Perbedaan hasil belajar model jigsaw dan grup investigasi dengan model konvensional (studi pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas IX SMP Negeri 2 Kademangan Blitar) / Roberto Fajar Gita Arisandi

Main Author: Arisandi, Roberto Fajar Gita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/27733/
Daftar Isi:
  • Katakuncimetodepembelajaranteknikjigsawgrupinvestigasikonvensional.Pembelajarankonstruktivisadalahsuatupembelajaranyangterdiriatastahappendahuluantahapaktivitasdantahapkonsolidasi.Pembelajarankooperatifadalahsalahsatubentukpembelajaranyangberdasarkanfahamkonstruktivis.MetodeJigsawdanGrupInvestigasimerupakanbeberapamodeldaripembelajarankooperatif.Metodeceramahataukonvensionalmerupakansuatucarauntukmenyampaikanideataumemberikaninformasidenganberbicara.PenelitianbertujuanmengetahuiperbedaanhasilbelajarmodelJigsawdanGrupInvestigasidenganmodelKonvensional.PenelitianbersifateksperimentalyangdilakukandiSMPNegeri2KademanganBlitar.Pemberlakuanpembelajarandilakukanpadatigakelasyangberbedauntukmengetahuisejauhmanaperbedaanhasilbelajarakibatdaripembedaanmetodepembelajaran.KelasIXAdiberikantreatmentmetodeteknikJigsawkelasIXBdiberikantreatmentmetodeGrupInvestigasidankelasIXCdiberikanmetodepembelajaranKonvensionalyakniceramah.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaantarametodepembelajaranmodelJigsawdenganmetodepembelajaranmodelGrupInvestigasitidakterjadiperbedaanyangsignifikan.Darihasiluji-thitunguntukyangdiajardenganJigsawdanGrupInvestigasidenganequalvarianceassumed(diasumsikankeduavarianssama)adalah-0084.PerbandinganantarametodepembelajaranmodelJigsawdenganmetodepembelajaranmodelKonvensionalterjadiperbedaanyangsignifikan.BahwathitunguntukyangdiajardenganJigsawdanKonvensionaldenganequalvarianceassumedadalah3363denganprobabilitas0001.PerbandinganantaramodelGrupInvestigasidenganmodelKonvensionalterjadiperbedaansignifikan.thitunguntukmetodeGrupInvestigasidanKonvensionaldenganequalvarianceassumedadalah3818denganprobabilitas0000.Olehkarenaprobabilitasnya