdengananggotayanglebihsedikitsertadalammenyusunRPPalokasiwaktupointnyalebihterinci.