Penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X Pemasaran 3 SMKN I Magetan / Ety Wulandari
Main Author: | Wulandari, Ety |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/27740/ |
Daftar Isi:
- KatakunciNumberHeadTogetherHasilBelajar.Kualitaskehidupanbangsasangatditentukanolehfaktorpendidikan.Peranpendidikansangatpentinguntukmenciptakankehidupanyangcerdasdamaiterbukadandemokratis.Olehkarenaitupembaharuanpendidikanharusselaludilakukanuntukmeningkatkankualitaspendidikannasional.KualitaspendidikanyangrendahadalahsuatupermasalahanyangsedangdihadapibangsaIndonesiasaatini.Berdasarkanhaltersebutuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswaantaralaindapatdilakukandenganmenerapkanmodel-modelpembelajaranyangmerujukkepadaprosespembelajaranaktifkreatifefektifdanmenyenangkan.SalahsatunyadenganpenerapanmodelpembelajaranNHTmerupakanmodelpembelajaranyangmenekankanpolainteraksiantarsesamasiswadalamhalbelajarbaikmenjawabpertanyaanmenyanggahbahkanmenyimpulkanmateripelajaran.Adapuntujuandalampenelitianiniadalahuntuk(1)MendeskripsikanpenerapanmodelpembelajaranNHT(2)MendeskripsikanresponsiswaterhadappenerapanmodelpembelajaranNHT(3)MengetahuiprestasibelajarsiswasetelahpenerapanmodelpembelajaranNHT.Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(classroomactionresearch)denganpendekatankualitatifterdiridariduasiklus.masing-masingsiklusterdiridariempattahapanantaralainperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksiSubyekdalampenelitianiniadalahSiswaKelasXPMS3denganMataPelajaranKewirausahaan.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahobservasi(aktivitasgurudansiswadalampembelajaran)wawancarates(pre-testdanpost-test)catatanlapanganangketdandokumentasi.Analisisdatayangdigunakanmelalui3tahapyaitureduksidatapaparandatadanpenarikankesimpulan.Hasilpenelitianinitelahterbuktidapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.PadaaspekkognitifsiklusImenunjukkan7534%sedangkansiklusIImenunjukkan8447%haltersebutmenjelaskanadanyapeningkatanrata-ratasebesar9.13%.sedangkanpadaaspekafektifnilairata-ratasiklusIsebesar7894%danpadasiklusIIsebesar9736%.Dengandemikianmengalamipeningkatansebesar18.42%.BerdasarkanhasilpenelitiandiatasdapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifmodelNumberHeadTogether(NHT)dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Beberapasaranyangdapatpenelitisampaikanantaralain(1)BagiguruSMKN1MagetankhususnyagurumatapelajaranKewirausahaansebaiknyamenggunakanmodelpembelajaranyangbervariasidalamkegiatanpembelajaranagarhasilbelajarsiswameningkat.SalahsatumodelpembelajaranyangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswaadalahpembelajaranmodelNumberHeadTogethersehinggamodelinidisarankanuntukditerapkandikelastetapidisesuaikandenganmateriyangdiajarkan(2)BagipenelitilainyangakanmelakukanpenelitiandengansituasidankondisisekolahyangsamahendaknyamenerapkanmodelpembelajaraanNumberHeadTogethersehinggakemampuandanhasilbelajarsiswalebihmeningkatlagi.