Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X TKJ pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK PGRI Wlingi / Dian Permanasari
Main Author: | Permanasari, Dian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/27750/ |
Daftar Isi:
- KataKunciProblemBasedLearningAktivitasBelajarHasilBelajar.ModelPembelajaranBerbasisMasalah(ProblemBasedLearning)dapatmelatihsiswadalammengembangkankemampuanberpikirmemecahkanmasalahdanketerampilanintelektual.OlehkarenaitudalampenelitianinipenelitimenerapkanmodelPembelajaranBerbasisMasalahagaraktivitasbelajarsiswameningkat.Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah(1)BagaimanapenerapanmodelProblemBasedLearning(2)BagaimanaaktivitasbelajarsetelahditerapkanModelProblemBasedLearning(3)ApakahmodelpembelajaranProblemBasedLearningdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa(4)Apakahkendala-kendaladansolusiselamapelaksanaanmodelpembelajaranProblemBasedLearningPenelitianinimenggunakanpenelitiantindakankelas(PTK)denganduasiklus.Setiapsiklusmeliputiempattahapanyaituperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.Datapenelitiandikumpulkanmelaluiobservasiwawancaracatatanlapangandokumentasidantes.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasXTKJSMKPGRIWlingitahunajaran2011/2012denganjumlah38orangsiswadenganmenggunakananalisisdeskriptif.HasilpenelitianinimenunjukkanpenerapanmodelpembelajaranProblemBasedLearningmeningkatkanaktivitasdenganrublikpenilaiandanhasilbelajarsiswadilihatdarihasilulangandanposttest.PeningkatantarafkeberhasilandapatditinjaudariaspekaktivitassiswadangurupadasiklusIdansiklusIIaktivitasbelajarsiswasertahasilbelajarsiswaaspekkognitifdanaspekafektif.Aspekkognitifyangdilihatdarihasilulangandanposttestsedangkanaspekafektifdilihatdarirublikpenilaian.KesimpulanyangdiperolehdariPenerapanModelPembelajaranProblemBasedLearning(PBL)dapatmeningkatkanAktivitasdanHasilBelajarSiswa.Saranyangdapatdisampaikanyaitu1)BagiGurumatapelajarankewirausahaandapatmengimplementasikanstrategipembelajaranyangtepat2)BagiKepalaSekolahSMKPGRIWlingisaranadanprasaranapembelajaranditingkatkan3)BagipenelitiselanjutnyahendaknyadapatmemadukanmodelpembelajaranyanglainpembentukankelompokdengananggotayanglebihsedikitsertadalammenyusunRPPalokasiwaktupointnyalebihterinci.