Perbedaan hasil belajar model jigsaw dan grup investigasi dengan model konvensional (studi pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas IX SMP Negeri 2 Kademangan Blitar) / Roberto Fajar Gita Arisandi
Main Author: | Arisandi, Roberto Fajar Gita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/27733/ |
Daftar Isi:
- Katakuncimetodepembelajaranteknikjigsawgrupinvestigasikonvensional.Pembelajarankonstruktivisadalahsuatupembelajaranyangterdiriatastahappendahuluantahapaktivitasdantahapkonsolidasi.Pembelajarankooperatifadalahsalahsatubentukpembelajaranyangberdasarkanfahamkonstruktivis.MetodeJigsawdanGrupInvestigasimerupakanbeberapamodeldaripembelajarankooperatif.Metodeceramahataukonvensionalmerupakansuatucarauntukmenyampaikanideataumemberikaninformasidenganberbicara.PenelitianbertujuanmengetahuiperbedaanhasilbelajarmodelJigsawdanGrupInvestigasidenganmodelKonvensional.PenelitianbersifateksperimentalyangdilakukandiSMPNegeri2KademanganBlitar.Pemberlakuanpembelajarandilakukanpadatigakelasyangberbedauntukmengetahuisejauhmanaperbedaanhasilbelajarakibatdaripembedaanmetodepembelajaran.KelasIXAdiberikantreatmentmetodeteknikJigsawkelasIXBdiberikantreatmentmetodeGrupInvestigasidankelasIXCdiberikanmetodepembelajaranKonvensionalyakniceramah.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaantarametodepembelajaranmodelJigsawdenganmetodepembelajaranmodelGrupInvestigasitidakterjadiperbedaanyangsignifikan.Darihasiluji-thitunguntukyangdiajardenganJigsawdanGrupInvestigasidenganequalvarianceassumed(diasumsikankeduavarianssama)adalah-0084.PerbandinganantarametodepembelajaranmodelJigsawdenganmetodepembelajaranmodelKonvensionalterjadiperbedaanyangsignifikan.BahwathitunguntukyangdiajardenganJigsawdanKonvensionaldenganequalvarianceassumedadalah3363denganprobabilitas0001.PerbandinganantaramodelGrupInvestigasidenganmodelKonvensionalterjadiperbedaansignifikan.thitunguntukmetodeGrupInvestigasidanKonvensionaldenganequalvarianceassumedadalah3818denganprobabilitas0000.Olehkarenaprobabilitasnya